Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Gondang, Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012)

ABSTRAK

Niken Larasati. S841102010. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Gondang, Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012). TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr.St.Y.Slamet, M.Pd, II: Dr. Nugraheni Eko Wardhani, M.Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kemampuan menulis puisi merupakan salah satu kemampuan bidang apresiasi sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) kualitas proses pembelajaran menulis puisi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture; dan 2) kualitas hasil pembelajaran, yaitu kemampuan menulis puisi dengan memperhatikan unsur stuktur fisik dan struktur batin puisi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 2 Gondang, Sragen, dengan subjek siswa kelas VII C. Jumlah siswa 32 anak, dengan rincian 16 laki-laki dan 16 perempuan. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, analisis dokumen dan tes. Sedangkan validasi data yang digunakan adalah teknik triangulasi yang didasarkan pada proses tindakan. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil menulis puisi pada siswa-siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Gondang, Sragen. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tersebut ditandai dengan meningkatnya kinerja siswa. Rerata kinerja siswa pratindakan 58,32 meningkat pada siklus I sebesar 72,36; siklus 2 sebesar 89,73; dan siklus 3 mencapai 98,95.
Peningkatan kualitas hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas tuntas. Pada kondisi awal (pratindakan ) 13 siswa dari 32 (40,60%) meningkat pada siklus I yakni 22 siswa dari 32 siswa (68,75%). Pada siklus II menjadi 26 siswa (81,25%) dan meningkat lagi pada siklus III, yaitu 32 siswa (100%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif digunakan pada pembelajaran menulis puisi. Implikasinya, dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture ini dapat diterapkan.

Kata kunci: menulis puisi, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture

ABSTRACT

Niken Larasati. S841102010. 2012. The Improvement of The Ability of Writing Poetry With The Implementation of Cooperative Learning Model of Picture and Picture Type (Classroom Action Research on Students of Class VII C of SMP Negeri 2 Gondang, Sragen Academic Year 2011/2012). THESIS. Mentors I: Prof. Dr.St.Y.Slamet,M.Pd, II: Dr.Nugraheni Eko Wardhani,M,Hum. The Graduate Study Indonesian Language Education Postgraduate Program Sebelas Maret University Surakarta.

The ability to write poetry is one of the areas of literature appreciation skills to bemastered by junior high students. Proper application of the learning model is to be considered by a teacher, so that learning objectives can be achieved.
The purpose of this study is to improve: 1) the quality of the learning process of writing poetry with the implementation of cooperative learning model of the type of picture and picture, and 2) the quality of learning outcomes, the ability to write poetry by considering the elements of the physical structure and inner structure of the poetry.
Classroom Action Research (PTK) carried out in SMP Negeri 2 Gondang, Sragen, the subject of class VII C. The number of students 32 children, with consist of 16 boys and 16 girls. The research process was implemented in three cycles include four stages, namely the planning phase, implementation phase, observation phase, and analysis and reflektion phase, Techniques of collecting the data are interviews, observation, document analysis and tests. While validation of the data used is the technique of triangulation is based on a process of action. Data analysis was carried out quantitatively and qualitatively.
Based on this research, we can conclude that there is an increase in the quality of learning, both the process and the writing of poetry to students in class VII C of SMP Negeri 2 Gondang, Sragen. Improving the quality of the learning process is characterized by an increased student performance. Of the inition conditions the average student performance on the cycle I increased 58.32 for 72.36; cycle 2 for 89.73; and cycle 3 reaches 98.95.
Improving the quality of learning outcomes is characterized by the increasing number of students who reach the limit completely. On the initial conditions 13 students from 32 (40.60%) increase in cycle I which is 22 students from 32 students (68.75%). In the second cycle to 26 students (81.25%) and increased again in the cycle III, the 32 students (100%). These results indicate that cooperative learning model of type picture and picture on the effective use in learning of writing poetry. The implication, in improving the ability to write poetry, cooperative learning model of picture and picture type can be applied.

Key words: writing poetry, cooperative learning model picture and picture type