Hubungan antara Penguasaan Kalimat Efektif dan Konsep Diris dengan Keterampilan Menulis Deskripsi (Survei pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Purwodadi)

ABSTRAK

Lucas Suprijanto. S 840809211. 2010. Hubungan antara Penguasaan Kalimat Efektif dan Konsep Diris dengan Keterampilan Menulis Deskripsi (Survei pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Purwodadi). Tesis. Surakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.Pembimbing I Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd. Pembimbing II Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara: (1) penguasaan kalimat efektif dan keterampilan menulis deskripsi, (2) konsep diri dan keterampilan menulis deskripsi, dan (3) penguasaan kalimat efektif dan konsep diri secara bersama-sama dengan keterampilan menulis deskripsi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri di Kecamatan Purwodadi, bulan Juni hingga November 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Purwodadi. Sampel berjumlah 80 orang yang diambil dengan cara simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan menulis deskripsi, tes penguasaan kalimat efektif, dan angket konsep diri. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik statistik regresi dan korelasi (sederhana, ganda).
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara penguasaan kalimat efektif dan keterampilan menulis deskripsi (r y.1 = 0,52 pada taraf nyata α = 0,05 dengan N= 80 di mana r t = 0,220); (2) ada hubungan positif antara konsep diri dan keterampilan menulis deskripsi (r y.2 = 0,81 pada taraf nyata α = 0,05 dengan N= 80 di mana r t = 0,220); dan (3) ada hubungan positif antara penguasaan kalimat efektif dan konsep diri secara bersama-sama dengan keterampilan menulis deskripsi (R y.12 =0,82 pada taraf nyata α = 0,05 dengan N= 80 di mana r t = 0,220).
Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama penguasan kalimat efektif dan konsep diri memberikan sumbangan yang berarti kepada keterampilan menulis deskripsi. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi keterampilan menulis deskripsi.
Dilihat dari kuatnya hubungan tiap variabel prediktor (bebas) dengan variabel respons (terikat), hubungan antara konsep diri dan keterampilan menulis deskripsi lebih kuat dibandingkan dengan hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan keterampilan menulis deskripsi. Ini menunjukkan bahwa konsep diri dapat menjadi prediktor yang lebih baik daripada penguasaan kalimat efektif. Kenyataan ini membawa konsekuensi dalam pengajaran keterampilan menulis deskripsi, guru perlu lebih memprioritaskan aspek konsep diri dalam mengembangkan keterampilan menulis deskripsi daripada aspek penguasaan kalimat efektif.

Kata Kunci : Kemampuan Kalimat Efektif, Konsep Diri, , Kemampuan Menulis Deskripsi
ABSTRACT

Lucas Suprijanto. S 840809211. 2010. The Correlation between the Mastery of Effective Sentences and Self Concept and The Skill of Descriptive Writing (Survey on the eighth Grade Students of SMP Negeri Purwodadi). Thesis: Surakarta: Indonesian Education Study Program, Post Graduate Program, Sebelas Maret University. First Advisors : Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd. Second Advisors : Prof. Dr. St. Y Slamet, M.Pd.

This research aimed to determine the correlation between (1) the mastery of effective sentences and the skill of descriptive writing, (2) self concept and the skill of descriptive writing , and (3) both the mastery of effective sentences and self concept together and the skill of descriptive writing.
The research was done in SMP Negeri Purwodadi, from June to November 2010. The research method used was a correlational survey. The population of the research were the eighth Grade Students of SMP Negeri Purwodadi. The sample consisted of 80 students who were taken by using simple random sampling. The instruments used for data collection were: test for the skill of descriptive writing , test for the mastery of effective sentences; and questionary for self concept. The technique used for analyzing the data was the statistical technique of regression and correlation.
The results of the study show that: (1) there is a positive correlation between the mastery of effective sentences and the skill of descriptive writing (r y1 = .52 at the level of significance α = .05 with N = 80 where rt = .220); (2) there is a positive correlation between self concept and the skill of descriptive writing (r y2 = .81 at the level of significance α = .05 with N = 80 where rt = .220); (3) there is a positive correlation between both the mastery of effective sentences and self concept together and the skill of descriptive writing (R y. 12 = .82 at the level of significance α = .05 with N = 80 where rt = .220).
The above results show that both the mastery of effective sentences and self concept simultaneously give significant contribution to the skill of descriptive writing. It means that both variables could be good predictors for the skill of descriptive writing.
The analysis also indicates that the correlation between self concept and the skill of descriptive writing is stronger than that the mastery of effective sentences and the skill of descriptive writing. It means that self concept be considered a better predictor for the skill of descriptive writing. than the mastery of effective sentences Consequently, the teacher should pay more attention to self concept than the other aspect — the mastery of effective sentences — in improving the skill of descriptive writing class.

Keyword : effective sentences and the skill of descriptive writing, self concept, the skill of descriptive writing