Budaya Organisasi, Iklim Komunikasi Organisasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Pengaruh Budaya Organisasi dan Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2011)

Abstrak

Sri Wahyu Ening Handayani. S231008018, Budaya Organisasi, Iklim Komunikasi Organisasi Dan Kinerja Karyawan (Studi Pengaruh Budaya Organisasi dan Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta Tahun 2011). Pembimbing I : Sri Hastjarjo, S.Sos.,Ph.D, Pembimbing II : Drs. Surisno Satrio Utomo, M.Si. Tesis : Program Studi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh yang signifikan budaya organisasi dan iklim komunikasi organisasi secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah budaya organisasi dan iklim komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta? Sebagai acuan dalam penelitian ini menggunakan teori Schein (1991) yang menyatakan budaya organisasi adalah seperangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilai-nilai, dan norma yang dikembangkan dalam organisasi yang dijadikan pedoman tingkah laku bagi anggota-anggotanya untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal. Muhammad (2002), mendefinisikan iklim komunikasi organisasi merupakan kualitas pengalaman anggota yang bersifat obyektif mengenai lingkungan internal organisasi, yang mencakup persepsi anggota organisasi terhadap pesan dan hubungan pesan dengan kejadian yang terjadi dalam organisasi itu. Mangkunegara (2009) mengartikan kinerja karyawan (prestasi karyawan) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatory (eksplanation research), yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antara variable-variabel serta menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruah karyawan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden. Tehnik pengambilan sampel secara proportionate stratified random sampling digunakan untuk mengambil sampel tersebut. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows.

Hasil penelitian secara parsial menghasilkan variabel budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 16.6% dan iklim komunikasi organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 68,4%. Secara simultan menghasilkan variabel budaya organisasi dan variabel iklim komunikasi organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 51,3%.

Kata Kunci: Budaya Organisasi, Iklim Komunikasi Organisasi dan Kinerja Karyawan

Abstract

Sri Wahyu Ening Handayani, S2 31008018, Culture Organization, Climate of Organization Communication and the Performance of Employees (The Study of The Influence of Organization Culture and the Climate of Organization Communication against The Performance at PKU Muhammadiyah Hospital Surakarta The Year 2011), Consultant I : Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D, Consultant II : Drs. Surisno satrio Utomo, M.Si. Thesis : Study Program of Communication Science Prostgraduate Program Sebelas Maret University Surakarta.

This research aims to know and explain the significant influence of organization culture and the climate of organization communication simultaneously and partially against the performance of employees at PKU Muhammadiyah Hospital Surakarta.

The major problem of this research is what the organization culture and the climate of organization communication has influenced toward the employee performance at PKU Muhammadiyah Hospital In Surakarta ? As the standard of this research used Schein (1991) theory which stated that the organization culture is a tool of assumption or trust system, values, and rules which are developed in an organization that is to be principle of attitude for the members in solving external adaptation problem and internal integration. Muhammad (2002), defines that the climate of organization communication is the quality of the members experience which has objectivity in the organization internal environment, which has scope the perception of organization members toward messages and the messages related to what happens in that organization. Mangkunegara (2009) explains that the employee performance (employees achievement) is the working result based on quality and quantity that was reached by an employee in doing his job suitable with responsibility in given to our.

This research uses explanation research method it is a research that explains the relationship among variables and examines hyphotesis that has been formulated previously. Population in this research is all the employees of PKU Muhammadiyah Hospital. The sample of this research consists of 86 respondents. The sample is taken by proportionate stratified random sampling used to take it. Model of the analysis used in this research is multilinier regression with the help of SPSS Version 16.0 program for windows.

Partial research result produces variable of organization culture influencing significantly against the performance of employees 16.6 % and the climate of organization communication influences significantly to the employees performance 68,4%. Simultaneously it produces variables of organization culture and variables of the climate of organization communication influencing significantly against the performance of employees 51,3%.

Keywords: Organization Culture, Climate of Organization Communication, and The Performance of Employees