PENGELOLAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERBASIS STANDAR SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 STUDI SITUS SMK SAKTI, GEMOLONG, SRAGEN

ABSTRAK

Sukir PS (S 810809225). PENGELOLAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERBASIS STANDAR SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 STUDI SITUS SMK SAKTI, GEMOLONG, SRAGEN. Pembimbing I: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc., Pembimbing II: Prof. Dr. Sri Anitah W., M.Pd. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011.

Tujuan Penelitian ini fokus pada pengelolaan sekolah menengah kejuruan berbasis sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 pada SMK SAKTI GEMOLONG Sragen yang meliputi: (1) Tanggung jawab manajemen yaitu planing, organizing, leading, dan controlling (2) Pengelolaan sumberdaya terutama tenaga pendidik dan kependidikan (3) hasil produk pada unit produksi, serta ke (4) dampak sebelum dan setelah menerapkan ISO 9001: 2008.

Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan metode dan pendekatan ini diawali dari tujuan utama penelitian, yaitu menjelaskan dan menganalisa data dan informasi dilapangan sesuai dengan kedaan sesungguhnya. Lokasi penelitian adalah SMK Sakti Gemolong Sragen sebagai sebuah SMK yang pertama kali mendapat sertifikat ISO 9001: 2000, sebagai perintis standar internasional di Jawa Tengah dari PT. TUV International Indonesia. Pada 2009, sekolah ini dapat meningkatkan versi terakhir dari sertifikatnya dengan ISO 9001: 2008. Responden merupakan seluruh pelanggan internal yang meliputi guru, karyawan, dan staff serta pelanggan eksternal seperti siswa, orang tua atau masyarakat, pemerintah, dunia industri.

Dari hasil peneltian, diketahui bahwa pengelolaan sekolah menengah kejuruan berbasis standar mutu ISO 9001: 2008 di SMK Sakti Gemolong Sragen adalah: membuat tanggung jawab manajemen pada planing, organizing, leading, dan controling menjadi sebuah dokumen standar, menjamin proses yang diberikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang akan dicapai manajemen, pengelolaan sumberdaya terutama tenaga pendidik dan kependidikan semakin meningkatkan motivasi karyawan, memberikan tugas dalam hubungan yang jelas diantara kelompok-kelompok yang terlibat, menstandarkan macam-macam kebijakan dan prosedur pengoperasian dalam organisasi, mencipatakan pondasi yang solid dalam sikap dan keinginan membangun untuk setiap program dan meningkatkan kualitas hasil produk organisasi dalam pasar, dengan dampak yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas lulusan untuk memberi kepuasan pelanggan yang ditandai dengan daya serap tinggi dalam dunia pekerjaan.

Kata kunci : Sistem Manajemen Kualitas (QMS), kepuasan pelanggan.

ABSTRACT

Sukir PS (S 810809225). IMPLEMENTATION OF QUALITY MANAGEMENT SYSTEM (QMS) ISO 9001: 2008 ON VOCATIONAL EDUCATION CASE STUDI SAKTI VOCATIONAL HIGH SCHOOL, GEMOLONG, SRAGEN. The first of supervision Prof. Dr. Budiyono, M.Sc., the second of supervision Prof. Dr. Sri Anitah, M.Pd. Thesis of post-graduate program Sebelas Maret University of Surakarta. 2011.

The purpose of this study focuses on the effectiveness of implementation through the Quality Management System ( QMS ) especially ISO 9001: 2008 including 8 principles: (1) customers focus, (2) leadership, (3 ) involving people, (4) process approach, (5) systems approach, (6) continuous improvement, (7) factual decision making, and (8) mutually beneficial supplier relationships, in order to fulfill customer satisfaction with the high absorption of graduates in business and industry, as well as understand the constraints and its effects after implementing ISO QMS 9001: 2008.
Research method used were descriptive analytical method with qualitative approach. The use of this method and approach is started from the main purpose of research, namely to describe and analyze the data and information field in accordance with actual conditions. The research location is SMK Sakti Gemolong Sragen as a Vocational High School which got the first certification ISO 9001: 2000, as the international standard pioneer in central Java from PT. TUV International Indonesia. Again in 2009, this school can upgrade the latest version of its certification with ISO 9001:2008. The respondents were both parties internal customers including teachers, employees, staff elements and external customers such as students, parents or society, government/jobs.
From the result of the research, known that the impact of implementation of ISO 9001: 2008 in SMK Sakti Gemolong Sragen were : making the work system be a standard document, ensuring the process carried out in accordance with established management system, improving employee’s motivation, carrying out a job in a clear relationship between parts involved, standardizing the various policies and operating procedures in the organization, establishing a solid foundation in building attitude and desire for any progress and increasing image quality organization in the market, with that results can enhance the efficiency and quality of graduates for the fulfillment of customer satisfaction which was marked by high rates of graduates absorption in the world of employment.

Keywords : Quality Management System ( QMS ), customer satisfaction.