Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Game Based Learning (Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Game) Untuk Pelajaran Fisika Kelas VII Semester II Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Pada SMP Negeri 2 Ampel)

ABSTRAK

Jamaluddin Adiwijaya, S810809018. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Game Based Learning (Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Game) Untuk Pelajaran Fisika Kelas VII Semester II Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Pada SMP Negeri 2 Ampel). Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing I, Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd. Pembimbing II, Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah mengembangkan bahan ajar berbasis Game Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Fisika Kelas VII Semester II di SMP N II Ampel?; 2) Bagaimanakah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis Game Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Fisika Kelas VII Semester II di SMP N II Ampel?.
Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ampel, Boyolali ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada model langkah-langkah penggunaan Metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono. Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari aspek potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Selain itu, dalam merancang produk menggunakan model ASSURE yang terdiri dari Analyze Learners (Menganalisa Pembelajar), State Objectives (Perumusan Tujuan), Select instructional methods, media, and materials (Pemilihan Metode, Media, dan Bahan), Utilize Media And Materials (Memanfaatkan Media dan Bahan), Require Learner Participation (Mengaktifkan Pembelajar), dan Evaluate and Revise (Evaluasi dan Revisi).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Pengembangan bahan ajar berbasis Game Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Fisika Kelas VII Semester II di SMP N II Ampel dilakukan dalam 10 langkah. Dalam uji coba yang terakhir dilakukan adalah dengan uji coba pemakaian. Pada uji coba ini dilakukan eksperimen kuasi pada kelompok atau pemakai bahan ajar yang sebenarnya dengan menggunakan model Pretest-Posttest, Non-Equivalent Control Group Design yang mengelompokkan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dari teknik analisis independent sample t-test diperoleh signifikansi 0.002 atau kurang dari taraf signifikasi (a) 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada pengujian pemakaian ini ada perbedaan prestasi kelompok kontrol (menggunakan bahan ajar lama) dan kelompok eksperimen (menggunakan bahan ajar fisika berbasis Game Based Learning). Dengan kata lain bahan ajar baru (bahan ajar fisika berbasis Game Based Learning) lebih baik dari pada bahan ajar lama. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis Game Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Fisika Kelas VII Semester II di SMP N II Ampel terdapat beberapa langkah, yaitu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan bahan ajar dan menjelaskan penggunaannya, menyiapkan perangkat keras (komputer), menggandakan file game kuis flash interaktif ke dalam komputer, memberikan penjelasan penggunaan game kuis flash interaktif, dan menjalankan game kuis flash interaktif.

ABSTRACT

Jamaluddin Adiwijaya, S810809018. 2010. Development of Instructional Materials Based on Game Based Learning (the Game Application for Learning) for Physics Class VII Semester II of Junior High Schools (Studies in SMP Negeri 2 Ampel). Thesis. Education Technology Master Program, Postgraduate Program, Sebelas Maret University of Surakarta. Tutor I, Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd. Tutor II, Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd

The aims of this research are to determine: 1) How to develop instructional materials based on Games Based Learning to improve learning achievement in physics lessons in Class VII Semester II in SMP II Ampel?; 2) How implement learning by using instructional materials based on Games Based Learning to improve performance Physics lessons learned in Class VII Semester II in SMP II Ampel?.
The research in SMP Negeri 2 Ampel, Boyolali is research and development (R and D). The steps in this research refers to Method Research and Development (R & D) is expressed by Sugiyono. The steps of Method Research and Development (R & D) is expressed by Sugiyono are potential and problems aspects, data collection, product design, design validation, design revisions, product trials, product revision, test usage, product revision, and mass production. Additionally, in designing a product using the ASSURE model consisting of Analyze Learners, State Objectives, Select instructional methods, media, and materials, Utilize Media And Materials, Require Learner Participation, and Evaluate and Revise.
The research concluded that: 1) The development of instructional materials based on Game Based Learning to improve learning achievement in physics lessons in Class VII Semester II in SMP N II Ampel done for 10 steps. In the last test performed was to test the use. At the trial is conducted on a group quasi-experimental or actual users of instructional materiby using Pretest-posttest model, Non-Equivalent Control Group Design the grouping between the control and experimental groups. Of analytical techniques independent sample t-test significance obtained 0.002 or less than the significance level (a) 0.05. Thus, it can be concluded that the use of this test there are differences in the control group performance (using the old materials) and the experimental group (using physics- instructional materials based on Game Based Learning). In other words, new instructional materials (physics-instructional materials based on Game Based Learning) is better than the old materials. 2) Implementation of learning by using instructional materials based on Games Based Learning to improve learning achievement in physics lessons in Class VII Semester II SMP N II Ampel there are several steps, there are makes Learning Implementation Plan (RPP), preparing instructional materials and explain its use, set up the hardware (computer), doubling the flash interactive quiz game files into the computer, explains the use of interactive flash quiz games, and run interactive flash quiz games.