Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Suasana Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang

Haryono. NIM. S.810908306. 2009. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Suasana Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang; (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh suasana kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang; (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan suasana kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Penelitian dilakukan di SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri Satu Atap Kerugmunggang Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang sebanyak 54 guru. Dari populasi tersebut keseluruhannya dijadikan sampel dalam penelitian.Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, dengan uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linearitas.

Hasil Penelitian: (1) terdapat hubungan positif variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan variabel kinerja guru yang ditunjukkan dengan besarnya nilai t sebesar 6,253 > 1,676 (t hitung > t tabel) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (<0,005). Sumbangan efektif variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah sebesar 25,76% dapat diinterpretasikan bahwa 25,76% variasi yang ada pada variabel kinerja guru dapat diprediksikan oleh variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah; (2) terdapat hubungan positif variabel suasana kerja dengan kinerja guru yang dibuktikan dengan besarnya nilai t sebesar 6,615 > 1,676 (t hitung > t tabel) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (<0,005). Sumbangan efektif variabel suasana kerja sebesar 31,11% dapat diinterpretasikan bahwa 31,11% variasi yang ada pada variabel kinerja guru dapat diprediksikan oleh variabel suasana kerja; dan (3) terdapat hubungan positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dan suasana kerja secara bersama dengan kinerja guru, yang dibuktikan dengan besarnya nilai F sebesar 33,690 dengan nilai sig sebesar 0,000 (<0,005).

Kata Kunci: Gaya kepemimpinan kepala sekolah, suasana kerja, kinerja guru