Pembelajaran Sejarah pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan Sekolah Standar Nasional (Studi Kasus di SMA N 3 dan SMA N 1 Madiun)

ABSTRAK
Hartutik, S861008012. 2012. Pembelajaran Sejarah pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan Sekolah Standar Nasional (Studi Kasus di SMA N 3 dan SMA N 1 Madiun). April 2012. Komisi Pembimbing I : Prof. Dr. Sugiyanto, Pembimbing II : Dra. Sutiyah, M.Pd, M.Hum. Tesis : Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pembelajaran sejarah yang dilakukan pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMA N 3 Madiun dan Sekolah Standar Nasional (SSN) SMA N 1 Madiun, baik dalam membuat perangkat pembelajaran (Silabus dan RPP) maupun kegiatan pembelajarannya, dan (2) Pengetahuan sejarah yang diperoleh siswa pada RSBI SMA N 3 dan SSN SMA N 1 Madiun.
Penelitian ini dilakukan pada RSBI SMA N 3 Madiun dan SSN SMA N 1 Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus tunggal terpancang. Sumber data terdiri dari nara sumber (guru sejarah, siswa SMA N 3 dan SMA N 1 Madiun), dokumen (kurikulum, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku-buku pelajaran yang digunakan, dokumen tugas siswa, dan sistem penilaian). Teknik pengumpulan data digali melalui: wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan yang berinteraksi dengan pengumpulan data secara siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat persamaan dan perbedaan dalam pembelajaran sejarah di SMA N 3 dengan SMA N 1 Madiun pada semester satu baik dari segi perencanaan maupun kegiatan pembelajarannya. Persamaannya terletak pada perangkat pembelajaran baik silabus maupun RPP, terutama dalam komponen yang lain dan dengan langkah-langkah kegiatan belajar mengajar yang terperinci. Perbedaannya terletak pada: (a) Kegiatan pembelajaran di SMA N 3 tidak mengangkat tema sejarah lokal tetapi sudah memasukkan unsur-unsur pendidikan karakter bangsa (PKB); (b) Di SMA N 1 Madiun mengangkat tema sejarah lokal namun belum memasukkan unsur-unsur pendidikan karakter bangsa (PKB); (c) Di SMA N 3 Madiun kegiatan pembelajaran sejarah yang dilakukan di kelas XII IPS belum sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi dasar (KD) semester 1 dan 2 disusun untuk semester 1; (d) Di SMA N 1 Madiun SK dan KD sudah sesuai untuk masing-masing semester; (2) Terdapat persamaan dan perbedaan pengetahuan yang diperoleh antara siswa SMA N 3 dengan SMA N 1 Madiun. Perbedaan tersebut terletak pada kedalaman pengetahuannya, sedangkan persamaannnya terletak pada sama-sama termasuk kedalam kategori pengetahuan deklaratif atau pengetahuan faktual dan konseptual.

Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Sekolah Menengah Atas, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, dan Sekolah Standar Nasional.

ABSTRACT

Hartutik, S861008012. 2012. Learning History on The Pioneer an International School and School of National Standards (Case Study in SMA N 3 and SMA N 1 Madiun). The first commissions of supervision: Prof. Dr. Sugiyanto. The second supervisions is Dra. Sutiyah, M.Pd, M.Hum. Thesis: History Education Program, Post Graduate, Sebelas Maret University of Surakarta. April 2012.

This research aims to find out: (1) Learning history made on the Pioneer an International School (RSBI) SMA N 3 Madiun and School of National Standards (SSN) SMA N 1 Madiun, both in making learning device (Syllabus and RPP) as well as analytical study activities, and (2) knowledge of history students obtained on RSBI SMA N 3 Madiun and SSN SMA N 1 Madiun.
This research was conducted on RSBI SMA N 3 and SSN SMA N 1 Madiun. This research uses qualitative methods with a single case study of the station. Data source consists of a resource person (history teacher, students in SMA N 3 N 1 Madiun), documents (curriculum, syllabus, learning implementation plans (RPP), textbooks used, document the assignment of students, and the system assessment). Techniques of data collection was excavated through: interviews, observations, and analysis of documents. The validity of the data done by the technique of triangulation of methods and sources. Data analysis using interactive analysis with three stages of analysis it is reduction of the data, display of the data, and draw conclusions that interact with data collection in cycles.
The results of this research show that: (1) There are similarities and differences in learning history in SMA N 3 with SMA N 1 Madiun in the first semester one both in terms of planning and learning activities. The equation is located on good learning syllabus as well as RPP, especially within other components and with the steps the detailed teaching and learning activities. The difference is in: (a) Learning Activities in SMA N 3 is not the theme of local history but already incorporate elements of education the nation character (PKB); ( b ) At SMA N 1 Madiun up the theme local history but not include education the nation character (PKB); (c) In SMA N 3 Madiun learning activities history in a classroom XII IPS not accordance with the been made, Standard Competencies (SK) and Basic Competencies (KD) semester 1 and 2 composed for semester 1; (d) In SMA N 1 Madiun SK and KD is according to each semester; (2) There are similarities and differences between the obtained knowledge of high school students with SMA N 3 and SMA N 1 Madiun. The difference lies in the depth of his knowledge, whereas equally is located on the same declarative knowledge or includes into categories of conceptual and factual knowledge.

Keywords: Learning History, High School, Pioneer an International School, and School of National Standards.