Upaya meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas XII TKR I SMKN 2 Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2010/2011

ABSTRAK

Mustamiah - S 810809218. Upaya meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas XII TKR I SMKN 2 Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Komisi pembimbing I Prof.Dr. Sunardi M.Sc, Komisi Pembimbing II Prof. Dr. H. Soetarno J M.Pd. Tesis. Surakarta. Program Studi Teknologi Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. 2011.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif STAD di kelas XII TKR 1 SMKN 2 Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2010/2011, (2) Peningkatan kemandirian belajar selama proses pembelajaran menggunakan model kooperatif STAD di kelas XII TKR 1 SMKN 2 Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2010/2011, (3) Peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris selama proses pembelajaran menggunakan model kooperatif STAD di kelas XII TKR 1 SMKN 2 Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2010/2011, dan (4) Kendala-kendala yang muncul selama proses pembelajaran menggunakan model kooperatif STAD di kelas XII TKR 1 SMKN 2 Purwodadi Grobogan tahun pelajaran 2010/2011 dan mencari solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) berupa perlakuan (treatment) khusus dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII TKR 1 SMKN 2 Purwodadi Grobogan tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa yang kesemuanya laki-laki. Data penelitian diperoleh dari peristiwa selama pembelajaran berlangsung, informan dari siswa, guru, BP, kepala sekolah, kurikulum, warga sekolah lainnya, arsip, pengamatan dan dokumentasi foto. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus, melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan pengamatan setelah pemberian perlakuan selama tiga siklus dapat diperoleh hasil sebagai berikut: Kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan 36, 00 % dibandingkan siklus 1, aspek ketertarikan pada pelajaran mengalami peningkatan 36 %, aspek keinginan belajar naik menjadi 30, 00 %, aspek mengatasi masalah meningkat menjadi 37, 50 %, aspek rasa ingin tahu meningkat menjadi 47, 50 % dan pada aspek mengetahui makna belajar mengalami peningkatan sebesar 20, 00 % dibandingkan dengan siklus I. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada ketuntasan klasikal yaitu 32, 50 % dibandingkan dengan siklus I. Pencapaian rata-rata kelas meningkat menjadi 76, 95%, sedangkan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan menjadi 90, 00%.

Kata kunci : Kemandirian belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif.

ABSTRACT

Mustamiah, S 810 809 218. Efforts to Improve the Learning Independent and Learning Achievement using STAD Cooperative Learning Model for the Students in grade XII TKR I of State Vocational School 2 Purwodadi Grobogan in the Academic Year of 2010/2011. The first commission of supervisor is Prof. Dr. Sunardi M.Sc, the second commission of supervisor is Prof. Dr. H. Soetarno J. M.Pd. Thesis. Surakarta. Education Technology Studies Program. Postgraduate. Sebelas Maret University, Surakarta, 2011.

The purpose of this study is to know: (1) Implementation of the learning process using STAD cooperative model in the class XII TKR 1 N 2 Purwodadi Grobogan in the Academic Year of 2010/2011, (2) Increased Learning Independent of the students during the learning process using STAD cooperative model in the class XII TKR 1 N 2 Purwodadi Grobogan in the Academic Year of 2010/2011, (3) Improvement of Learning Achievement in English during the learning process using STAD cooperative model in the class XII TKR 1 SMKN 2 Purwodadi Grobogan in the Academic Year of 2010/2011, and (4) The constraints that appeared during the learning process using STAD cooperative model in the class XII TKR 1 SMKN 2 Purwodadi Grobogan in the Academic Year of 2010/2011 and seek solutions to overcome these problems.

The method used in this study is a descriptive qualitative study of class actions (TOD) form of treatment (treatment) with using special STAD cooperative learning model. Subjects were students in grade XII TKR 1 SMKN 2 Purwodadi Grobogan in the Academic Year of 2010/2011, amounting to 40 students who all men. The research data obtained from events during the learning progresses, informants from students, teachers, BP, principals, curriculum, residents other schools, archives, observation and photo documentation. This study took place in three cycles, through the stages of planning, execution, observation and reflection.

Based on the observations after the treatment for three cycles can be obtained the following results: Learning Independent of the students increased by 36, 00% compared to the first cycle, student’s interesting in learning increased by 36, 00%, student learning experience increased by 30, 00%, solving the problem increased by 37, 50%, aspects of curiosity increased by 47, 50%, and the aspects of the meaning of learning has increased by 20.0% compared with cycle I. Student learning outcomes are also experiencing a significant increase in the thoroughness that is 32.50% classical. Achievement an average grade increased to 76.95%, while the classical completeness also increased to 90.00%.

Key words : Independent learning, learning achievement, cooperative learning.