Kajian Resepsi Sastra dan Nilai Pendidikan Pada Cerpen Kumpulan Kompas 2009

Sugiyanto. S841008031. 2011. Kajian Resepsi Sastra dan Nilai Pendidikan Pada Cerpen Kumpulan Kompas 2009. Komisi Pembimbing Pertama Prof. Dr. Herman J Walujo, Pembimbing Dua Dr. Nugraheni Eko Wardani, M. Hum. Tesis: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Penelitian resepsi termasuk dalam pragmatik sastra. Penelitian ini diarahkan pada bagaimana penerimaan, penyambutan, tanggapan, reaksi dan sikap pembaca terhadap cerpen kumpulan Kompas 2009. Sedangkan kajian nilai pendidikan adalah mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan pada kumpulan cerpen tersebut. Cerpen dalam media masa mempunyai intensitas terbit dan keterbacaan yang cukup tinggi. Realitas demikian diperlukan sebuah usaha untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kualitas dan respon pembaca terhadap karya-karya tersebut. Selain itu fungsi sebuah karya sastra sebagai alat mendidik, perlu dikaji sejauh mana muatan nilai-nilai pendidikan dalam kumpulan cerpen tersebut. Secara khusus penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) mendeskripsikan kualitas cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen Kompas Tahun 2009; (2) mendeskripsikan respon pembaca terhadap kumpulan cerpen Kompas tahun 2009; (3) mendeskripsikan nilai pendidikan dalam kumpulan cerpen Kompas Tahun 2009.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan strategi resepsi sastra. Penerapan strategi resepsi sastra adalah meminta pendapat pembaca terkait karya sastra. Pendapat tersebut dapat berupa penilaian ataupun respon pembaca. Penelitian resepsi dan nilai pendidikan atas kumpulan cerpen Kompas 2009, dapat dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Langkah-langkah pendekatan pragmatik dengan strategi resepsi sastra adalah sebagai berikut: cerpen diberikan kepada para pembaca tertentu, secara individual maupun kelompok, agar mereka memberikan tanggapan. Tanggapan mereka dapat diperoleh melalui angket (daftar pertanyaan) yang diisi oleh para responden (kelompok pembaca); data juga didapat dari kajian-kajian terkait cerpen kompas, hasilnya dapat dianalisis secara kualitatif. Nilai pendidikan terdeskripsikan melalui pembacaan secara intens kemudian menginterprestasikan nilai pendidikan yang ada.
Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) kualitas cerpen kompas dilihat dari; seting, penggunaan bahasa, penokohan dan perwatakan teknik naratif dinyatakan baik, hanya tema cerita dan alur cerita yang kurang; (2) harapan pembaca cerpen kompas adalah; mendapatkan isi cerita yang berkualitas, unsur cerita kompleks, cerpen yang menginspirasi untuk berkreasi, dan mendapatkan kebaruan pengalaman; sedangkan respon terkait: penggunaan bahasa, kemenarikan cerpen, jalan cerita, penokohan, tema cerita, pada umumnya dirasakan terkesan; (3) nilai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan cerpen tersebut adalah: nilai pendidikan politik, nilai pendidikan budaya, nilai pendidikan norma kehidupan keluarga, nilai pendidikan sosial relijius, nilai pendidikan sosial ekonomi dan budaya.
Kata kunci: kajian resepsi sastra, nilai pendidikan

ABSTRAC

Sugiyanto. S841008031. 2011. The Research is Literature Receipe and Education Value of Short Stories in Kompas Collection 2009. The first commission of supervision. Prof Dr. Herman J Walujo. The second supervision. Dr. Nugrheni Eko Wardani, M.Pd. Thesis: Indonesian Education Department, Post graduate Program Sebelas Maret University of Surakarta.

Receipe research in cluded in studying literature pragmatic. This research is to know how far the readers, receive, greet, respond, react and behave towards short stories collection in Kompas 2009. While education value is describing education value in the collection of those short stories. In mass media short stories have high frequency published and also get more readers. It is needed an effort to know how the real quality and readers respond to those works. Besides the function of literature works as educated aid is needed to study how far the education value at those short stories collection. The special aim of this research are: (1) describing the quality of short stories collection in Kompas 2009; ( 2) describing readers respond towards short stories collection in Kompas 2009; (3) describing education value towards short stories collection9s in Kompas 2009.
This research use pragmatic approach in literature receipe strategy. The application of literature receipe strategy is asking readers opinion relates to literature works. The opinion can be as readers value or readers respond. This research can be classified as descriptive qualitative research. The steps of pragmatic approach, with literature receipe strategy as following: short stories are given to certain readers, individually or in group, and ask them to respond them. Their respond can be seen from questionary (list of questions) that is filled by the reader. The data is also collected from discussion that relates to short stories in Kompas 2009. the result can be analized in qualitative. The education value can be described from the frequency of the readers than interprete the education value from it.
The result of research are: (1) the quality of short stort can be known from : setting, language usage, roler, character technic of narative are good, only theme and strong plot is less; (2) the readers hope quality content, complexities strory, inspiring , and getting new experience while respond, relates to the usage of language, interesting shory story, story plot, role, theme, the readers impressed on it; (3) the education value from the shot strory collection are politic education, culture education , norma education on family, social religious education, social and economic education.

Key words: literature receipe, education values