Penerapan Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Model Inkuiri Sebagai Usaha Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP

Yusman,S.810908325.2009.Penerapan Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Model Inkuiri Sebagai Usaha Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP ((Penelitian Tindakan di SMP N 5 Wadaslintang, Wonosobo). Tesis Program Studi Tehnologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta 2009

Penelitian tindakan ini bertujuan : (1) untuk mengkaji motivasi siswa terhadap penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran bahasa Inggris model inkuiri di SMP, (2) untuk mengkaji prestasi hasil belajar bahasa Inggris siswa SMP setelah pembelajaran menggunakan model inkuiri dengan penilaian portofolio.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Sumber data yang diperoleh adalah informan yang terdiri guru, peserta didik, tempat dan peristiwa.
Prosedur penelitian terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Tehnik pengumpilan data menggunakan angket, observasi, dan tes. Data aktivitas belajar menggunakan angket dan observasi, dan prestasi belajar kognitif tes, an data prestasi belajar efektif dengan observasi. Tehnik analisa data diperoleh dalam penelitian tidakan kelas adalah menggunakan tehnik analisa data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran bahasa Inggris model Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena ada 75,66% jumlah siswa yang motivasinya meningkat, (2) penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran bahasa Inggris model Inkuiri dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa, karena ada 75% jumlah siswa yang skor nilainya meningkat.
Penerapan Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Model Inkuiri Sebagai Usaha Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMP (Penelitian Tindakan di SMP N 5 Wadaslintang, Wonosobo) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata kunci: Penilaian portofolio, model inkuiri, pembelajaran bahasa inggris, dan prestai belajar.