Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan Dengan Kemampuan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli Siswa Putra Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009

Slamet Suwondo. 2009. Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan Dengan Kemampuan Servis Atas Dalam Permainan Bola Voli Siswa Putra Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret
Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Hubungan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis atas dalam permainan bola voli siswa putra kelas IX SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/ 2009. (2) Hubungan antara panjang lengan dengan kemampuan servis atas dalam permainan bola voli siswa putra kelas IX SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/ 2009. (3) Hubungan antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan kemampuan servis atas dalam permainan bola voli siswa putra kelas IX SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/ 2009.
Lokasi penelitian yang diambil adalah di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. Populasi sebesar 115 siswa dengan sampel 40 siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji prasyarat yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, dan linearitas.

Hasil penelitian ini adalah (1) Kekuatan Otot Lengan berhubungan dengan Kemampuan Servis Atas. Hasil koefisien korelasi untuk hubungan kedua variabel ini adalah sebesar 0,512, kemudian dari angka korelasi ini dapat ditaksir dalam koefisien determinasi sebesar 0,262. Angka ini dapat diinterhasilkan bahwa 26,2% variasi yang ada pada variabel kemampuan servis atas dapat diprediksikan oleh variabel kekuatan otot lengan. Hasil nilai t hitung sebesar 3,675 > 1,684 maka Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan positif variabel kekuatan otot lengan dengan variabel kemampuan servis atas teruji kebenarannya. (2) Panjang Lengan berhubungan dengan Kemampuan Servis Atas. Hasil koefisien korelasi untuk hubungan kedua variabel ini adalah sebesar 0,484, kemudian dari angka korelasi ini dapat ditaksir dalam koefisien determinasi sebesar 0,234. Angka ini dapat diinterhasilkan bahwa 23,4% variasi yang ada pada variabel kemampuan servis atas dapat diprediksikan oleh variabel panjang lengan. Hasil nilai t hitung sebesar 3,409 > 1,684 maka Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan positif variabel panjang lengan dengan variabel kemampuan servis atas teruji kebenarannya. Hal ini berarti semakin tinggi panjang lengan, akan semakin tinggi pula kemampuan servis atas. (3) Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan berhubungan Secara Bersama-Sama Dengan Kemampuan Servis Atas. Hasil nilai F hitung sebesar 10,050 dengan taraf signifikan 0,000 yang berarti terdapat hubungan positif kekuatan otot lengan dan panjang lengan secara bersama dengan kemampuan servis atas.

Kata kunci: Kekuatan otot lengan, panjang lengan, dan kemampuan servis atas