Hubungan antara Persepsi Siswa pada Kemampuan Guru, Kecerdasan Emosi, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Mata Diklat Statika Bangunan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Sragen

ABSTRAK

Y. Heru Styaka. S810809231. 2011. Hubungan antara Persepsi Siswa pada Kemampuan Guru, Kecerdasan Emosi, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Mata Diklat Statika Bangunan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Sragen. Program Pascasarjana, Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I Prof. Dr. Mulyoto, M. Pd.
Pembimbing II Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada hubungan positif antara persepsi siswa pada guru dan hasil belajar Mata Diklat Statika Bangunan, 2) Apakah ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dan hasil belajar Mata Diklat Statika Bangunan, 3) Apakah ada hubungan positif antara sikap siswa dan hasil belajar Mata Diklat Statika Bangunan, 4) Apakah ada hubungan positif antara persepsi siswa pada guru, kecerdasan emosional, sikap siswa secara bersama-sama dan hasil belajar Mata Diklat Statika Bangunan siswa kelas X Jurusan Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011?
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sragen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Konstruksi sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 100 siswa. Sampel penelitian diambil secara proportional random sampling sebanyak 50 siswa atau sebesar 50%. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan tes. Teknik pengukuran angket dengan menggunakan skala likert dengan 5 pilihan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data selanjutnya dilakukan dengan menggunakan bantuan program statistik SPSS.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Ada hubungan positif antara persepsi siswa pada kemampuan guru dan hasil belajar Mata Diklat Statika Bangunan, 2) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dan hasil belajar Mata Diklat Statika Bangunan, 3) Ada hubungan positif antara sikap siswa dan hasil belajar Mata Diklat Statika Bangunan, 4) Ada hubungan positif antara persepsi siswa pada kemampuan guru, kecerdasan emosional, sikap siswa secara bersama-sama dan hasil belajar Mata Diklat Statika Bangunan siswa kelas X Jurusan Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian ini menyarankan bahwa guru dapat bersikap objektif, mengarahkan siswa dalam mengendalikan emosi, menumbuhkan rasa suka terhadap mata pelajaran. Kepada para peneliti yang akan datang diharapkan dapat melakukan penelitian dengan topik yang sama di tempat yang berbeda untuk lebih memperkuat hasil penelitian ini.

Kata Kunci: persepsi siswa, kecerdasan emosi, sikap siswa, hasil belajar.

ABSTRACT

Y. Heru Styaka. S810809231. 2011. Relations between Student Perceptions of Teacher Skills, Emotional Intelligence, and the attitude of Students with Learning Outcomes Training Modul of Building Statics in Class X Programs Wood Construction Engineering in SMK Negeri 2 Sragen. Graduate Program, Educational Technology Studies Program, Sebelas Maret University of Surakarta.Pembimbing I Prof. Dr. Mulyoto, M. Pd. Pembimbing II Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd

The problem in this research are: 1) Is there a positive relationship between students perceptions of teachers and learning outcomes of statics building subject, 2) Is there a positive relationship between emotional intelligence and learning outcomes of statics building subject, 3) Is there a positive relationship between attitude students and learning outcomes of statics building subject, 4) Is there a positive relationship between student perception of teachers, emotional intelligence, the attitude of students together and learning outcomes of statics building subject in class X Wood Construction Engineering Department of SMK Negeri 2 Sragen Year Lesson 2010/2011?
The research was conducted at SMK Negeri 2 Sragen. The research method used in this research is survey method with the type of correlational research. The study population were students of class X Department of Construction of 3 classes with student numbers of 100 students. The research sample was taken by proportional random sampling of 50 students or 50%. Data collection was done by using questionnaires and tests. Questionnaire measuring technique using a Likert scale with 5 options. The data analysis technique performed by multiple regression analysis with a pre-requisite test that are normality and linearity test. Data analysis is then performed by using SPSS.
The research concluded that: 1) There is a positive relationship between students’ perception on the ability of teachers and learning outcomes of statics building subject, 2) There is a positive relationship between emotional intelligence and learning outcomes of statics building subject, 3) There is a positive relationship between student attitudes and learning outcomes of statics building subject, 4) There is a positive relationship between student perception of teacher skills, emotional intelligence, the attitude of students together and learning outcomes of statics building subject in class X Wood Construction Engineering Department of SMK Negeri 2 Sragen Academic Year 2009/2010 .
Based on the results of research, this research suggests that teacher can be objective, directing students in controlling their emotions, develop a sense of love towards the subject. To the researchers who will come are expected to conduct research on the same topic at different places to further strengthen the results of this research.

Keywords: Perceptions of Students, Emotional Intelligence, Student Attitudes, Learning Outcomes.