Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Think-Talk-Write (TTW) Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP SeKabupaten Grobogan

Yohana Agusrina. S851002027. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Think-Talk-Write (TTW) Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP SeKabupaten Grobogan. Pembimbing I: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc., Pembimbing II: Dr. Mania Roswhita, M.Si. Tesis: Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta 2011.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi prisma dan limas. (2) Apakah prestai belajar matematika siswa dengan kemandirian belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar sedang dan rendah, dan siswa dengan kemandirian belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar rendah. (3) Apakah pada siswa dengan kemandirian belajar tinggi, prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). (4) Apakah pada siswa dengan kemandirian belajar sedang, prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). (5) Apakah pada siswa dengan kemandirian belajar rendah, prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW).
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Grobogan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah Stratified Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika pada materi prisma dan limas serta angket kemandirian belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda. Penilaian validitas isi instrumen tes dan angket dilakukan oleh validator. Pada uji coba butir tes prestasi belajar matematika diuji tentang reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda. Sedangkan uji coba instrumen butir angket kemandirian belajar siswa diuji tentang konsistensi internal dan reliabilitas. Uji keseimbangan menggunakan uji t. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan statistik uji Chi Kuadrat. Dengan diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan kemandirian tinggi lebih baik daripada kemandirian sedang, prestasi belajar dengan kemandirian sedang lebih baik daripada kemandirian rendah, dan prestasi belajar dengan kemandirian tinggi lebih baik daripada kemandirian rendah. (3) Pada siswa dengan kemandirian belajar tinggi, prestasi belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). (4) Pada siswa dengan kemandirian belajar sedang, prestasi belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). (5) Pada siswa dengan kemandirian belajar rendah, prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW).

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, NHT, TTW, Kemandirian

Yohana Agusrina. S851002027. Experimentation of Model Cooperative Learning of Numbered Heads Together (NHT) and Think-Talk-Write (TTW) Viewed from Learning independent of the Students in the Junior High School eighth grade students in Grobogan. Consultant I: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc. Consultant II: Dr. Mania Roswhita, M.Si.. Thesis. Mathematic Study Program, Graduated Program of Sebelas Maret University, Surakarta. 2011.

The study aims to know: (1) whether the achievement of mathematics learning by Numbered Heads Together (NHT) model is better than that using the Think-Talk-Write (TTW) model on the topic prism and pyramid. (2) whether the achievement of mathematics learning with high learning independent better than the students with moderate and low learning independent, and students with moderate learning independent are better than the students with low learning independent. (3) whether the students with high learning independent, the mathematics learning achievement with Numbered Heads Together (NHT) model is better than Think-Talk-Write (TTW) model. (4) whether the students with moderate learning independent, the mathematics learning achievement with Numbered Heads Together (NHT) model is better than Think-Talk-Write (TTW) model. (5) whether the students with low learning independent, the mathematics learning achievement with Numbered Heads Together (NHT) model is better than Think-Talk-Write (TTW) model.
This research is a not quasi-experimental one with 2 x 3 factorial design. The population of research was the Junior High School eighth grade students at Grobogan in even semester of academic year 2010/2011. The sampling technique is a stratified cluster random sampling. The instruments were used for data collection were a mathematics achievement test on the topic of prism and pyramid and the students learning independent questionnaire in the form of multiple choice. Content validity of the instruments of test and questionnaire is done by validator. At the trial mathematics achievement test items were tested on reliability, difficulty index and difference index. While testing instrument questionnaire items tested students’ learning independent about the internal consistency and reliability. Balance test uses t test. Requirement test includes normality test using Lilliefors test method and homogeneity test using Bartlett method with Chi Square statistic test. Using α=0.05, it can be concluded that the sample come from normal and homogenous distributed population.
The results showed: (1) The achievement of the learning of mathematics by Numbered Heads Together (NHT) model is better than that using the Think-Talk-Write (TTW) model on the topic of prism and pyramid. (2) The achievement of mathematics learning with high learning independent better than moderate and low learning independent, and students with moderate learning independent are better than low learning independent. (3) The students with high learning independent, the achievement of the learning of mathematics with Numbered Heads Together (NHT) model is better than Think-Talk-Write (TTW) model. (4) the students with moderate learning independent, the achievement of the learning of mathematics with Numbered Heads Together (NHT) model is better than Think-Talk-Write (TTW) model. (5) The students with low learning independent, the achievement of the learning of mathematics with Numbered Heads Together (NHT) model is better than Think-Talk-Write (TTW) model.

Keywords: Model Cooperative Learning, Numbered Heads Together, Think-Talk-Write, independent