Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

ABSTRAK

ARY SOTYARINI. S820809004. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Komisi Pembimbing 1: Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U. Komisi Pembimbing 2: Prof. Drs. Indrowuryatno, M.Si. Tesis, surakarta: program pascasarjana universitas sebelas maret surakarta, september 2010.

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. 2) untuk mengetahui hubungan antara kondisi sosial ekonomi orang tua siswa dengan prestasi belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. 3) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Hipotesis yang diuji: 1 ) Apakah Ada hubungan positif antara motivasi belajar dan prestasi belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. 2) Apakah Ada hubungan positif antara kondisi sosial ekonomi orang tua siswa dengan prestasi belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. 3) Apakah Ada hubungan positif antara motivasi belajar siswa dan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA pada siswa kelas 5 SD Negeri se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas 5 SD Negeri se Gugus Budi Utomo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jumlah populasi sebanyak 156 Siswa. Sampel dalam penelitian ini 110 responden. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data terdiri dari tes ulangan, kuesioner, dan tes angket. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). terdapat pengaruh hubungan yang positif antara motivasi belajar siswa dan kondisi sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan F hitung 33,492 dengan sig 0,000. 2). terdapat pengaruh hubungan motivasi belajar secara parsial dengan prestasi belajar IPA, Hal ini dapat terlihat dari probabilitasnya (0,000) yang lebih kecil dibandingkan taraf signifikansinya (0,05) 3). terdapat pengaruh hubungan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa dengan Prestasi Belajar Siswa, hal ini terlihat dari probabilitasnya (0,292) yang lebih besar dibandingkan taraf signifikansinya (0,05).

Kata kunci : prestasi belajar, kuantitatif

ABSTRACT

ARY SOTYARINI. S820809004. Relationship Between Learning and Motivation Socio-Economic Conditions Parents for Science Learning Achievement at Grade 5 Elementary School Student Cluster Se Budi Utomo Gunungpati Semarang District. Comision Instructure 1: Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U. Comision Instructure 2: Prof. Drs. Indrowuryatno, M.Si. Thesis. Surakarta: Study Program for Population and Environment Education Graduate Program, Sebelas Maret University of Surakarta, September 2010.
This study aims 1) To determine the relationship between learning motivation toward science learning achievement at the elementary school fifth graders as Budi Utomo Force Gunungpati Semarang District. 2) to assess the relationship between socio-economic condition of parents with learning achievement of science in fifth grade elementary school students was Budi Utomo Force Gunungpati Semarang District. 3) the relationship between learning motivation and socio-economic condition of parents together with the achievement of science learning in fifth grade elementary school students was Budi Utomo Force Gunungpati Semarang District.
Hypotheses were tested: 1) Is there a positive relationship between learning motivation and learning achievement of science in fifth grade elementary school students was Budi Utomo Force Gunungpati Semarang District. 2) Is there a positive relationship between socio-economic condition of parents with learning achievement IPA Elementary School fifth grade students was Budi Utomo Force Gunungpati Semarang District. 3) Is there a positive relationship between students’ motivation and socio-economic condition of parents together with the achievement of science learning in fifth grade elementary school students was Budi Utomo Force Gunungpati Semarang District.
This research is a type of quantitative research. The population in this study is the fifth grade elementary school students was Budi Utomo Force Gunungpati Semarang District. Student population is 156. The sample of 110 respondents in this study. Determination of the samples was done by using simple random sampling technique. Data collection methods consisted of repeated tests, questionnaires, and test questionnaire. Engineering data analysis by multiple linear regression analysis are a prerequisite test normality test, multicollinearity, and heteroscedasticity test.
Results showed that: 1). have the effect of a positive relationship between student motivation and parent socio-economic conditions together with student achievement, as shown by the F test with a sig 0.000 33.492. 2). there is motivation to study the effect of the partial correlation with academic achievement IPA, This can be seen from the probability (0.000) is much smaller than the significance level (0.05) 3). there are socio-economic conditions influence the relationship of parents with students’ achievement, as seen from the probability (0.292) greater than the level of significance (0.05).

Keywords: academic achievement, quantitative