Meningkatkan Minat, Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Media Gambar Dan Lembar Kegiatan Dengan Pendekatan Model Kooperatif Pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Plumpung 1 Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2009/2010

ABSTRAK

Sukarjan S810809031,2010, Meningkatkan Minat, Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Media Gambar Dan Lembar Kegiatan Dengan Pendekatan Model Kooperatif Pada Siswa Kelas V Semester II Sekolah Dasar Negeri Plumpung 1 Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2009/2010. Komisaris Pembimbing 1). Prof Dr. Yutmini, MPd. 2). Dr. Hj. Nunuk Sutyani, MPd Tesis Program Pasca Sarfana Universitas Sebelas Mare! Surakarta 2010.

Tujuan penelitian tindakan ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Penggunaan Media Gambar Dan Lembar kegiatan dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Plumpung 1 Semester II, Kecamatan Plaosaan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2009/2010. (2). Dampak Penggunaan Media Gambar Dan Lembar Kegiatan dalam Kegiatan Belajar Mengajar meningkatkan aktivitas belajar PKn pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Plumpung 1 Semester II, Kecamatan Plaosaan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2009/2010. (3). Dampak Penggunaan Media Gambar Dan Lembar egiatan dalam Kegiatan Belajar Mengajar meningkatkan Prestasi belajar PKn pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Plumpung 1 Semester II, Kecamatan Plaosaan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2009/2010. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan model dua siklus Diadaptasi dan Kasbolah. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Plumpung 1 Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2009/2010. Obyek tindakan adalah pembelajaran PKn dengan menggunakan media gambar dan lembar kegiatan. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, Observasi, tes dan dokumen. Tehnik analisis data dilakukan dengan menggunakan model alur kasbulah yang intinya mengidentifikasi perkembangan dan perubahan subyek setelah di beri perlakuan kusus atau dikondisikan pada situasi tertentu dengan pembelajaran tindakan dengan kurun waktu dan berulang-ulang sampai program dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan media gambar dan Lembar kegiatan: (1). Meningkatkan minat belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Plumpung 1 Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Tahun 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya hasil angket minat belajar yang telah dinyatakan oleh siswa, bahwa pada awal kegiatan hasil angket yang diperoleh dari 28 siswa menunjukkan hanya 28,57 % atau 8 Siswa yang mempunyai minat belajar PKn tinggi. Hal ini mengalami kenaikan pada pemberian angket di akir siklus II, bahwa dari 28 siswa 71,43 % atau 20 Siswa memiliki minat belajar PKn tinggi. (2). Meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran ditinjau dari dampak proses. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengamatan menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap tahap tindakan pembelajaran (3). Meningkatkan Prestasi belajar siswa. Ditinjau dari dampak produk penggunaan media gambar dan lembar Kegiatan dalam pembelajaran PKn adalah meningkatnya pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran yang disampaikan guru. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan dan meningkatnya nilai rata-rata hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan. Pada tindakan awal siswa tuntas belajar mencapai 46,43 %, Siklus I menjadi 71,43 %, siklus II mengalami kenaikan menjadi 89,29%.

Kata Kunci : Media Gambar dan LK, metode kooperatif, Pembelajaran PKn

ABSTRACTS

Sukarjan S810809031,2010, increase interest, activity and learning achievement nationality education using the media picture and activity sheet with the cooperative model approach in the second of fifth grade students Elementary School Plumpung 1 in Plaosan District of learning year 2009/2010 Magetan Residence. Supervising 1) Prof.Dr.Yutmini,M.Pd. 2) Dr.Hj.Nunuk Suryani,M.Pd Thesis Graduate Program Sebelas Maret University of Surakarta 2010.
The purpose of this action research was to determine describe : (1) the use of media images and pieces of activity in teaching and learning activity can increase the learning interest of public elementary school fifth grade Plumpung 1 semester II, Plaosan District of Magetan Residence in learning year 2009/2010. (2) Impact media use of pictures and pieces of activity in teaching and learning activity enhance student learning activities civics in elementary school fifth grade Plumpung 1 semester II Plaosan District of Magetan Residence in learning year 2009/2010. (3) Impact of media use images and pieces of activity in teaching and learning activities enhance student learning achievement civics in Elementary School fifth grade Plumpung 1 Semester II, Plaosan District of Magetan Residence in learning year 2009/2010.
This type of research is action research model class with two cycle. Adapted from Kasbolah. Research subject is a public Elementary School fifth grade Plumpung 1 semester II, Plaosan District of Magetan Residence in learning year 2009/2010. Object action learning is learn civics with media images and activity sheets. Technical data collecting with use questionnary, observation, tests and tehnical data document analysis performend using the flow model that essentially identifies Kasbolah development and change the subject after a specially treated or conditioned to certain situations with action learning period and repeatedly-again until the program declare succesfull.
Based on the analysis of this study concluded that the use of media images and pieces of activity : (1) improving civics education study of public Elementary School fifth grade Plumpung 1 semester II Plaosan District of Magetan Residence in learning years 2009/2010. It shown by increasing interest in learning the result of questionnaire expressed by students, that is the beginning of the questionnaire result obstained from 28 students showed that only 28,57% or 8 students who have an interest to learn civics. It is increase in the delivery of questionnaire at the end of the second cycle, that of 28 students 71,43% or 20 students have high interest in learning. (2) increasing the activity of students and teachers is learning process. It term of impact is indicated from the observations showed that the level of the students involvement in learning has increased at every stage of action learning. (3) enhance learning student achievement. To observe of the impact of the media images and products use the activity sheets civics learning is to increase students understanding of concepts presented by the teacher. It shown with the demonstrated by the increased level of students mastery on each cycle of action and the increased value-average student learning outcomes obtained. Mastery learning students has increased in the early action students pass the study reaches 46,43%, 71,43% first cycle to second cycle has increased to 89,29%.

Keyword : Media Images and LK, Cooperative Method, Learning Civics