Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Ceramah terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato ditinjau dari Minat Baca terhadap Buku Teks Pidato (Studi Eksperimen di SMP Se-Kecamatan Giritontro Wonogiri)

ABSTRAK

Sukatmo. S.840809117. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Ceramah terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato ditinjau dari Minat Baca terhadap Buku Teks Pidato (Studi Eksperimen di SMP Se-Kecamatan Giritontro Wonogiri).Tesis : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I : Dr. Budhi Setiawan ,M.Pd., Pembimbing II : Dr. Andayani, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks pidato pada siswa yang diajar menggunakan metode Problem Based Learning dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. (2) Mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks pidato pada siswa yang memiliki minat baca terhadap buku teks pidato tinggi dan siswa yang memiliki minat baca terhadap buku teks pidato rendah. (3) Mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan minat baca terhadap buku teks pidato dalam mempengaruhi kemampuan menulis teks pidato siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Se-Kecamatan Giritontro Kabupaten Wonogiri; sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Giritontro dan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Giritontro Wonogiri sebanyak 64 siswa, dengan rincian 32 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Giritontro Wonogiri sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Giritontro Wonogiri sebagai kelas pembanding. Cara pengambilan sampel dengan teknik Multistage Random Sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan menulis teks pidato adalah tes praktik menulis , sedangkan pengumpulan data minat baca terhadap buku teks pidato digunakan angket. Teknik analisis data digunakan Analisis Variansi Dua Jalan. Sebelum angket digunakan dilakukan uji coba. Uji validitas angket minat baca terhadap buku teks pidato dengan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas angket minat baca terhadap buku teks pidato dengan rumus Alpha Cronbach. Adapun uji validitas tes kemampuan menulis teks pidato dengan analisis isi, yaitu menentukan 6 aspek untuk menilai teks pidato siswa dengan pertimbangan pakar. Uji reliabilitas kemampuan menulis puisi dengan reliabilitas rating penekanan pada konsistensi 2 penilai. Teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan mencari skor rerata, median, modus, simpangan baku, varians, tabel distribusi frekuensi, dan histogram. Analisis data inferensial dilakukan untuk menguji hipotesis. Uji persyaratan mencakup keacakan data sampel, analisis normalitas dengan teknik Lilliefors, sedangkan uji homogenitas dengan teknik Bartlett. Baik uji normalitas data dan uji homogenitas data dilakukan pada masing-masing kolom, baris, dan sel.
Hasil penelitian: (1) Skor rata-rata kemampuan menulis teks pidato siswa dengan metode pembelajaran Problem Based Learning berbeda dengan metode ceramah, masing-masing 75,16 dan 69,88. Hal ini didukung oleh analisis statistik inferensial yang menyatakan bahwa kemampuan menulis teks pidato siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Problem Based Learning berbeda secara signifikan dengan yang diajar dengan metode ceramah; Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 8,701 > Ft sebesar 4,000 dengan taraf signifikansi 5%, dk pembilang 1 dan dk penyebut 60; (2) Skor rata-rata kemampuan menulis teks pidato siswa yang mempunyai minat baca terhadap buku teks pidato tinggi dengan siswa yang mempunyai minat baca terhadap buku teks pidato rendah masing-masing 77,88 dan 65,88. Hal ini didukung oleh analisis statistik inferensial yang menyatakan bahwa kemampuan menulis teks pidato siswa yang mempunyai minat baca terhadap buku teks pidato tinggi dengan siswa yang mempunyai minat baca terhadap buku teks pidato rendah berbeda secara signifikan. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 38,392 > Ft sebesar 4,000 dengan taraf signifikansi 5%, dk pembilang 1 dan dk penyebut 60; (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan minat baca terhadap buku teks pidato dalam mempengaruhi kemampuan menulis teks pidato siswa. Hal ini terlihat perolehan hasil Fh sebesar 0,230 < Ft sebesar 4,000 dengan taraf signifikansi 5% , dk pembilang 1 dan dk penyebut 60.
Simpulan uraian di atas adalah penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning menghasilkan kemampuan menulis teks pidato siswa lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah; kemampuan menulis teks pidato siswa yang memiliki minat baca terhadap buku teks pidato tinggi lebih baik dari pada kemampuan menulis teks pidato siswa yang memiliki minat baca terhadap buku teks pidato rendah; dan tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat baca terhadap buku teks pidato dalam mempengaruhi kemampuan menulis teks pidato siswa.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Kemampuan Menulias Teks, Minat Baca

ABSTRACT

Sukatmo. S.840809117. 2010. The Influence Of Problem Based Learning and Speech Method to the student’s ability in Writing speech text evaluated from reading motivation to the speech text book ( The Experiment Study of SMP N in Giritontro district in Wonogiri). Thesis : Indonesian Language Education Study Program, Postgraduate Program, Sebelas Maret University Surakarta. Advisor I : Dr. Budhi Setiawan, M.Pd., Advisor II : Dr. Andayani, M.Pd.
The purposes of research are (1) To know the difference between the student’s ability in writing speech text for the student that taught with the Problem Based Learning compared to the student that taught with the speech method; (2) To know the difference between the student’s ability in writing speech text that have reading motivation to the speech text book are higher and the student’s ability in writing speech to the speech text book that have reading motivation to speech text book are lower ; ( 3) To know the interaction between learning method and the reading motivation to the speech text book in influencing the student’s ability in writing speech text.
Research method that used are the experiment by desain factorial 2 x 2. The Research population is SMP N in Giritontro district in Wonogiri ; The research sample is the student of SMP N 1 Giritontro class IX and student of SMP N 2 class IX with the total number of all are 64 students, for each school are divided in to 32 students of SMP N 2 Giritontro as experiment class and 32 students of SMP N 1 Giritontro as comparator class. Way of intake sample used the Multistage Random Sampling technique. Technique of data collecting of the student’s ability in writing speech text used by writing task, and technique of data reading motivation to the speech text book used an enquette. The Technique analyse of the data used Analysis Variance Two Band. Before enquette used to be conducted, a test-drive done at first. The enquette validity test of reading motivation to the speech text book used the formula of Product Moment, while the test of reliability enquette reding motivation to the speech text book used the formula of Alpha Cronbach. As for test of the ability of writing speech text validity used the filling analysis, that is determine 6 aspect to assess the student speech text with the expert consideration. The reliability test of writing speech ability by reliability of rating emphasis at consistency 2 assessor. The technique of data collecting and analyse the data used the descriptive technique with searching average score, median, modus, standard deviation, varians ables of frequency distribution, histogram. The analyse the data inference conducted to the hypothesis test. Test of conditions include: cover the ability of data sampel, the normality analyses used the Lilliefors technique, while homoginity test used the technique Bartlett. Whether the test of data normality and the homoginity data test conducted of each column, line, and cell.
The Result of research are (1) The average score of the student’s writing speech ability used Problem Based Learning are different from the Speech method, each 75,16 and 69,88. This matter is supported by statistics analysis of inference expressing that show the student’s ability of writing speech that taught with the Problem Based Learning are different from the students that taught with the Speech method significanly, It seem of the acquirement result of Fh equal 8,701 > Ft equal 4000 with the significancy level 5% dk numerator 1 and dk denominator 60 . (2) The average score of the student’writing speech ability that have higher in reading motivation to the speech text book and the student that have lower in reading motivation are 77,88 and 65,88. This matter is supported by statistic analysis of inference expressing that show the student’s ability of writing speech that have higher in reading motivation to the speech text book with the student that have lower in reading motivation are significanly different. It seem of the acquirement result of Fh equal 38,392 > Ft equal 4000 with the significancy level 5% dk numerator 1 and dk denominator 60 (3) There are not interaction between the learning method and the reading motivation in influencing the student’s writing speech text ability, it seem from the acquirement result of Fh equal to 0,230 < Ft equal to 4000, dk numerator 1 and dk denominator 60 .

The Conclude of the description above is this research prove that Problem Based Learning producted the student’s ability of writing speech text is better than Speech method; the student’s ability of writing speech text for the student that have higher reading motivation to the speech text book are better than the student that have lower in reading motivation to the speech text book; and there are not interaction between learning method and reading motivation to the speech text book in influencing the student’s ability of writing speech text.

Key Words : Method to the student’s, Writing speech text, reading motivation