Hubungan Antara Pola Asuh dan Sikap Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia Toddler di Desa Pakis Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri

ABSTRAK

Meli Diana. S540809113. Hubungan Antara Pola Asuh dan Sikap Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia Toddler di Desa Pakis Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Pembimbing I : Prof. DR. Didik G Tamtomo, dr, MM, M.Kes, PAK. Pembimbing II : dr. Putu Suriyasa, M.S, PKK, Sp.Ok. Tesis : Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan Magister Kedokteran Keluarga Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar Belakang : Orang tua adalah pembinaan pribadi yang pertama dalam hidup anak. Kepribadian orang tua, sikap dan cara hidup mereka, merupakan unsur-unsur pendidikan yang tidak langsung, yang dengan sendirinya akan masuk ke dalam pribadi anak yang sedang tumbuh. Terkadang orang tua lupa akan kewajibannya dalam mengawasi perkembangan anak hanya karena sibuk dengan pekerjaannya sendiri. Materi sering menjadi alasan betapa seringnya orang tua bekerja dan meninggalkan anaknya di rumah.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara pola asuh dan sikap orang tua terhadap perkembangan anak usia toddler.
Metode : Penelitian cross sectional ini dilakukan di Desa Pakis Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri dengan mengambil sampel sebanyak 60 orang tua yang mempunyai anak usia toddler. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Data tentang pola asuh, sikap, dan perkembangan anak usia toddler diambil dengan menggunakan kuesioner dimana kuesioner pola asuh dan sikap diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji regresi linier ganda.
Hasil : Uji regresi linier ganda menunjukkan bahwa satu skor pola asuh akan meningkatkan perkembangan anak sebesar 1,120 dan satu skor sikap akan meningkatkan perkembangan anak sebesar 1,090. Dari hasil korelasi parsial didapatkan hasil pola asuh : sikap sebesar 0,352 : 0,263 (0,352 > 0,263), maka pola asuh merupakan variabel yang paling berperan dalam perkembangan anak usia toddler.
Kesimpulan : Bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dan sikap orang tua dengan perkembangan anak usia toddler.

Kata Kunci : Pola asuh, Sikap Orang Tua, Perkembangan Anak Usia Toddler

ABSTRACT

Meli Diana. S540809113. Association Between Parenting and Paren’st Attitudes with toddler child Development in the village of Pakis District Kunjang Kediri. Lecture I : Prof. DR. Didik G Tamtomo, dr, MM, M.Kes, PAK. Lecture II : dr. Putu Suriyasa, M.S, PKK, Sp.Ok. Thesis: Main Interest in Health Professions Education Master of Family Medicine, Sebelas Maret University Surakarta

Background: Parents are the first educator in children’s lives. Parental personality, attitude and their way of life, are elements that are not directly education, which by itself would go into the personality of children who are growing. Sometimes parents forget their duties in overseeing the development of children just because he was busy with his own job. Material is often the reason for how often the parents work and leave their children at home.
Objective: To understand the relationship between parenting and parent’s attitudes toward the development of toddler children.
Methods: This cross sectional study was conducted in the village of Pakis District Kunjang Kediri by taking a sample of 60 parents who have children aged one until three years old. The sampling technique used in this study is the simple random sampling. Data on parents, attitudes and the development of the young child age was taken using a questionnaire in which these questionnaire of attitude and parenting are tested validity and reliability before use. The data were analysed using multiple linear regression test.
Results: The test of multiple linear regression showed that parents score will only increase the development of the child in 1.120 and a score of attitude improve child development by 1090. The results of the partial correlation between parenting : the attitude are 0.352: 0.263 (0.352 > 0.263), then the parents is a variable that responsible for child development for toddler children.
Conclusion: There is a significant relationship between parenting and parent’s attitudes with toddler child development.

Keywords : Parenting, Parent’s Attitude, Toddler Child Development.