Analisis Pembelajaran Keterampilan Dasar Praktik Klinik Di STIKES A Yani Yogyakarta

ABSTRAK

Ekawati. S540209210, 2010. Analisis Pembelajaran Keterampilan Dasar Praktik Klinik Di STIKES A Yani Yogyakarta. Komisi Pembimbing I: Prof. Dr. Samsi Haryanto, MPd. Pembimbing II: dr. Eti Poncorini Pamungkasari P, MPd, Tesis: Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Tesis, Universitas Sebelas Maret, 2010.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan dasar praktik klinik, (2) Bagaimana pengaturan kerjasama antara STIKES A. Yani dengan mitra kerja, (3) Bagaimana prestasi belajar mahasiswa, (4) Kendala-kendala yang dijumpai dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan dasar praktik klinik. Penelitian ini dilaksanakan di STIKES A. Yani Yogyakarta selama satu bulan dengan menggunakan penelitian metode kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus dan bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Keterampilan Dasar Praktik Klinik pada semester II. Kesimpulan : (1) Pembelajaran teori di kelas yang hanya engandalkan metode ceramah saja akan membuat mahasiswa menjadi pasif, (2) Kerjasama STIKES A Yani Yogyakarta dengan mitra kerja ertuang dalam perjanjian kerjasama (MOU), (3) Prestasi belajar mahasiswa ditentukan oleh usaha dari masing-masing individu, (4) Terdapat kendala dalam pembelajaran teori di kelas yaitu dosen yang lebih sering menggunakan metode ceramah di kelas menyebabkan kebosanan terhadap materi tersebut. Kata Kunci : Pembelajaran Keterampilan Dasar Praktik Klinik.

ABSTRACT

Ekawati, NIM: S540209210, 2010. Analysis of Clinical Practice Learning Basic Skills In STIKES A Yani Yogyakarta. Supervising Commission I: Prof. Dr. Samsi Haryanto, MPD. Second supervisor: dr. Eti Poncorini Pamungkasari P, MPD, Thesis: Health Profession Education Main Interest. Family Medical Magister Study Program, Sebelas Maret University. The objective of research is to determine: (1) How implementation of clinical practice learning basic skills, (2) How does the cooperation arrangement between STIKES A. Yani with partners, (3) How the achievement of students, (4) constraints encountered in implementation of clinical practice learning basic skills. This research was conducted in STIKES A. Yani Yogyakarta for one month using qualitative research methods using case study design and descriptive. Subjects in this study are students who take the course Basic Skills Practice Clinic in the second semester. Conclusions: (1) Learning theory in the class who rely solely on lecture method alone will make the students become passive, (2) A Yani Yogyakarta STIKES Cooperation with partners contained in the agreement (MOU), (3) students’ learning achievement is determined by the efforts of each individual, (4) There are obstacles in the learning theory in the classroom that is more frequent lecturer in the classroom lecture method causes boredom of such materials.Keywords: Learning Basic Skills Practice Clinic.