Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa SMP Institut Indonesia Semarang

ABSTRAK

SUDARTO. S820809029. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa SMP Institut Indonesia Semarang. Komisi Pembimbing 1: Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd. Komisi Pembimbing 2: Prof. Drs. Indrowuryatno, M.Si. Tesis, Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2010.

Penelitian ini bertujuan: 1. untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa terhadap hasil belajar IPS SMP Institut Indonesia Semarang; 2. untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS SMP Institut Indonesia Semarang; dan 3. untuk mengetahui interaksi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS SMP Institut Indonesia Semarang.
Hipotesis yang diuji: 1. terdapat hubungan antara interaksi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa terhadap hasil belajar IPS pada siswa SMP Institut Indonesia Semarang; 2. terdapat interaksi motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS pada siswa SMP Institut Indonesia Semarang; dan 3. terdapat interaksi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS pada siswa SMP Institut Indonesia Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan korelasional dengan rancangan non eksperimen atau survey. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas VIII sejumlah 227 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 120 siswa. Teknik sampling adalah cara pengambilan sampel, untuk teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan Proportional Stratified Random Sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Institut Indonesia Semarang, hal ini ditunjukkan dengan F hitung 3,825 dengan sig 0,000; 2. terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Institut Indonesia Semarang, hal ini ditunjukkan F hitung 1,637 dengan sig 0,045; 3. terdapat interaksi antara pemanfataan lingkungan sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP Institut Indonesia Semarang hal ini ditunjukkan dengan F hitung 2,957 dan sig 0,003.

ABSTRACT

SUDARTO. S820809029. Influence of Utilization of Environment as a Source of Learning and Student Motivation towards Student Learning Outcomes of Social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang. Comision Instructure 1: Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd. Comision Instructure 2: Prof. Drs. Indrowuryatno, M.Si. Thesis. Surakarta: Study Program for Population and Environment Education Graduate Program, Sebelas Maret University of Surakarta, September 2010.

The research’s aims: (1). to determine the effect of environmental utilization as a source of student learning of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang; (2) to determine the influence students’ motivation towards Student Learning Outcomes of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang and (3). to understand the interaction of Utilization of Environment as a Source of Learning and Student Motivation towards Student Learning Outcomes of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang.
Hypothesis that are tested: (1). there is a relationship between environmental utilization as a source of student learning of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang; (2). there is interaction between students’ motivation towards Student Learning Outcomes of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang, and (3). there is interaction between the Utilization of Environment as a Source of Learning and Student Motivation towards Student Learning Outcomes of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang.
This research uses descriptive method with approach of non-correlation with the design of experiments or surveys. In this research, which serve as the population is all VIII students counted 227 people. The samples taken in this study is counted 120 students. Sampling technique is a way of sampling, sample collection technique using Proportional Stratified Random Sampling. In this research, data collection means used questionnaire. Data analysis technique used multiple linear regression analysis of test preconditions exist which normality test, multicollinearity, and heteroscedasticity test.
Results showed that: (1). there is the influence of environmental utilization as a source of student learning of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang, it is shown by the F test 3.825 with a sig 0.000; (2). there is students’ motivation towards Student Learning Outcomes of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang, this is indicated by F test 1.637 with sig value 0.045; (3). there is interaction between the Utilization of Environment as a Source of Learning and Student Motivation towards Student Learning Outcomes of social subject in SMP Institut Sosial Indonesia Semarang it is shown by the F test 0.003 with sig value 2.957.