Hubungan Antara Cara Orangtua Mendidik Anak, Lingkungan Sosial dengan Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Mengambil Keputusan Mahasiswa Keperawatan

Hubungan Antara Cara Orangtua Mendidik Anak, Lingkungan Sosial dengan Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Mengambil Keputusan Mahasiswa Keperawatan. Nikmatur Rohmah. S540809210. Komisi pembimbing: Prof. Bhisma Murti, dr, MPH, MSc, PhD dan Dr. Nunuk Suryani, MPd. Tesis. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011

Menurut teori, kemampuan metakognitif berperan penting terhadap kemampuan mengambil keputusan. Sedang kemampuan metakognitif berkaitan dengan cara orangtua mendidik anak dan lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara cara orangtua mendidik anak, lingkungan sosial dengan kemampuan metakognitif dan kemampuan mengambil keputusan mahasiswa keperawatan.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain studi potong lintang. Sampel sebesar 60 mahasiswa yang dipilihsecara simple random sampling dari seluruh mahasiswa DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Variabel bebas adalah cara orangtua mendidik anak dan lingkungan sosial. Variabel terikat adalah kemampuan metakognitif dan kemampuan mengambil keputusan. Data tentang cara orangtua mendidik anak, lingkungan sosial, dan kemampuan mengambil keputusan diukur dengan kuesioner yang disusun oleh peneliti. Hasil uji reliabilitas, korelasi item-total > 0,20danalpha Cronbach > 0,60. Kemampuan metakognitif diukur dengan MAI (Metacognitive Awareness Inventory).. Data dianalisis dengan model regresi linier ganda.
Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang secara statistik signifikan antara cara orangtua mendidik anak (b = 0,84; CI 95% 0,38 sd 1,31) dan lingkungan sosial (b= 2,04; CI 95% 0,97 sd 3,10) dengan kemampuan metakognitif. Kemampuan metakognitif menunjukkan hubungan statistik yang signifikan dengan kemampuan mengambil keputusan (b = 0,18; CI 95% 0,14 sd 0,23). Cara orangtua mendidik anak dan lingkungan sosial menunjukkan hubungan yang secarastatistiksignifikan dengan kemampuan mengambil keputusan (b = 0,14; CI 95% 0,01 sd 0,28 dan b = 0,32; CI 95% 0,01 sd 0,63).
Penelitian ini menyimpulkan, terdapat hubungan yang secara statistik signifikan antara cara orangtua mendidik anak, lingkungan sosial dengan kemampuan metakognitif maupun kemampuan mengambil keputusan pada mahasiswa keperawatan. Disarankan agar orangtua mendidik anak dengan cara konstruktif, dan memastikan bahwa anak berinteraksi dengan kelompok sebaya yang baik. Bagi institusi pendidikan keperawatan disarankan agar melengkapi media belajar modern dan menerapkan metode belajar yang terpusat pada mahasiswa supaya dapat meningkatkan kemampuan metakognitif dan kemampuan mengambil keputusan mahasiswa keperawatan.

Kata kunci: cara orangtua mendidik anak, lingkungan sosial, kemampuan metakognitif, kemampuan mengambil keputusan.

ABSTRACT

The Realtionship Between Parenting Method Social Environment, and Metacognitive and Decision Making Skills in Nursing Students. Nikmatur Rohmah. S540809210. Supervisor co-mission: Prof. Bhisma Murti, dr, MPH, MSc, PhD and Dr. Nunuk Suryani, MPd. Thesis. Masters Program in Family Medicine. Postgraduate Program. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2010.

In therory, metacognitive skill has a major role in decision making skill. Metacognitive skill is related to parenting method and social environment. This study aimed to determine the relationship between parenting method, social environment, and metacognitive and decision making skill in nursing students.
This study was analitic-observasional with cross-sectional approach. A sample of 60 students were selected by simple random sampling from all DIII Keperawatan students, at Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. The independent variable was parenting method and social environment. The depedent variables were metacognitive and decision making skills. Data on parenting method, social environment, and decison making skill were collected by use of pre-tested questionnaires. The item-total correlation > 0,20and alpha Cronbach > 0,60. Metacognitive skill was measured by use of MAI (Metacognitive Awareness Inventory). The data were anlyzed by linear regression model.
Results showed a statistically significant association between parenting method (b = 0,84; CI 95% 0,38 sd 1,31) and metacognitive skill, and between social environment (b= 2,04; CI 95% 0,97 sd 3,10)and metacognitive skill. Metacognitive skill was associated with decison making skill (b = 0,18; CI 95% 0,14 sd 0,23). Parenting method and social environment showed a statistically signficant association with decison making skill (b = 0,14; CI 95% 0,01 sd 0,28 dan b = 0,32; CI 95% 0,01 sd 0,63).
This study concludes that there is a statisticall significant association between parenting method, social environment, and metacognitive skill as well as decision making skill among nursing students.It is recommended that parents educate children in a more constructive manner and make sure that students interact with peers of similar age. To institude of nursing method, it is recommended that the institution facilitates modern learning and implement student centered learning in order to improve metacogntive and decison making skill.

Key words: parenting method, social environment, metacogntive skill, decison making skill.