MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY SISWA MELALUI METODE SAVI. (Penelitian Tindak Kelas Pada Siswa Kelas Empat Madrasah Ibtidaiyah Kumpulsari OKU Timur Tahun Ajaran 2010-2011)

Tb. Endayani: MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY SISWA MELALUI METODE SAVI. (Penelitian Tindak Kelas Pada Siswa Kelas Empat Madrasah Ibtidaiyah Kumpulsari OKU Timur Tahun Ajaran 2010-2011). Thesis. Surakarta. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2011. Pembimbing 1: Dr. Ngadiso, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Sujoko, M.A

Kata kunci : Vocabulary, Improvement, and SAVI
Thesis ini ditulis untuk menigkatkan penguasaan vocabulary siswa. Tujuan penelitian: (1) untuk mengetahui apakah metode SAVI dapat meningkatkan penguasaan vocabulary siswa kelas empat MI NU Kumpulsari OKU Timur tahun ajaran 2010-2011; dan (2) untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan metode SAVI ketika di aplikasikan untuk mengajar vocabulary.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dari bulan Mei sampai September 2011. Prosedur penelitian meliputi: mengetahui pokok masalah, merencanakan tindakan, melakukan tindakan, mengamati tindakan, merefleksikan hasil tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas empat MI NU Kumpulsari UKO Timur. Data kuantitatif diambil dari pre-test dan post-test yang dianalasis menggunakan statistik. Data kualitatif diambil dari observasi, wawancara, catatan lapangan, kuesioner, dan dokumentasi yang dianalisis melalu metode CCM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SAVI dapat meningkatkan penguasaan vocabulary siswa. Terlihat adanya peningkatan yang signifikan pada pre-test dan post-test siklus 1, dan post-test siklus 2. Siswa hanya mencapai nilai rata-rata 50.833 pada pre-test, pada post-test siklus 1 siswa mencapai nilai rata-rata 71.875, dan pada post-test siklus 2 siswa dapat mencapai nilai rata-rata 82.291. Siswa mengalami peningkatan vocabulary pada setiap indikator yang meliputi: arti kata, ejaan kata, pengucapan kata, dan penggunaan kata. Melalui metode SAVI, siswa terlibat aktif dalam proses belajar karena mereka merasa termotivasi dan mempunyai rasa percaya diri di dalam kelas. Menggunakan metode SAVI sangat efektif untuk meningkatkan kreatifitas dan rasa keingintahuan siswa dalam belajar vocabulary. Siswa mempuyai pemahaman yang bagus tentang arti kata dan mereka mengenal dengan baik kata sehari-hari, mereka dapat mengucapkan dan mengeja kata setelah tindakan dilakukan. Mereka juga dapat menggunakan kata menjadi kalimat sederhana. Tetapi, dalam mengimplemtasikan SAVI, guru harus menyediakan banyak waktu karena ada empat tahap yang harus dilalui dalam setiap pertemuan. Hal ini juga tidak mudah untuk mengontrol siswa dengan baik satu-persatu dalam melewati setiap tahap, jadi guru harus kerja keras untuk mengantisipasinya.
Beberapa saran disampaikan kepada guru bahasa Inggris, institusi, siswa, dan peneliti selanjutnya. Guru harus kreatif dalam memilih media dan metode supaya siswa bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Institusi harus menyediakan beberapa media sebagai fasilitas pendukung untuk membantu proses belajar siswa, khusunya vocabulary. Siswa harus meningkatkan motivasi mereka untuk mengikuti kegiatan belajar. Peneliti selanjutnya diharapkan memilih metode atau strategi yang kreatif yang akan diimplementasikan di kelas dan mereka diharapkan dapat menyediakan media yang menarik yang dapat meyakinkan siswa untuk menguasai materi yang akan disampaikan.

IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY THROUGH SAVI (A Classroom Action Research in the Fourth Grade of Elementary School Students Kumpulsari OKU Timur in 2010-2011 Academic Year). Thesis. Surakarta: English Education Department, Graduate School, Sebelas Marer University, 2011. Consultant 1 : Dr. Ngadiso, M.Pd Consultant 2 : Dr. Sujoko, M.A

Key word : Vocabulary, Improvement, and SAVI
This thesis was written to improve the students’ English Vocabulary Mastery. The objectives of this research are: (1) To know whether SAVI method can improve vocabulary mastery of the fourth grade students of MI NU Kumpulsari OKU Timur in 2010/2011 academic year; and (2) To know the strengths and the weaknesses of SAVI method when it is used to teach vocabulary.
The research was conducted in two cycles from May to September 2011. The procedure of this research consists of identifying problems, planning the action, implementing the action, observing the action, reflecting the result of the research. The subjects of the research are the fourth grade students of MI NU Kumpulsari OKU Timur. The quantitative data were derived from pre-test and post-test which were analyzed by using descriptive statistics. The qualitative data were derived from observation, interview, field note, questionnaire, and document analysis which were analyzed by using constant comparative method.
The result of the research shows that SAVI can improve students’ English vocabulary. There is significant improvement of students’ English vocabulary in the result of pre-test and post-test of cycle 1, and post-test of cycle 2. The students’ vocabulary mastery of pre-test was 50.833, post-test 1 was 71.875, and post-test 2 was 82.291. The students got improvement on meaning, spelling, pronunciation, and using words. Through SAVI, the students were involved actively in the learning process because they were motivated and confident in joining the class. Using SAVI was effective to raise the students’ creativity and curiosity in learning vocabulary. The students had better understanding about the meaning of words and they become more familiar with the daily words, they could pronounce and spell the words better after implementation of the research. They were also able to use the words in simple sentences. Anyhow, in implementing SAVI, teacher should provide much time because there were four steps which should be done. It was not easy for the teacher to control the students to do the phases of SAVI well. The students should do the somatic, auditory, visual, and intellectual phases. It needs more time to make the students understand the material well trough those phases.
Some suggestions will be directed to English teacher, the institution, the students, and other researcher. The teachers have to be creative in choosing media and method in order to make the students enthusiastic in joining the process of learning. To improve the students’ success in studying, the institution should be able to provide some media as the supporting facilities to help the students in learning especially vocabulary. Students should increase their motivation and enthusiasm in joining the process of teaching and learning. The next researchers choose method or strategy which will be implemented in the classroom and they should provide interesting media to ensure the students could master the material given