Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Kebidanan

ABSTRAK

Angesti Nugraheni. S541102006. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Kebidanan. Tesis. Komisi Pembimbing I: Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd. Komisi Pembimbing II: Arsita Eka Prasetyawati, dr., M.Kes. Pascasarjana Program Studi Magister Kedokteran Keluarga. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dengan lingkungan. Dalam proses pembelajaran, pendidik harus memiliki strategi agar siswa dapat mencapai tujuan atau hasil belajar yang efektif dan optimal. Salah satu faktor yang mendukung dalam mencapai hasil belajar yang optimal adalah dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran visual dan audiovisual serta gaya belajar field dependent dan field idependent terhadap prestasi belajar.

Desain penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sejumlah 71 mahasiswa yang mendapatkan mata ajar Konsep Kebidanan pada Tahun Akademik 2011/2012. Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang gaya belajar siswa dan tes prestasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data dalam penelitian yaitu menggunakan uji Anava dengan bantuan program SPSS.

Hasil analisis data diperoleh nilai F hitung untuk media pembelajaran adalah 7.71 dengan signifikansi 0.01, nilai F hitung untuk gaya belajar adalah 54.11 dengan signifikansi 0.00 dan F hitung untuk interaksi adalah 1.26 dengan signifikansi 0.27.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran visual dan audiovisual terhadap prestasi belajar. Media pembelajaran audiovisual lebih berpengaruh daripada media pembelajaran visual dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Ada perbedaan pengaruh gaya belajar FD dan FI terhadap prestasi belajar. Gaya belajar FI lebih baik daripada gaya FD dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Tidak ada interaksi antara media pembelajaran visual dan audiovisual dengan gaya belajar FD dan FI terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Gaya Belajar, Prestasi Belajar

ABSTRACT

Angesti Nugraheni. S541102006. 2012. The Effect of Learning Media and Learning Styles on Student Learning Achievement in Midwifery Concept. Thesis. The First Commission Mentor: Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd., The Second Supervisor: Eka Arsita Prasetyawati, dr., M.Kes. Graduate Mastery Family Medicine Program. Sebelas Maret University of Surakarta.

Learning is a process of interaction between educators and learners with learning resources to the environment. In the learning process, educators must have a strategy for students to achieve learning objectives or outcomes of effective and optimal. One of the factors that support learning in achieving optimal results is to use appropriate learning media and pay attention to student’s learning styles. The purpose of this study was to determine the differences effect in the use of audiovisual learning media and visual learning media and field dependent (FD) - field independent (FI) learning styles of learning achievement.

The design of this study using quasi-experimental. The sampling technique in this study using purposive sampling with a sample of some 71 students who have studied the concept of Midwifery, Academic Year 2011/2012. The data were collected by questionnaire about students learning styles and learning achievement tests that have tested the validity and reliability. The data were analyzed using ANAVA test with SPSS.

The analysis of data obtained F values calculated for a media of learning is 7.71 with a significance of 0.01, the value of F calculated for the learning styles is 54.11 with a significance of 0.00 and F calculated for the interaction is 1.26 with a significance of 0.27.

From the research we can conclude that there are differences effect of the use of visual and audiovisual media in learning achievement. Audiovisual learning media more influential than visual learning media to improve student learning achievement. There are differences effect of FD and FI learning styles in learning achievement. FI learning styles better than FD learning styles in student learning achievement. There was no interaction between visual and audiovisual learning media with FD and FI learning styles of learning achievement.

Keywords: Learning Media, Learning Styles, Learning Achievement