Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Karyawisata (Studi Kasus pada SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo)

ABSTRAK

Soni Indrawanto. S 860809029. Tahun 2009. Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Karyawisata (Studi Kasus pada SMA Negeri di Kabupaten Sidoarjo). Komite pembimbing I. Dr. Warto, M. Hum., Komite pembimbing II. Prof. Dr. Sri Yutmini, M.Pd. Tesis Pendidikan Sejarah. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap masalah pokok yaitu: (1) kriteria pemilihan karyawisata sebagai metode pembelajaran sejarah; (2) Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan karyawisata sebagai metode pembelajaran sejarah; (3) Apa manfaat penerapan karyawista sebagai metode pembelajaran sejarah; (4) Kendala-kendala apa yang dihadapi dalam penerapan karyawisata sebagai metode pembelajaran sejarah.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri di kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus tunggal terpancang. Sumber data penelitian ini adalah informan/nara sumber, tempat dan pariwisata/aktivitas, serta arsip dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan mencatat dokumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Guna mendapat validitas data, dilakukan dengan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang dalam proses analisis terdiri dari komponen pokok reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran sejarah melalui metode Karyawisata dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran sejarah disamping metode yang sudah ada. Metode ini mengurangi dominasi guru dalam proses kegiatan pembelajaran terutama mata pelajaran sejarah. Karyawisata ditetapkan sebagai metode pembelajaran sejarah karena guru memiliki persepsi positif terhadap metode tersebut sekaligus adanya tujuan pembelajaran yang hendak dicapai melalui metode tersebut. Adanya situs sejarah yang dapat dikunjungi sebagai sumber belajar guna mengenal sejarah bangsanya sendiri. Meskipun dalam pelaksanaan karyawisata antara sekolah yang satu dengan yang lain berbeda, namun demikian pelaksanaan karyawisata tetap dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut. Hasil penelitian diharapkan menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi sekolah yang terkait untuk mengembangkan materi, metode dan media pembelajaran sejarah, serta peningkatan pemahaman bagi siswa dan guru tentang keefektifan metode karyawisata sehingga menyadari makna belajar sejarah yang sebenarnya.

Kata kunci: Pembelajaran sejarah, Metode Karyawisata

ABSTRACT

Soni Indrawanto. S 860809029. 2009. History Learning through Tourism Method(Study Case for SMA Negeri in Sidoarjo). The advisory committee, the first advisor was Dr. Warto, M. Hum., the second advisor was Prof. Dr. Sri Yutmini, M. Pd. History Teaching Department Post Graduate of Sebelas Maret University of Surakarta. 2011.

The aim of this research is to find out the main problems, such as: (1) the criteria of tourism choices as a history learning method;(2) How the steps to conduct tourism as a History Learning Method are; (3) The advantages to conduct tourism as a History Learning Method: (4) Problems faced in the tourism implementing as a History Learning Method.
This research was conducted in Sidoarjo, using qualitative descriptive method in the form of single case study. The resources of data research are from informants, tourism object, student’s activities, and documents. Data are collected through interview, observation, and document note. Sample technique is done by purposive sampling. In order to get data validity, the researcher uses trianggulasy data and trianggulasy method. Data Analysis Technic uses interactive analysis model, in which analysis process consists of data reduction component, data implementation, and conclusion.
The result of this research shows studying history through tourism method can become one of teaching alternative method in studying history besides the other methods. This method can reduce teacher domination in the learning activity, especially I studying history. Tourism is stated as a learning method in studying history because a teacher has positive perception toward this method and has a learning goal which will be achieved in this method. There are historical archaeological sites which can be visited as the learning sources for knowing Indonesian history. Even though the implementing of tourism activity among schools is different, the steps in conducting this activity should be in three steps. They are preparation, implementation, and following up activity. The result of this research is hoped as an input and consideration for school to develop teaching, method, and material for studying history. Moreover, this research is used for developing students and teachers comprehension about the effectiveness of tourism method, so they will understand the real meaning of historical learning.

Keyword: Teaching history, through Tourism Method