KAJIAN PROBLEM SOSIAL NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAM OEDYA ANANTA TOER (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN)

ANIES KHUSNUL VARIA S 840809004. 2011. KAJIAN PROBLEM SOSIAL NOVEL BUMI MANUSIA KARYA PRAM OEDYA ANANTA TOER (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN). Tesis: Program Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I : Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Nugraheni E. W., M.Hum

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan (1) karakter tokoh utama dan hubungan antartokoh dalam novel, (2) problem-problem sosial yang menjadi masalah dalam novel, dan (3) nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Novel ini cukup menarik untuk dikaji melalui pendekatan sosiologi sastra, karena bercerita tentang sosial masyarakat pribumi Jawa pada waktu dijajah Belanda.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berupa sumber data primer, yaitu novel Bumi Manusia. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah content analysis, yaitu melakukan penafsiran terhadap teks untuk dipahami isinya. Uji validasi data melalui trianggulasi data/sumber dan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Reduksi data selalu dilakukan, bila simpulan dirasa kurang, maka data kembali dikumpulkan untuk mencari pendukung simpulan yang telah dikembangkan dan juga sebagai usaha pendalaman data.
Hasil penelitian meliputi: (1) karakter tokoh utama dan hubungan antartokoh dalam novel. Minke sebagai tokoh utama digambarkan sebagai laki-laki pribumi yang memiliki pemikiran dan gaya hidup maju dibandingkan pribumi pada umumnya. (2) hasil analisis kajian problem sosial yang menjadi masalah dalam novel meliputi: (a) problem sosial antara masyarakat pribumi dengan masyarakat Indo Eropa, (b) problem sosial antara anak dengan orang tua, (c) maraknya dunia prostitusi yang tidak terlepas dari masalah alkoholisme, (d) kekuasaan pemerinatah Belanda yang otoriter, (e) kemerosotan moral para tokoh dalam novel, dan (f) peperangan antara tentara Belanda dengan penduduk pribumi, (3) nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Bumi Manusia adalah (a) nilai vitalitas atau kehidupan sosial, membuktikan bahwa manusia mahluk sosial yang harus saling tolong-menolong dan menghargai antar sesama manusia, dan (b) nilai spiritual yang mencakup: (1) nilai agama yang mengatur penganutnya, bahwa agama adalah dogma bagi penganutnya, dan (2) nilai ajaran hidup tentang kebenaran, kemandirian, dan kepribadian yang baik, dan (3) nilai budaya Jawa. Nilai vitalitas atau kehidupan sosial adalah nilai yang mudah diubah, dan nilai spiritual adalah nilai yang sulit dirubah.

Kata Kunci : Sosiologi Sastra, Problem Sosial, Nilai Pendidikan
ABSTRACT

ANIES KHUSNUL VARIA S 840809004. 2011. SOCIAL PROBLEM ANALYSIS ON NOVEL ENTITLED BUMI MANUSIA BY PRAMOEDYA ANANTA TOER (OBSERVATION OF LITERATURE SOCIOLOGY AND EDUCATION VALUE). Thesis: Bahasa Indonesia Education Program. Postgraduate Program of Sebelas Maret University Surakarta.

This research aims to explain and describe (1) the characteristics of the main character and the relationship of character-to-character in novel, (2) the social problems being questions in the novel, and (3) the educational values within the novel Bumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer. This novel is interesting to be analyzed through literature sociology, because it tells about the social life of Javanese people being colonized by Netherland.
This research is a qualitative research applying descriptive qualitative method. The source of data of this research which is the primary source of data is the novel Bumi Manusia. The technique of collecting data used is content analysis; it is by interpreting text to know the content. The data analysis test is carried out using data or source triangulation and theory triangulation. The technique of data analysis used is interactive analysis which includes three components; they are data reduction, data display, and conclusion. Data reduction is always done repeatedly, when the conclusion does not seem prosperous, the data will be recollected, as to have deep comprehension, to find ideas supporting the conclusion which is deeply developed.
The results of the research are: (1) the characteristics of the main character and the relationship of character-to-character within the novel. Minke as the main character is figured as indigene who has advance way of thinking and life style than most indigenes, (2) the results of analysis of social problem which become questions within the novel are: (a) social problem between indigenes and Indo-Europeans, (b) social problem between parents and their children, (c) increasing of prostitution that is close to alcoholism, (d) authoritative Netherland government, (e) degeneration of moral value among characters within the novel, and (f) quarrel between Netherland army and indigenes, (3) the educational values that can be found in novel Bumi Manusia are: (a) social vitality or life, proves that human beings are social society who have to help and respect each other, (b) spiritual value that can be found are: (1) religious value regulating its people, that religion is the dogma for them, and (3) Javanese culture values. Values of vitality or social life are values which are easy to change, and spiritual values are values which are difficult to change.

Key Word: Literature Sosiology, Social Problem, Education Value