Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan

ABSTRAK

SITI AMINAH, S820209023. 2010. Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan. Komisi Pembimbing I : Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U., Pembimbing II : Drs. Made Sukarna, S.H., M.Pd. Tesis, Surakarta : September, 2010. Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2010.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan hidup di SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan. (2) Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan. (3) Dampak pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan.
Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan. Subjek utama penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas.
Hasil Penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Kabupaten Grobogan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan intergratif; Guru memperhatikan kompetensi dan indikator materi pelajaran PLH sebelum Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup, Kepala Sekolah berperan sebagai monitoring yang memantau jalannya Program Pendidikan Lngkungan Hidup; Pelaksanaan PendidikanLlingkungan Hidup dilakukan dengan kegiatan formal dan informal, Guru tidak hanya menggunakan sumber belajar buku teks saja namun juga dari sumber lain seperti petani dan peternak di lingkungan sekitar sekolah, Guru menggunakan media dalam menyampaikan materi serta menggunakan metode yang variatif seperti kerja laborat, observasi dan juga diskusi. (2) Evaluasi yang dilakukan dalam Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup dilakukan dengan 2 cara. Pertama evaluasi dilakukan oleh Kepala Sekolah yang melakukan monitoring Program Pendidikan Lingkungan Hidup. Aspek yang dinilai meliputi Kerapian, Keindahan, Keamanan, Ketertiban, dan juga Kedisiplinan. Sedangkan evaluasi yang kedua adalah dilakukan Guru di dalam kelas. Aspek yang dinilai meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. (3) Dampak dari adanya Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 2 Penawangan Kabupatn Grobogan adalah adanya perubahan sikap siswa, siswa menjadi lebih ramah terhadap lingkungan sekolah. Siswa tidak membuang sampah di sembarang tempat, berludah tidak di sembarang tempat, tidak merusak lingkungan sekolah. Begitu pula dengan sikap Guru juga selalu menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah, dengan adanya Pelaksanaan PendidikanLlingkungan Hidup SMP Negri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan menyelenggarakan program 5 K. SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan juga terlihat lebih asri dan hijau. Taman tertata dengan rapi ditanami pohon palem dan cemara yang manambah keteduhan SMP Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan.

Keywords: Pendidikan Lingkungan, pelaksanaan, evaluasi, dan dampak.

ABSTRACT

Siti Aminah. The Implementation of Environmental Education at State Junior Secondary School 2 of Penawangan, Grobogan Regency. Thesis: Principal Advisor: Dr. H. Soegiyanto, S.U. Co-advisor: Drs. Made Sukarna, S.H., M.Pd. The Graduate Program in Population and Environmental Education, Sebelas Maret University, September 2010.

The objectives of this research are to investigate the implementation, evaluation, and impact of the implementation of Environmental Education at State Junior Secondary School 2 of Penawangan, Grobogan regency.
This research is a qualitative one. It was conducted at State Junior Secondary School 2 of Penawangan, Grobogan regency. The principal subjects of the research were the school principal and teachers. The data of the research were gathered through in-depth interview, observation, and documentation. The data were then analyzed by using an interactive model of analysis comprising three components, namely: data collection, data display, and conclusion or verification. The validity of the data was tested by using credibility test, transferability test, dependability test, and confirmability test.
The results of the research are as follows: 1) The learning process of Environmental Education at the school was implemented by using an integrated approach. The teachers pay attention to the students’ competency and the indicator of the learning materials of Environmental Education prior to its implementation, whereas the school principal takes role to monitor the course of the implementation of Environmental Education. The implementation was done through formal and informal activities. The teachers not only use the textbooks as the learning sources but also use others such as farmers and animal breeders around the school. In addition, the teachers also use learning media to deliver the learning materials and employ varied learning methods such laboratory work, observation, and discussion. 2) The evaluation on the implementation of Environmental Education at the school is conducted by two different parties. The first party is the school principal who monitors the program of Environmental Education. The aspects evaluated include tidiness, beauty, safety, orderliness, and discipline. The second party is the teachers. The evaluation is done in class, and it includes the cognitive, affective, and motor aspects of the students. 3) The impact of the implementation of Environmental Education at the school is the changes of the students’ attitude. The students become friendlier and more concerned towards their school environment. The students do not throw away their garbage everywhere but into the litters, do not spit everywhere, and do not destroy their school environment. In addition, the teachers also bear the attitude to maintain and preserve the school environment. With the implementation of Environmental Education, the school has executed the 5K program. It also looks more natural. Its garden looks tidy and fresh because the school has planted some palm and pine trees there. Their canopies make the school shadier.

Keywords: Environmental Education, implementation, evaluation and impact.