Penerapan Metode Mind Map dan Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri No 9 Banjar, Buleleng, Bali Tahun Ajaran 2011/2012)

ABSTRAK

Ade Asih Susiari Tantri, S841008001. Penerapan Metode Mind Map dan Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri No 9 Banjar, Buleleng, Bali Tahun Ajaran 2011/2012). Tesis. Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011. Pembimbing 1 Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Pembimbing 2 Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil pembelajaran keterampilan menyimak di kelas V SD Negeri No 9 Banjar dengan penerapan metode mind map dan penggunaan media audio visual.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No 9 Banjar yang berjumlah 30 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) observasi, 2) wawancara, 3) tes, 4) kajian dokumen, dan 5) dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan, yaitu sebagai berikut. (1) Kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimak di kelas V SD Negeri No 9 Banjar mengalami peningkatan setelah diterapkan metode mind map dan digunakan media audio visual. Pada pra siklus kinerja guru masih terglong kurang dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 53,6. Meningkat pada siklus I menjadi 66,7 dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 80,4 dengan kategori baik dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 85,7 dengan kategori baik sekali. Nilai rata-rata aktivitas siswa dari pra siklus sampai siklus III juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus nilai rata-rata aktivitas siswa sebanyak 36 dengan kategori rendah. Meningkat pada siklus I menjadi 62,5 dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 78,8 dengan kategori tinggi dan pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 85 dengan kategori tinggi sekali. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak di kelas V SD Negeri 9 Banjar setelah diterapkannya metode mind map dan digunakannnya media audio visual kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan dan siswa pun menjadi lebih fokus saat menyimak. (2) Penerapan metode mind map dan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kulitas hasil pembelajaran keterampilan menyimak siswa. Hal ini terbukti dari semakin meningkatkanya ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata kelas. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebanyak 60%, siklus II 80%, siklus III 86,6%. Nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 69,9 pada siklus I, siklus II 79,7 dan siklus III 81,6.

Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Metode Mind Map, Media Audio Visual

ABSTRACT

Ade Asih Susiari Tantri, S841008001. The Application of Mind Map Method and the Use of Audiovisual Media to Improve the Listening Skill (A Classroom Action Research on the V Graders of SD Negeri No.9 of Banjar, Buleleng, Bali in the School Year of 2011/2012). Thesis. Postgraduate Program, Indonesian Language Education Study Program, Surakarta Sebelas Maret University. 2011. Pembimbing 1 Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Pembimbing 2 Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.

This classroom action research aims to improve the quality of process and quality of product in the listening skill learning of the V graders of SD Negeri (Public Elementary School) No. 9 of Banjar by applying the mind map method and using the audiovisual media.
The subject of research was the V graders of SD Negeri (Public Elementary School) No. 9 of Banjar consisting of 30 students. This classroom action research was carried out in three cycles. Each cycle encompassed four stages: 1) planning, 2) acting, 3) observing, and 4) reflecting. Techniques of collecting data used in this research were: 1) observation, 2) interview, 3) test, 4) document study, and 5) documentation. The data validation in this research was done using source and method triangulations. Techniques of analyzing data used in this research were comparative descriptive and critical analyses.
From the result of this classroom action research, the following conclusions can be drawn. (1) The quality of listening skill learning process in the V grade of SD Negeri No.9 of Banjar improves after the application of mind map and the use of audiovisual media. In the pre-cycle, the teacher’s performance is still categorized as poor with the mean value obtained of 53.6. But it increases in cycle I to 66.7 with fair category. In cycle II, it increases again to 80.4 with good category and in cycle III it increases to 85.7 with very good category. The mean value of student activity from pre-cycle through cycle III also increases. In the pre-cycle, the mean value of student activity is 36 with low category. But it increases in cycle I to 62.5 with fair category. In cycle II, it increases to 78.8 with high category and in cycle III it increases to 85 with very high category. The implementation of listening skill learning in the V grade of SD Negeri 9 of Banjar after the application of mind map method and the use of audiovisual media makes the class more alive and enjoyable and the students become focusing more during listening. (2) The application of mind map method and the use of audiovisual media can improve the quality of student’s listening skill learning product (achievement). It can be seen from the increase in classical passing and class’s mean value. The classical passing in cycle I is 60%, in cycle II is 80%, and in cycle III is 86.6%. The mean value the students obtain also increases from 69.9 in cycle I, to 79.7 in cycle II and 81.6 in cycle III.

Keywords: Listening Skill, Mind Map Method, Audiovisual Media.