Pengaruh Penggunaan Media LCD dan OHP dan Sikap Kewirausahaan Ditinjau dari Sikap Kewirausahaan pada Siswa SMK PGRI 3 dan SMK Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011.

ABSTRAK

Sri Widorini, NIM : S810809121. Pengaruh Penggunaan Media LCD dan OHP dan Sikap Kewirausahaan Ditinjau dari Sikap Kewirausahaan pada Siswa SMK PGRI 3 dan SMK Pawyatan Daha Kota Kediri Tahun Pelajaran 2010/2011. Pembimbing I : Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd. Pembimbing II : Prof. Dr. Sri Anitah Wiryawan, M.Pd. Tesis Program Pasca Sarjana UNS Surakarta, 2010.

Media LCD dan OHP memiliki karakteristik yang berbeda, oleh karena itu diduga memberikan pengaruh berbeda terhadap pencapaian prestasi belajar matapelajaran Kewirausahaan. Selain penggunaan media pembelajaran, ada faktor lain yang juga diduga berpengaruh kuat terhadap pencapaian prestasi belajar, yaitu sikap kewirausahaan siswa. Interaksi antara kedua variabel tersebut diteliti untuk membuktikan besarnya pengaruh masing-masing dan bersama-sama terhadap prestasi belajar.
Rumusan permasalahan yang diteliti adalah (1) Apakah terdapat perbedaan pengaruh pada prestasi belajar siswa antara yang menggunakan media LCD dan OHP? (2) Apakah terdapat perbedaan pengaruh pada prestasi belajar siswa antara yang memiliki sikap kewirausahaan tinggi dengan yang rendah? Dan (3) Adakah interaksi pengaruh penggunaan media dan sikap kewirausahaan terhadap prestasi belajar siswa?.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen faktorial 2×2, menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian yang dipilih secara random dari populasi sebanyak 16 kelas. Variabel bebas penelitian ini adalah penggunaan media dan sikap kewirausahaan, variabel terikatnya prestasi belajar. Instrumen yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Sedangkan analisis datanya menggunakan anava 2-jalur.
Hasil analisis data untuk pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai F-hitung antar penggunaan media LCD dan OHP sebesar: 5,198, dengan signifikansi (sig.) = 0,025. Hasil analisis untuk pengujian hipotesis kedua, diperoleh nilai F-hitung antar sikap kewirausahaan tinggi dan rendah sebesar: 76,166, dengan signifikansi (sig.) = 0,000. Hasil analisis untuk pengujian hipotesis ketiga, interaksi antara penggunaan media dan sikap kewirausahaan sebesar: 11,690, dengan signifikansi (sig.) = 0,001. Sedangkan koefisien determinasi (R squared) sebesar0,550.
Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar siswa antara yang menggunakan media LCD dan OHP. (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar siswa antara yang memiliki sikap kewirausahaan tinggi dengan yang rendah. (3) Terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara penggunaan media dan sikap kewirausahaan terhadap prestasi belajar siswa.

Kata kunci: LCD, OHP, sikap kewirausahaan

ABSTRACT

Sri Widorini, NIM : S810809121. Effect of Media LCD and OHP and Entrepreneurship Attitudes from the attitude Entrepreneurship Judging of students SMK PGRI 3 and SMK Pawyatan Daha Kediri, 2010/2011. The first commission of supervision : Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd. The second supervision is Prof. Dr. Sri Anitah Wiryawan, M.Pd. Thesis Postgraduate Program, UNS Surakarta, 2010.

Media LCD and OHP have different characteristics, therefore, allegedly gave a different effect on learning achievement lesson Entrepreneurship. In addition to the use of instructional media, there are other factors that also allegedly has a strong influence on learning achievement, the attitude of entrepreneurship students. The interaction between these two variables are examined to prove the level of influence of each and together towards academic achievement.
The formulation of the problem study is (1) Are there differences in the effect on student achievement between using the LCD and OHP media? (2) Are there differences in the effect on student achievement between having high entrepreneurial attitude with a low? And (3) Is there any interaction effect of media use and attitudes towards entrepreneurship student achievement?.
This study used a 2×2 factorial design experiment, using 2 class as a sample study of randomly selected from a population of 16 classes. The independent variable of this study is the use of media and entrepreneurial attitude, the dependent variable academic achievement. Instruments used were of tests and questionnaires. While analyzing the data using Univariate-Anova.
Results of data analysis to test the first hypothesis of the F-count values obtained between media use LCD and OHP for: 5.198, with significance (sig.) = 0.025. Results of analysis to test the second hypothesis, the F-count values obtained between high and low entrepreneurial attitude of: 76.166, with significance (sig.) = 0,000. Results of analysis for testing the third hypothesis, the interaction between media use and attitudes of entrepreneurship: 11.690, with significance (sig.) = 0,001. While the coefficient of determination (R squared) is: 0, 550.
Conclusion of this research are: (1) There is a significant difference in student achievement between the using the media LCD and OHP. (2) There is a significant difference in student achievement between who has the entrepreneurial attitude with a low height. (3) There is a significant interaction between media use and attitudes towards entrepreneurship student achievement.

Keywords: LCD, OHP, entrepreneurial attitude