Strategi Pembelajaran Matematika di SMA RSBI MTA Surakata (Penelitian dilaksanakan di kelas X)

Sularmin. (S850209121). 2011. Strategi Pembelajaran Matematika di SMA RSBI MTA Surakata (Penelitian dilaksanakan di kelas X). Komisi Pembimbing I Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc, Ph.D. Pembimbing II. Drs. Suyono, M.Si, Tesis: Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1). Strategi pembelajaran matematika yang diarahkan kepada upaya-upaya guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, melakukan apersepsi, penggunaan media, penggunaan metode pembelajaran, mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, penggunaan bahasa Inggris, mengakhiri pembelajaran, melakukan ulangan harian dan 2). Faktor-faktor pendukung serta kendala dalam pembelajaran matematika.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus tunggal terpancang (embedded case study research) berusaha menggali sebanyak mungkin fakta sesuai dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi melibatkan Kepala Sekolah, PJP RSBI, guru-guru matematika dan siswa. Dalam upaya mengembangkan keabsahan data penelitian dilakukan triangulasi metode dan sumber data, review informan. Teknik analisa data meliputi tiga kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasar hasil penelitian ditemukan bahwa; 1). Pada proses pembelajaran; (a). Guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dilakukan bersama-sama dengan guru lain yang mengajar tingkat kelas yang sama di awal tahun pelajaran. Perangkat yang sudah tersusun dalam bahasa Indonesia kemudian ditranslet dalam bahasa Inggris. (b). Guru melakukan apersepsi dengan menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan kegunaan materi yang dipelajari, mengulang sekilas materi yang lalu jika materi yang akan dibahas merupakan kelanjutan materi sebelumnya, membahas pekerjaan rumah. (c). Guru menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar kelas dan komputer. Media komunikasi, berupa internet belum dimanfaatkan secara maksimal dikarenakan sebagian besar siswa tidak mempunyai laptop, sedang fasilitas internet di asrama belum ada dan terbatasnya waktu jika pergi ke warnet. (d). Metode yang diterapkan guru dalam menyampaikan materi adalah ceramah, kemudian guru memberikan soal untuk dikerjakan secara berkelompok. (e). Upaya yang dilakukan guru supaya siswa berperan aktif dalam pembelajaran antara lain: Menumbuhkan interaksi yang baik antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru; Guru mengupayakan agar siswa berani mengungkapkan pendapatnya dengan jalan mengkondisikan lingkungan agar siswa terbiasa menghargai pendapat orang lain; Guru menumbuhkan rasa bangga pada diri siswa terhadap hasil yang dicapai; Guru mendengarkan, memperhatikan, tidak memotong/menyela pertanyaan siswa namun menerima dengan wajah ceria, memberikan tanggapan dengan antusias. (f). Penggunaan bahasa Inggris dalam mengajar oleh guru baru sebatas pada saat pembukaan, menyampaikan istilah-istilah tertentu, kadang-kadang saat mengakhiri pelajaran dan pada saat memberikan penilaian. (g). Dalam mengakhiri pelajaran yang biasa dilakukan guru adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya bagian yang belum dipahami, bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari, memberi soal latihan untuk dikerjakan di rumah. (h). Guru melaksanakan ulangan harian setelah selesai satu bab yang terdiri dari beberapa kompetensi dasar. Hasil dari pekerjaan siswa segera dikoreksi oleh guru dan dikembalikan kepada siswa. Pekerjaan siswa diberi catatan-catatan kecil atau komentar tentang kesalahan yang dilakukan siswa. 2). Faktor pendukung pembelajaran matematika antara lain; (a). Karakteristik guru matematika SMA MTA Surakarta telah memahami tujuan diselenggarakannya program RSBI dan memahami bagaimana seharusnya guru mengajar di RSBI; (b). Dukungan Kepala Sekolah, berupa kebijakan memberi beasiswa guru untuk menempuh studi lanjut, mengirimkan guru-guru dalam mengikuti pelatihan-pelatihan, ataupun MGMP dan pemenuhan sarana prasarana secara bertahap; dan (c). Asrama sebagai tempat belajar dapat digunakan untuk mengulang pelajaran secara bersama-sama. Siswa yang kurang paham bisa bertanya pada siswa lain yang sudah lebih paham sehingga bisa meningkatkan pemahaman. 3). Kendala pelaksanaan pembelajaran matematika antara lain; (a). Guru tidak percaya diri dalam mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris; (b). Siswa yang tergolong kemampuan akademisnya kurang cenderung tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik, sehingga sering mengandalkan mengikuti pengajaran remidial atau remidial tes; dan (c). Minimnya buku pelajaran pegangan siswa dengan komposisi satu siswa satu buku, membuat siswa hanya bisa menunggu apa yang akan diberikan oleh guru dalam pembelajarannya.

Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Matematika, SMA RSBI

ABSTRACT

Sularmin. (S850209121). 2011. Mathematics Learning Strategy in SMA RSBI MTA Surakarta (The Research has done at X grade). The First Commission of Supervision : Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc, Ph.D. The second Supervision : Drs. Suyono, M.Si, Thesis: Study Program of Mathematics Education, Postgraduate Program of Sebelas Maret University of Surakarta.

The research aims are to determine and to describe: 1). Mathematics learning strategy directed to the teacher’s efforts in preparing the learning device, doing aperseption, using media and teaching methods, efforts to enable students in learning, the use of English, closing the lesson, conducting daily tests and 2). Supporting factors and obstacles in mathematics learning.
This research used a qualitative approach descriptive single case study type spikes (embedded case study research) trying to dig up as much as possible the facts in accordance with the focus of research. Techniques of collecting data were by interview, observation and documentation involving the Principal, PJP RSBI, mathematics teachers and students. In an effort to develop the validity of the study data triangulation methods and data sources, review the informant. Data analysis technique involves three activities, such as, data reduction, data presentation and conclusion.
Based on the results of research it was found that: 1). In the learning process, (a). Teachers in preparing learning device performed together with other teachers who teach the same grade level at the beginning of the school year. Devices that are arranged in the Indonesian language and then translated in English. (b). Teachers do aperseption by delivering a standard of competence, basic competence, indicators, learning objectives and usefulness of the material being studied, repeating last glimpse of the material if the material to be discussed is a continuation of previous material, discussing homework. (c). Teachers use instructional media to use objects around the classroom and the computer. Communications media, in the form of the Internet was not fully utilized because most students do not have a laptop, internet facilities in the boarding was not there and the limited time if they go to the cafe. (d). The method applied to teachers in delivering the lecture material, then the teacher gives a matter to be done in groups. (e). Efforts made by teachers so that students play an active role in learning, such as: Growing good interaction between students and students, students and teachers; Teachers strive to give students the courage to express their opinion by way of conditioning the environment for students accustomed to value the opinions of others; Teachers develop a sense of pride in student of the results achieved; Teachers listen, pay attention, do not cut / interrupt students’ questions but received with cheerful faces, responds with enthusiasm. (f). The use of English in teaching by teachers just at the opening extent, convey certain terms, sometimes in the end the lesson and at providing an assessment. (g). In the end the lesson the teacher used to do is to give students the opportunity to ask a part that has not been understood, together with students to make conclusions from the material studied, giving about exercises to do at home. (h). Teachers carry out daily tests after one chapter consisting of several basic competence. Results of student work promptly were corrected by the teacher and returned to students. The worksheet students are given small notes or comments about errors made by them. 2). Factors supporting the learning of mathematics, among others: (a).Characteristics of high school mathematics teacher has understood the MTA Surakarta RSBI purpose of the program and understand how teachers should teach in RSBI; (b). Support the Head of School, a policy of giving scholarships to pursue further studies teacher, sent the teachers in following the training, nor MGMP and fulfillment infrastructure in stages, and (c). Boarding as a place of learning can be used to repeat the lesson together. Students who do not understand can ask other students who are more aware so they can enhance understanding. 3). Constraints on the implementation of mathematics learning among other things, (a). Teachers are not confident in teaching by using English language, (b). Students who are classified as less academic ability inclined to be unable to follow the lessons well, so often rely on following the teachings remidial or remidial test, and (c). The lack of textbooks to handle students with a composition of one student one book, a student can only wait for what will be given by the teacher in learning.

Keywords : Learning strategy, mathematics, SMA RSBI