Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Melalui Pembelajaran Terpadu Model Sarang (Nested) Siswaa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012

ABSTRAK

Marsilia Ismiyati, S841008038, 2011, Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Melalui Pembelajaran Terpadu Model Sarang (Nested) Siswaa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012. Komisi Pembimbing Pertama Prof. Dr. H. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Pembimbing Dua Dr. Andayani, M.Pd. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia program Pascasarjana Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.2011.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujuan: 1) meningkatkan minat baca siswa melalui pembelajaran terpadu model sarang, 2) meningkatkan keterampilan menulis resensi melalui pembelajaran terpadu model sarang. Penelitian dilaksanakan di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Cilacap tahun pelajaran 2011/2012. Alasan pemilihan tempat ini karena peneliti juga merupakan guru di sekolah ini. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan Juni sampai dengan Desember 2011 karena materi yang diteliti merupakan kompetensi dasar yang ada pada semester gasal dan sesuai dengan jadwal penyusunan tesis ini. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 dan guru pengampu mapel bahasa Indonesia di kelas tersebut. Karena jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian sekaligus sebagai populasi dan sampel penelitian. Data yang dianalisis adalah data mengenai minat membaca dan keterampilan menulis resensi buku kumpulan cerpen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, tes, dan dokumen. Alat pengumpul data berupa catatan lapangan, angket, lembar pengamatan, catatan hasil wawancara. Teknik yang digunakan untuk validitas data adalah triangulasi dan review informan kunci. Data-data dikelompokkan menurut waktu penelitian/tindakan, sehingga data terbagi atas data tahap awal, data siklus I, dan data siklus II. Teknik analisis data dengan cara mendeskripsikan data yang diperoleh kemudian dibandingkan antara data awal, data siklus I, dan siklus II. Proses penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus meliputi empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi – interpretasi, dan tahap refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terpadu model sarang dapat meningkatkan minat membaca dan keterampilan menulis resensi siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Cilacap. Peningkatan minat membaca ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dalam mempelajari contoh-contoh resensi dan menganalisis kelebihan dan kekurangan unsur-unsur intrinsik cerpen, peningkatan aktivitas siswa dalam berdiskusi karena sudah membaca. Adapun peningkatan keterampilan menulis ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan, yaitu 7 siswa (21,88%) pada kondisi awal, meningkat menjadi 21 siswa (65,63%) pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 32 siswa (100%). Rerata hasil tes menulis resensi buku kumpulan cerpen pun mengalami peningkatan yang signifikan, dari 72,38n pada kondisi awal, meningkat menjadi 77,75 pada siklus I, dan pada siklus II mencapai 84,53.

Kata Kunci: Minat membacaKeterampilan Menulis Resensi, Pembelajaran Terpadu Model Sarang

ABSTRACT

Marsilia Ismiyati. S841003038. Improving The Writing Skill of Review Through Nested Model of Integrated Teaching Toward XII Science Two Class in SMA Negeri 3 Cilacap 2011/2012 Academic Year. The First Commission of Consultant Prof. Dr. H. Sarwiji Suwandi, M.Pd. The Second Consultant Dr. Hj. Andayani, M. Pd. Thesis.Indonesian Education Program of Postgraduate Program of Surakarta Sebelas Maret University.
The aims of this classroom action research are to improve the reading interest of student through nested models and to improve the writing skill through nested model. This research was conducted at XII science 2 class in SMA Negeri 3 Cilacap because the researcher is a teacher in SMA Negeri 3 Cilacap. This study was done from June to December 201, because based on the basic competence, the material is in the first semester and compatible with the preparation schedule of this thesis. It is a classroom action research, so the subjects have role either as population or sample. The analyzed data are the interest in reading and review writing skill of short story collection book. The technique of collecting data are observation, interview, test, and document. The research instrument are field note, questionnaire, observation sheet, and interview result note. To guarantee the validity, the research used triangulation technique and review of the key informan. The data was classified based the research time so the data are categoorized into preliminary data, cycle I, and cycle II. Technique of the data analyze was disigned to describe the data that was taken and then compared the data by the preliminary, cycle I, and cycle II. The research was conducted in two cycles with four steps, they are planning, action, observation - interpretation, and reflection.
Based on the result of the research, it can be concluded that the nested model can improve reading interest and the review writing skill of XII Science 2 student at SMA Negeri 3 Cilacap. The reading interest improvement is shown by the students’ activity improvement in studying the example of review from internet and analyzing the strength and weaknesses of the short story intrinsict elements, the student activity improvement to discuss because they had read the material before. The writing improvement skill is shown by the number of the students who get the minimum score or who get the passing grade, from 7 students (21,88%) in preliminay to 21 students (65,63%) on the cycle I, and on cycle II become 32 students (100%). The average of test result increase too: from 72,38 in preliminary, to 77,75 in cycle I, and become 84,53 in cycle II.

Key Words: reading interest, review writing skill, nested model of integrated teaching.