LOKAKARYA PENULISAN ARTIKEL DI JURNAL ILMIAH UNTUK PUBLIKASI INTERNASIONAL “WORKSHOP ON SCIENTIFIC ARTICLES FOR INTERNATIONAL PUBLICATIONS” PROGRAM PASCASARJANA UNS

LOKAKARYA PENULISAN ARTIKEL DI JURNAL ILMIAH UNTUK PUBLIKASI INTERNASIONAL
“WORKSHOP ON SCIENTIFIC ARTICLES FOR INTERNATIONAL PUBLICATIONS”
PROGRAM PASCASARJANA UNS
13 – 14 SEPTEMBER 2012

Solo, 29 Agustus 2012
Publikasi artikel/jurnal berskala internasional saat ini menjadi salah satu komponen penting di kalangan civitas akademika universitas-universitas di Indonesia. Publikasi internasional dianggap sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan dan prestasi akademisi pada bidang ilmu yang didalami. Hal ini juga menjadi salah satu syarat dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, bukan hanya dosen saja yang dipandang perlu menulis karya-karya bertaraf internasional, adanya Surat Dirjen Dikti No.152/E/T/2012 yang mewajibkan publikasi karya ilmiah bagi mahasiswa mulai tingkat S1 hingga S3 pada akhirnya menuntut kalangan mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam menulis karya ilmiah berkualitas. Salah satu upaya peningkatan kemampuan penulisan jurnal/artikel ini diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan ilmiah berupa lokakarya penulisan artikel/jurnal ilmiah untuk publikasi internasional.
Mencermati fenomena yang telah diuraikan di atas, Program Pascasarjana UNS akan menyelenggarakan lokakarya untuk meningkatkan kemampuan penulisan artikel/jurnal ilmiah untuk publikasi internasional. Lokakarya yang akan diselenggarakan selama 2 hari ini diberi judul Workshop on Scientific Articles for International Publications dan akan menghadirkan Prof. Winnie Cheng (Professor of English, The Hong Kong Polytechnic University dan Chief Editor, The Asian ESP Journal) selaku pembicara. Pada lokakarya ini akan dibahas beberapa topik penting seputar penulisan artikel/jurnal ilmiah seperti:
• Topik-topik artikel/jurnal yang paling banyak diterima pada publikasi internasional.
• Penggunaan ragam bahasa ilmiah
• Gaya penulisan
• Layout atau tampilan fisik artikel/jurnal internasional.
• Kajian pustaka
• Font dan Blocking
Adapun waktu dan tempat pelaksanaan lokakarya adalah sebagai berikut

hari/tanggal : Kamis – Jumat / 13 - 14 September 2012
waktu : 08.00 – selesai
tempat : Aula Gedung Pascasarjana UNS (Lantai 3) Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta

Bagi yang berminat mengikuti lokakarya ini dapat mendaftar melalui Sekretariat Panitia yaitu di Gedung Program Pascasarjana UNS. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- (untuk dosen) dan Rp. 200.000,- (untuk mahasiswa). Bagi dosen dan mahasiswa UNS diberikan keringanan sebesar 50%; Rp. 200.000,- (untuk dosen UNS) dan Rp. 100.000,- (untuk mahasiswa UNS). Fasilitas seminar yang diberikan adalah sertifikat, seminar kit, makan siang dan snack (melayani pendaftaran on arrival/pada saat hari H).

Sekretariat Workshop on Scientific Articles for International Publications
Kantor Prodi S2 Linguistik (Ruang 108)
Gedung Program Pascasarjana
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Contact Person:
Santo (08122953382)
Ikke (085642200173)