Penggunaan Media Sistem Informasi Geografi (SIG) Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII 4 pada Mata Pelajaran IPS Geografi di SMP Negeri 1 Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Pelajaran 2011/2012

ABSTRAK

Jantur Sunaryo. 2012. Penggunaan Media Sistem Informasi Geografi (SIG) Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII 4 pada Mata Pelajaran IPS Geografi di SMP Negeri 1 Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Pelajaran 2011/2012. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U., II: Dr. H. Suwarto WA,. M.Pd. Program Studi PKLH Minat Utama Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sistem Informasi Geografi (SIG) Pembelajaran. SIG adalah merupakan sistem komputer yang powerful sangat baik dalam menangani basis data Spasial maupun non-sapsial. Sistem ini merealisasikan lokasi geografis (data Spasial) sehingga memungkinkan para pengguna untuk secara mudah membuat peta (analog atau peta bersifat statis dan digital) dan kemudian menganalisa, mengorganisasikan data dan sekaligus digunakan untuk mempresentasikan data yang ditampilkan dengan sistem Layer (lembaran tematik). Dengan sistem Layer inilah tampilan peta bisa ditampikan secara terpisah (per-Layer) yang bisa digunakan untuk mempermudah pemahman peta. Di dalam kurikulum Sekolah Menengah Pertama ada muatan mata pelajaran Geografi yang materinya membahas masalah peta. Penggunaan media SIG dalam pembelajaran dirasa sangat penting yang akan bisa mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pelajaran peta sehinga siswa akan senang terhadap mata pelajaran Geografi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar IPS Geografi dengan menggunakan media Sistem informasi geografi (SIG) pembelajaran.
Penelitian ini dengan subyek penelitian siswa kelas VII 4 SMP Negeri 1 Kualasimpang dengan menggunakan Media Sistem Informasi Geografi (SIG) Pembelajaran berbantuan metode inquiry, tanya jawab dan diskusi untuk mengaktifkan kegiatan pembelajaran IPS Geografi. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus satu kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan minat dan hasil belajar IPS Geografi di kelas VII 4 dan melibatkan, peneliti sebagai guru kelas, guru kelas IPS Geografi kelas VII 4 sebagai pengamat, dan seorang guru IPS lain sebagai kolaborator. Data yang diperoleh dari pengamatan, wawancara, dokumentasi dan tes. Data tentang minat siswa dalam pembelajaran diperoleh melalui tes dan pengamatan sesudah tindakan dan selanjutnya dianalisis untuk membandingkan: (1) minat belajar sebelum tindakan dengan sesudah tindakan; dan (2) hasil pengamatan tiap siklus terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran. Data tentang hasil belajar diperoleh dari hasil tes evaluasi pada akhir proses pembelajaran di setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran IPS Geografi menggunakan media sistem informasi geografi (SIG) pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar, (2) Skor minat belajar berdasarkan pengamatan indikator pada siklus I rerata 53,7, siklus rerata II 54,8, siklus III rerata 60,2, (3) Nilai hasil belajar siswa pada siklus I rerata 43,24,siklus II rerata 66,22 Siklus III rerata 72,16.

Kata-kata kunci : Minat, Hasil belajar, dan Media Sistem Informasi (SIG) Pembelajaran.

ABSTRACT

Jantur Sunaryo. 2012. The Use of Geographic Information System Media for Learning to Improve the Learning Interest and Result in Social Science of Geography Subject Matter of the Students in Grade VII 4 of State Junior Secondary School 1 of Kualasimpang, Aceh Tamiang Regency Academic Year 2011/2012. Thesis: Principal Advisor: Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U., Co-advisor: Dr. H. Suwarto WA., M.Pd. The Graduate Program in Population and Environmental Education, Sebelas Maret University, Surakarta.

The Geographic Information System (GIS) is a very good and powerful computer system to analyze the spatial and non-spatial data bases. This system realizes the geographic (spatial) data so that its users can easily make a map (analog or static or digital one); the users can analyze, organize, and present the data in a layer system (thematic sheets). With this layer system, the display of the map can be presented separately (per layer), which can be used to make the users easily understand the map. In the curriculum of Junior Secondary School, there is a Geography subject matter in which one of the learning materials discusses map. The use of GIS is felt very important to make the students easily understand the learning material as well as to make them excited of Geography subject matter.
This research used the classroom action research method so as to improve the students’ learning interest and result in Social Science of Geography subject matter by using the Media of Geographic Information System for Learning.
The subjects of the research were the students in Grade VII 4 of State Junior Secondary School 1 of Kualasimpang by using the Media of Geographic Information System for Learning with inquiry, question and answer, and discussion methods so as to activate the activities of Social Science of Geography subject matter. The research involved three teachers, namely: the researcher as a class teacher, one Geography teacher as an observer, and one other Social Science teacher as a collaborator. It used three cycles and each cycle consisted of one meeting. The focus of the research was the improvement of the students’ learning interest and result in Geography. The data of the research were gathered through observation, in-depth interview, documentation, and test of achievement. The data of the students’ learning interest were gathered through test and through observation following the treatment. The data were then analyzed to compare: (1) the students’ learning interest prior to and following the treatment; and (2) the result of observation on the students’ learning activities in each cycle. The data of the learning result were obtained from the result of achievement test which was conducted at the end of the learning process of each cycle.
The results of the research show that: (1) the learning of Social Science of Geography subject matter through the use of the Media of Geographic Information System for Learning can improve the students’ learning interest and result; (2) the average scores of the students’ learning interest based on the indicator observation are 53.7 in Cycle I, 54.8 in Cycle II, and 60.2 in Cycle III respectively; and (3) the average scores of the students’ learning result are 43.24 in Cycle I, 66.22 in Cycle II, and 72.16 in Cycle III respectively.

Keywords: Learning interest, learning result, and the Media of Geographic Information System for Learning