Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Rangka Pencegahan Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Surakarta

ABSTRAK

Hardiningsih, S541008036. 2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Rangka Pencegahan Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Surakarta.

Pembimbing 1 : Prof. Didik Tamtomo, dr, MM, M.Kes, PAK, 2 : Ir. Ruben Dharmawan, dr, PhD. Tesis : Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2011. Latar Belakang : Kasus HIV/AIDS di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penularan AIDS tertinggi dilaporkan pada kelompok usia 20-29 tahun yaitu sebanyak 47,2% dari total kasus AIDS sampai dengan bulan Maret 2011 (24.482 kasus). HIV akan berkembang menjadi AIDS antara 5-10 tahun, artinya HIV sudah menulari kaum muda 5-10 tahun sebelum usia 20-29 tahun atau pada usia yang sangat muda. Hal ini menunjukkan bahwa remaja sangat rentan terhadap penularan HIV dan AIDS. Ketidaktahuan mengenai bagaimana HIV ditularkan dan bagaimana cara menghindari infeksi memperparah kerentanan remaja untuk terinfeksi HIV/AIDS.
Tujuan Penelitian : (1) Untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang HIV/AIDS (2) Untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap dalam rangka pencegahan HIV/AIDS.
Metode Penelitian : eksperimen semu, dengan rancangan pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Cara pengumpulan data dengan metode kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji independent t-test.
Hasil penelitian : dengan uji independent t-test baik untuk pengetahuan dan sikap menunjukkan bahwa nilai p < 0,05 yang artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan pengetahuan dan sikap antara post test-pre test pada kedua kelompok yang diberikan pendidikan kesehatan.
Kesimpulan : (1) Ada pengaruh positif pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan sehingga dapat dikatakan pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS (2) Ada pengaruh positif pendidikan kesehatan terhadap sikap sehingga dapat dikatakan pendidikan kesehatan dapat meningkatkan sikap dalam rangka pencegahan HIV/AIDS.

Kata Kunci : Pengaruh Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan tentang HIV/AIDS dan Sikap Dalam Rangka Pencegahan HIV/AIDS

ABSTRACT

Hardiningsih, S541008036. 2011. Influence Against Health Education Knowledge and Attitudes in the Context of the Prevention of Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) In Class XI Students High School District 4 Surakarta.

Advisor 1: Prof. Didik Tamtomo, dr, MM, M. Kes, PAK, 2: Ir. Ruben Dharmawan, dr, PhD. Thesis: Family Medical Magister Study Program, Main Interest in Health Professions Education, Post Graduate Program of Sebelas Maret University Surakarta 2011.
Background : Cases of HIV/AIDS in Indonesia is increasing from year to year. Transmission of AIDS were reported in the age group 20-29 years which is about 47,2% of total AIDS cases up to March 2011 (24,482 cases). HIV will develop AIDS between 5-10 years, which means that HIV has infected young people 5-10 years before the age of 20-29 years or at a very young age. This suggests that adolescents are particularly vulnerable to HIV infection and AIDS. Ignorance about how HIV is transmitted and how to avoid infection exacerbates vulnerability to adolescent HIV/AIDS.
Research objectives : (1) To analyze the effect of health education on knowledge about HIV/AIDS (2) To analyze the effect of health education on attitudes in the context of HIV/AIDS prevention.
Research Methods : quasi-experimental, pretest-posttest design with the design group. The population in this study is a class XI student SMAN 4 Surakarta. Sampling was conducted by random cluster sampling technique. Ways of collecting data by questionnaire method. The results were analyzed using independent t-test test.
The results : a test of independent t-test for both knowledge and attitude showed that value of p < 0,05, which means there are average differences are significant knowledge and attitudes between pre-test post-test in both groups were given health education.
Conclusion : (1) There are positive effects of health education on knowledge so it can be said of health education can increase knowledge about HIV/AIDS (2) There is a positive influence on the attitudes of health education so that it can be said of health education can improve the attitude in the prevention of HIV/AIDS.

Keywords : Influence of Health Education, Knowledge of HIV/AIDS and Attitudes in the Context of HIV/AIDS Prevention