KOALISI ANTAR PARTAI POLITIK (Analisis wacana tentang artikel bertemakan wacana koalisi pragmatis antarpartai politik di surat kabar Kompas, Media Indonesia dan Republika selama periode bulan April sampai dengan Mei 2009)

ABSTRAK

KAMILA ADNANI, NIM S220907005, 2010. KOALISI ANTAR PARTAI POLITIK (Analisis wacana tentang artikel bertemakan wacana koalisi pragmatis antarpartai politik di surat kabar Kompas, Media Indonesia dan Republika selama periode bulan April sampai dengan Mei 2009). Komisi Pembimbing I: Dra. Prahastiwi Utari, PhD. Pembimbing II Dr. Mahendra Widjaya, M.Si. Tesis Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pemuatan artikel/opini di surat kabar Kompas, Media Indonesia dan Republika tentang koalisi antarpartai politik terhadap ketiga pasangan kandidat Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009-2014. (2) Untuk mengetahui pentingnya makna koalisi antarpartai politik dalam artikel/opini di surat kabar Kompas, Media Indonesia dan Republika. (3) Untuk mengetahui keberpihakan Harian Umum Kompas, Media Indonesia dan Republika terhadap salah satu pasangan kandidat Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009-2014.
Penelitian ini menerapkan analisa wacana (discourse analysis) pada ketiga surat kabar yaitu Kompas, Media Indonesia dan Republika. Melalui analisa ini dapat diketahui isi media yang sangat dipengaruhi oleh berbagai komponen yang terdapat dalam institusi media itu sendiri.Di dalam pendekatan analisa wacana (discourse analysis) tidak hanya kata-kata atau aspek-aspek lainnya yang dapat dikodekan dan dihitung, tetapi struktur wacana yang kompleks pun dapat dianalisis pada beberapa tataran deskripsi.
Kesimpulan: (1) Koalisi antarpartai politik itu diwacanakan dalam artikel/opini oleh ketiga surat kabar berdasarkan sejarah koalisi , budaya koalisi , ekonomi koalisi antarpartai politik. (2) Artikel/Opini di ketiga surat kabar tersebut dianalisis melalui tematik, skematik, sintaksis, stilistik (leksikon), retoris serta manfaat/pentingnya koalisi antarpartai politik tersebut dilakukan. (3) Keberpihakan ketiga surat kabar tersebut terhadap salah satu pasangan kandidat Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2009-2014.
Kata Kunci : Koalisi Antarpartai Politik, Analisa Wacana, Surat kabar

ABSTRACTS

KAMILA ADNANI. S220907005, 2010. COALITION AMONG THE POLITICS PARTIES (Discourse Analysis about the articles with topic the pragmatic coalition of discourse among the political parties in Kompas, Media Indonesia and Republika during the month April to May, 2009. First Supervisor: Dra. Prahastiwi Utari, PhD, Second Supervisor: Dr. Mahendra Widjaya, M.Si. Thesis. Graduate Program, Sebelas Maret University Surakarta.
The aims of this research are: (1) to know the exposure in the newspapers (Kompas, Media Indonesia and Republika) of the coalition among the political parties about the three candidates of President and Vice President of Indonesia during 2009-2014, (2) to know the importance meaning of political coalition exposed in the newspapers articles (Kompas, Media Indonesia and Republika), (3) to know the tendency of the newspapers of Kompas, Media Indonesia and Republika to one of the couple of candidates the President and the Vice President Republic of Indonesian during 2009-2014.
This research used discourse analysis in analyzing the three newspapers (Kompas, Media Indonesia and Republika). By using this, media content which is affected by many components within the institution itself can be clearly seen. In the discourse analysis, coding and counting can be made in the level of words or other aspects; furthermore the complex structure of discourse can be analyzed descriptively.
This research concludes: (1) political parties coalitions were exposed in the articles of the three newspapers based on the political parties coalition’s history, culture and economy, (2) the articles in the newspapers are analyzed though their thematic, schematic, syntax, stylistic and rhetoric meanings, and the importance of the coalition made, (3) there is tendency among the three newspapers to one candidate of President and Vice President Republic of Indonesian during 2009-2014.
Keywords: Coalition among the political parties, discourse analysis, the newspapers.