Keefektifan dari Collaborative Strategic Reading (CSR) dibandingkan dengan Direct Instruction Method untuk mengajar membaca dilihat harga diri siswa” (Sebuah Penelitian Eksperimental pada siswa kelas dua di SMA Muhammadiyah Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012)

ABSTRAK

ANIK YULAIKA. S891008004. “Keefektifan dari Collaborative Strategic Reading (CSR) dibandingkan dengan Direct Instruction Method untuk mengajar membaca dilihat harga diri siswa” (Sebuah Penelitian Eksperimental pada siswa kelas dua di SMA Muhammadiyah Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012). Thesis. Surakarta: Jurusan Pendidikan Inggris, Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2012. Pembimbing kesatu: Dr. Abdul Asib, M.Pd dan pembimbing kedua: Dr. Ngadiso, M.Pd.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah; (1) Collaborative Strategic Reading lebih efektif dari pada Direct Instruction Method untuk mengajar membaca; (2) Siswa-siswa yang mempunyai harga diri yang tinggi mempunyai keahlian membaca lebih baik dari pada siswa yang mempunyai harga diri rendah; dan (3) ada hubungan antara metode mengajar dan harga diri siswa dalam mengajar membaca.
Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pada tahun pelajaran 2011/2012. Populasinya adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012. Populasinya terdiri dari delapan kelas (255 siswa). Penelitian yang digunakan adalah pengambilan sampel acak berkelompok untuk memperoleh sampel. Sampelnya terdiri dari 2 kelas: (1) 32 siswa dari kelas IPA1 dan (2) 32 siswa dari kelas IPA 2. Penelitiannya adalah penelitian eksperimental. Ada dua instrument dalam bentuk tes untuk memperolah data: (1) 40 soal untuk kuesioner harga diri dan (2) 40 soal untuk tes membaca. Kedua instrument tersebut sudah valid dan dapat dipercaya setelah keduanya di ujicobakan di kelas XII IPA 2. Data diperoleh dari tes membaca dan dianalisa dengan multifaktor analisis varians 2 X 2 (ANOVA). Kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan tes Tukey.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan, penelitian ini mencapai beberapa penemuan: (1) Collaborative Strategic Reading lebih effective dari Direct Instruction Method untuk mengajar membaca pada siswa kelas dua SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012; (2) Siswa yang mempunyai harga diri tinggi mempunyai keahlian membaca lebih baik dari pada para siswa dengan harga diri yang rendah untuk siswa kelas dua SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012; dan (3) ada hubungan antara metode mengajar dengan harga diri siswa dalam mengajar membaca pada siswa kelas dua SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil-hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Collaborative Strategic Reading merupakan sebuah metode yang sangat efektif untuk mengajar membaca pada siswa kelas dua SMA Muhammadiyah tahun pelajaran 2011/2012; dan (2) Keefektifan dari sebuah metode dipengaruhi oleh tingkat harga diri para siswa. Mudah-mudahan hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi para guru dalam memilih dan menentukan metode mengajar yang cocok yang digunakan untuk mengajar kelas mereka.

Kata kunci: collaborative strategic reading, direct instruction method, harga diri

ABSTRACT

ANIK YULAIKA. S891008004. “The Effectiveness of Collaborative Strategic Reading (CSR) compared with Direct Instruction Method to teach reading viewed from students’ self-esteem (An Experimental Study at the Second Grade Students of SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo in the Academic Year of 2011/2012). Thesis. Surakarta: English Education Department, Graduate School, Sebelas Maret University of Surakarta. 2012. The first consultant: Dr. Abdul Asib, M.Pd and the second consultant: Dr. Ngadiso, M.Pd.

This research is intended to know whether; (1) Collaborative Strategic Reading is more effective than Direct Instruction Method to teach reading; (2) Students who have high self-esteem have better reading skill than students who have low self-esteem; and (3) There is an interaction between teaching methods and students’ self-esteem in teaching reading.
The research was carried out at SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo in the 2011/2012 Academic Year. The population was the XI students of SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo in the 2011/2012 Academic Year. It consists of eight classes (255 students). The research used cluster random sampling to get the sample. It consists of two classes: (1) 32 students of Science 1 Class, and (2) 32 students of Science 2 Class. The research was an experimental study. There are two instruments in the form of test for collecting data: (1) 40 items of self-esteem questionnaire and (2) 40 items of reading test. The two instruments were valid and reliable after both were tried out to the XII Science 2 Class. The data were the result of reading test and analyzed by multifactor analysis of variance 2 x 2 (ANOVA). Then, it was analyzed by using Tukey test.
Based on the result of inferential analysis of the data, this research comes to some findings: (1) Collaborative Strategic Reading is more effective than Direct Instruction Method for teaching reading to the second grade students of SMA Muhammadiyah 1 in the 2011/2012 academic year; (2) The students who have high self-esteem have better reading skill than the students who have low self-esteem of the second grade students of SMA Muhammadiyah 1 in the 2011/2012 academic year; and (3) There is an interaction between teaching methods and students’ self-esteem in teaching reading to the second grade students of SMA Muhammadiyah 1 in the 2011/2012 academic year.
Based on the research findings, it can be concluded that: (1) Collaborative Strategic Reading is a very effective method for teaching reading to the second grade students of SMA Muhammadiyah 1 in the 2011/2012 academic year; and (2) The effectiveness of the method is influenced by the level of the students’ self-esteem. Hopefully, the result of this research will be useful for teachers in order to choose and determine the suitable teaching method used in their class.

Key word: collaborative strategic reading, direct instruction method, self-esteem