Penerapan Metode Mentorship Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pada Pembelajaran Klinik Keperawatan (Studi Pada Mahasiswa Akper Dr. Soedono Madiun Di RSUD Caruban)

ABSTRAK

Nunung Handayani. S541008072. Penerapan Metode Mentorship Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pada Pembelajaran Klinik Keperawatan (Studi Pada Mahasiswa Akper Dr. Soedono Madiun Di RSUD Caruban). Pembimbing (I) Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr., MM., M.Kes., PAK. (II) Dr. Hermanu Joebagjo, M.Pd. Tesis: Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2012.

Latar Belakang: Kebutuhan tenaga perawat di beberapa negara sangat tinggi, namun perawat Indonesia belum mampu memenuhi peluang tersebut karena rendahnya kompetensi perawat. Hal ini memacu institusi tenaga keperawatan untuk mencari metode yang mampu mengefektifkan pengalaman klinis mahasiswa, salah satunya adalah metode mentorship.

Tujuan: Untuk menganalisis penerapan metode mentorship dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa pada pembelajaran klinik keperawatan.

Metode: Bentuk penelitian adalah deskriptif kualitatif. Strategi penelitian adalah studi kasus terpancang tunggal. Sumber data diperoleh melalui informan, observasi, dan dokumen, dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipan pasif, analisis dokumen, dan Focus Group Discussion (FGD). Uji kepercayaan data melalui triangulasi.

Hasil: Pemateri menyampaikan materi dengan jelas dan menguasai topik pada pelatihan mentorship. Hasil self assessment pascapelatihan menunjukkan kualifikasi yang diinginkan dan yang masih harus dikembangkan adalah: mudah dihubungi, berpengetahuan tinggi, dan role model yang baik. Sedangkan kualifikasi yang dimiliki sekarang adalah bersedia berbagi pengalaman dan mengembangkan orang lain. Perencanaan mentoring ditulis dalam dokumentasi khusus, tersusun jelas, dan dapat dicapai. Kinerja mentor selama pembelajaran klinik adalah mentor sudah mampu berperan sebagai mentor, mampu mencapai perubahan mentee ke arah positif, mengidentifikasi kendala selama mentoring dan mencari solusinya, dan tidak terjadi penolakan oleh mentee. Pencapaian kompetensi mahasiswa pada pembelajaran klinik didapatkan rata-rata 89,1% dan nilai praktek rata-rata adalah 84,3.

Kesimpulan: Penerapan mentoring mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa, meskipun pencapaiannya belum 100%, namun mentoring ini mampu meningkatkan efek positif pada psikologis mentee yang bermanfaat bagi praktek klinik selanjutnya

Kata kunci: Mentorship, Pembelajaran Klinik Keperawatan, Kompetensi Perawat

ABSTRACT

Nunung Handayani. S541008072. The Application of Mentorsip Method For Improving Student’s Competence in Clinical Learning in Nursing Practice (Study on The Students of Nursing Academy, Dr Soedono Madiun at The Caruban Hospital). Advisor (I) Prof. Dr. Didik Tamtomo,dr., MM., M.Kes., PAK. (II) Dr. Hermanu Joebagjo, M.Pd.Thesis: The Study Program of Family’s Doctor in The Main Interest of Health Profesions Education at Postgraduate Program of The Sebelas Maret University. Surakarta. 2012.

Background: Need of nurses in some countries is very high, especially in Indonesia, the nurses of Indonesia have not been able to achieve these opportunities, because of the low competence of the nurses. It encourages the institution of nursing to seek a method that is able to make the clinical experience of students effective, one of which is the method of mentorship.

Objective: This analysis is intended to analyze the application of method of mentorship for improving the competence of nursing students in the clinical learning.

Method: The form of research is descriptive qualitative. The research strategy is embedded single case study. The source of data are obtained through informants, observation, and document, by the way of deep interviews, passive participant observation, document analysis, and Focus Group Discussion (FGD), and data reliability test through triangulation.

Result: The speaker conveys and masters the topics clearly on the mentorship training. The self assessment result shows a desirable qualification and it should be developed, those are accessible, knowledgeable, good at role model. While the presently owned qualifications are willing to share experiences develop others. The mentoring planning is written in a specific document, clearly structured, and can be achieved. The mentors’ performances during the clinical learning are that the mentors can act as a mentor and change the mentees positively, and identify the obstacles, and make the solutions during mentoring, and there aren’t any rejections by the mentees. The achievement of the student’s competence in the clinical learning obtained an average of 89.1%, and the average score of the practice is 84.3.

Conclusion: The application of mentoring can increase the competence of the students, although it is not 100% achievement, but mentoring is able to increase the positive effects on the mentees’ psychology that is useful to the subsequently clinical practice.

Key word: Mentorship, Clinical Learning in Nursing, Nursing Competence