Dampak Sertifikasi Pendidik Pada Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Katolik Di Surakarta

ABSTRAK

Heny Probowati Srimartati. 2012. Dampak Sertifikasi Pendidik Pada Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Katolik Di Surakarta. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc, II: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan tujuan untuk: 1). Menjelaskan bagaimana dampak sertitikasi pendidik bagi upaya peningkatan profesionalisme guru Pendidikan Agama Katolik di kota Surakarta. 2). Menemukan kendala apa saja yang menjadi faktor penghambat yang dialami guru dalam meningkatkan profesionalisme pasca sertifikasi serta upaya-upaya dalam mengatasi kendala yang muncul. 3). Menguraikan profesionalisme guru Pendidikan Agama Katolik di Surakarta pasca sertifikasi sebagai guru professional dengan melalui beberapa proses yaitu: Obserasi Lapangan, kuesioner kepada guru, Interview personal baik kepada guru tersertifikasi, peserta didik dan teman sejawat para guru Pendidikan Agama Katolik profesional dan Group Focus Disscusion bersama dengan para guru tersertifikasi, penyelenggara Bimas Katolik, ketua KKG, ketua MGMP/MGPD dan pastur pembina.
Data yang diperoleh dianalisa dengan cara trianggulasi sumber yaitu dengan mengkaji pemahaman dari berbagai sumber mengenai dampak sertifikasi pendidik yang telah diterima para guru Pendidikan Agama Katolik di kota Surakarta dan aplikasinya pada kinerja dan peningkatan profesionalisme guru Pendidikan Agama Katolik. Hasilnya adalah bahwa sertifikasi pendidik dapat meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Katolik meskipun belum secara keseluruhan karena masih ada yang harus dibenahi dari kinerja para guru tersertifikasi dan beberapa guru baru mulai menerima tunjangan profesi sebagai kompensasi diterimanya sertifikat pendidik. Banyak kendala yang dialami dalam peningkatan profesionalisme pasaca sertifikasi diantaranya adalah bahwa guru secara pribadi belum menyediakan waktu secara mandiri untuk meningkatan kompetensi keguruan terutama kompetensi profesional, belum maksimal pantauan yang diberikan pada guru tersertifikasi dikarenakan tidak adanya pengawas pendidikan khususnya untuk guru Pendidikan Agama Katolik, belum efektifnya Kelompok Kerja Guru, Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Musyawarah Guru Pendidikan Dasar dalam mewadai pengembangan profesionalisme guru Pendidikan Agama Katolik, oleh faktor usia dari guru tersertifikasi yang mendekati masa pensiun menjadikan sertifikasi pendidik sebgai puncak karier.

Kata Kunci: Dampak sertifikasi Pendidik pada guru PAK, Kendala Peningkatan Profesionalisme guru PAK pasca sertifikasi, Profesionalisme Guru PAK

ABSTRACT

Heny Probowati Srimartati, S811102016, 2012. Teacher Certification Impact in Increasing Teacher Professionalism of the Catholic Religius Educatin in Surakarta. DISSERTATION. Supervisor I : Prof. Dr. Budiyono, M.Sc, II: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. program Study of , post-graduate Program of Sebelas Maret University, Surakarta.

This study is classified into qualitative research, and the purpose is to find out: 1) to explain the extent to which the sertification impact for improving the professionalism of the Catholic Religius Education Teachers in Surakarta. 2) to find the obstacles to be a limiting factors in improving the professionalism of teachers experiend after certification and solution for the obstacles. 3) to outline the Catholic Religius Education Teachers professionalism after certification as a professionalism of teacher through several processes, i.e: field observation, questionnaire to all the lecturers, personal interviews to of the Catholic Religius Education Teachers, they student and partner of the Catholic Religius Education Teachers in the school, and then focus group disscusion with head master Bimas Katolik in Surakarta, head master KKG/ MGMP/ MGPD
The data was obtained by using a simple triangulation of data source, which is also referred to as a triangulation of data. By examining the understanding of the impact of various sourses of teacher certification and its application in Catholic Religius Education Teachers, the result is that the certification of theachers may enhance the professionalism of teachers of Catholic Religius Education although not yet as a whole because there is still a new beginning. Many obstacles are experienced in professionalism enhancement after certification, for example is that teachers personally do not provide their own time to improve their performences; very little monitoring of the certified theachers by the head master Bimas Katolik, no educational supervisor, particularly for Catholic Religius Education Teachers, inefficient KKG/ MGMP/ MGPD in accomodating the development of Catholic Religius Education Teachers Professionalism. The age factor of certified teacher, who made the certification of teacher as the culmination of a career.

Keywords: impact of teacher certification on the Catholic Religius Education Teachers, obstacles of the professionalism enhancement of the Catholic Religius Education Teachers after certification, Catholic Religius Education Teachers Professionalism