Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap tentang Lingkungan dengan Prestasi Belajar IPS Siswa MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang

ABSTRAK

Kaderi. S821108010. 2012. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap tentang Lingkungan dengan Prestasi Belajar IPS Siswa MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang. Pembimbing I: Prof. Dr. Sigit Santoso, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Sabar Narimo, M.Pd Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan (1) pengetahuan dan sikap tentang lingkungan secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa MTS Negeri Sumber Kabupaten Rembang; (2) pengetahuan tentang lingkungan dengan prestasi belajar IPS siswa MTS Negeri Sumber Kabupaten Rembang; (3) sikap tentang lingkungan dengan prestasi belajar IPS siswa MTS Negeri Sumber Kabupaten Rembang.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa MTS Negeri Sumber Kabupaten Rembang tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTS Negeri Sumber Kabupaten Rembang tahun ajaran 2011/2012. Penentuan sampling penelitian ini dengan teknik proporsional random sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen yang berbentuk angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan siswa tentang lingkungan hidup dengan prestasi belajar IPS di MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang, hal ini ditunjukkan dengan besarnya korelasi antara variable X1 dengan Y yaitu sebesar 0,455 > 0,176; (2) Terdapat hubungan positif antara sikap terhadap lingkungan dengan prestasi belajar IPS di MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang, hal ini ditunjukkan dengan besarnya korelasi antara variable X2 dengan Y yaitu sebesar 0,230 > 0,176; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan siswa tentang lingkungan hidup dan sikap terhadap lingkungan secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS di MTs Negeri Sumber Kabupaten Rembang hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien korelasi berganda adalah 0,507 dan besarnya korelasi tersebut lebih dari 0,176.

Kata kunci: Pengetahuan tentang Lingkungan, Sikap tentang Lingkungan, Prestasi Belajar IPS

ABSTRACT

Kaderi. S821108010. The Correlation between The Environmental Knowledge and the Environmental Attitude to the Learning Achievement in Social Science of the Students of State Islamic Junior Secondary School of Sumber, Rembang Regengy. Principal Advisor: Prof. Dr. Sigit Santoso, M. Pd. Co-advisor: Dr. Sabar Narimo, M.Pd Thesis: The Graduate Program in Population and Environmental Education, Sebelas Maret University, Surakarta 2012.

The objectives of this research are to investigate: (1) the correlation between the environmental knowledge and the learning achievement in Social Science of the students of State Islamic Junior Secondary School of Sumber, Rembang regency; (2) the correlation between the environmental attitude and the learning achievement in Social Science of the students of State Islamic Junior Secondary School of Sumber, Rembang regency; and (3) the correlation of the environmental knowledge and the environmental attitude to the learning achievement in Social Science of the students of State Islamic Junior Secondary School of Sumber, Rembang regency.
This research used the quantitative research method. Its population was all of the students of State Islamic Junior Secondary School of Sumber, Rembang regency in Academic year 2011/2012. The samples of the research were the students in Grade IX of the school, and were taken by using the proportional random sampling technique. The data of the research were through questionnaire. They were then analyzed by using multi linear technique of analysis.
The results of the research are as follows: 1) There is a significant correlation between the environmental knowledge and the learning achievement in Social Science of the students of State Islamic Junior Secondary School of Sumber, Rembang regency as indicated by the value of the correlation between Variable X1 and Variable Y in which X1 = 0.455 is greater than Y = 0.176. 2) There is a positive correlation between the environmental attitude and the learning achievement in Social Science of the students of State Islamic Junior Secondary School of Sumber, Rembang regency as shown by by the value of the correlation between Variable X2 and Variable Y in which X2 = 0.230 is greater than Y = 0.176. 3) There is positive and significant correlation of the environmental knowledge and the environmental attitude to the learning achievement in Social Science of the students of State Islamic Junior Secondary School of Sumber, Rembang regency as pointed out by the value of the multiple correlation coefficient of 0.507 which is greater than 0.176.

Keywords: Environmental knowledge, environmental attitude, and learning achievement in Social Science.