Hubungan Antara Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri I Kedak Kecamatan Semen Kabupaten Kediri

ABSTRAK

Sutrisno, NIM : S.810907121. Hubungan Antara Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri I Kedak Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Thesis Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Agustus 2010. Pembimbing I:Dr. Hj. Nunuk Suryani, M.Pd Pembimbing II : Prof. Dr. Sri Anitah Wiryawan, M.Pd

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Hubungan antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar siswa SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri (2) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri (3) Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri (4) Hubungan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan sampel penelitian siswa klas V SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen sebanyak 40 siswa, yang sekaligus sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan datanya dengan tes, angket dan dokumentasi. Sebelum mengadakan analisis data, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, uji linieritas dengan uji F dan uji independensi atau multikolinieritas dengan menghitung linier toleransi atau VIF (Variance Inflation Factor). Adapun analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment (r) dan Regresi Ganda (R).
Hasil penelitian (1) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar siswa SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri (r11 > rt atau 0,605 > 0,316) (2) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri (r11 > rt atau 0,780 > 0,316) (3) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri (r11 > rt atau 0,605 > 0,316) (4) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Kedak I Kecamatan Semen Kabupaten Kediri (fa > ft atau 32,935 > 2,84). Model hubungan ketiga variabel bebas dengan variabel terikat dengan analisis Regresi Ganda menghasilkan persamaan Ŷ = -23,412 + 0,628 X1 + 0,403 X2 + 0,366 X3, sedangkan sumbangan efektif variabel bebas (X1, X2 dan X3) sebesar 73,3% dan faktor-faktor lainnya sebesar 26,7%.
Kata Kunci : Kecerdasan, Intelektual, Emosional, Spiritual, Prestasi Belajar

ABSTRACT

Sutrisno, NIM : S.810907121. The Correlation of Intelligence, Emotional and Spiritual Quotient to the Students’ Learning Achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency. Thesis : The Graduate Program in Educational Technology, Postgraduate Program, Sebelas Maret University, Surakarta. 2010Pembimbing I:Dr. Hj. Nunuk Suryani, M.Pd Pembimbing II : Prof. Dr. Sri Anitah Wiryawan, M.Pd

This research aims at finding out: (1) The Correlation between the Intelligence quotient and the Students’ achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency, (2) The Correlation between the Emotional quotient and the Students’ achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency, (3) The Correlation between the Spiritual quotient to the Students’ achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency, (4) The Correlation of the Intelligence, Emotional and spiritual quotient simultaneously to the Students’ achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency.
This research used descriptive quantitative method with correlational approach and the research sample was 40 students of the fifth graders of Public Elementary School I Kedak Semen Sub-District, Kediri Regency. They were also as the research respondents. The data were gathered by using a test, questionnaire and documentation. Prior to the data analysis, pre-requisite tests were conducted. They included the normality test by using Kolmogorov-Smirnov formula, the linearity test by using F formula, the independency test or multicollinearity by calculating the value of linear tolerance or VIF (Variance Inflation Factor). The data analysis and hypothesis of the research were then analyzed and tested by using correlation Product Moment (r) and Multiple Regression analysis.
The result of the research are as follows: (1) there is a significant correlation between the intelligence quotient and the Students’ achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency (r11 > r, or 0,605 > 0,316), (2) there is a significant correlation between the emotional quotient and the Students’ achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency (r11 > r, or 0,780 > 0,316), (3.) there is a significant correlation between the Spiritual quotient and the Students’ achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency (r11 > rt or 0,605 > 0,316) (4) there is a simultaneously significant correlation of Intelligence, Emotional and spiritual quotient to the Students’ achievement in Public Elementary Schools I Kedak Semen Sub-District Kediri Regency (fa > ft or 32,935 > 2,84). The model of the correlation between the three independent variables and the dependent variables with the multiple regression analysis result in the equation of Y = -23,412 + 0,628 X1 + 0,403 X2 + 0,366 X3, while the effective contribution of free variable (X1, X2 and X3) is 73,3 % and the other factors is 26,7%.
Keyword : Intelligence, Emotional, Spiritual Quotient, Learning Achievement