Kreatifitas Siswa dalam Pemanfaatan Sampah untuk Membuat Kerajinan sebagai Sarana Pengembangan Kesadaran Lingkungan di SD Negeri Pati Kidul 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati

ABSTRAK

Himatul Ulya. S821108009. Kreatifitas Siswa dalam Pemanfaatan Sampah untuk Membuat Kerajinan sebagai Sarana Pengembangan Kesadaran Lingkungan di SD Negeri Pati Kidul 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Pembimbing I: Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Sabar Narimo, M.Pd. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2012.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik program sekolah dalam meningkatkan kreatifitas siswa dalam pemanfaatan sampah untuk membuat kerajinan sebagai sarana pengembangan kesadaran lingkungan di SD Negeri Pati Kidul 01; (2) karakteristik aktivitas siswa dalam memanfaatkan sampah untuk membuat kerajinan sebagai sarana pengembangan kesadaran lingkungan di SD Negeri Pati Kidul 01; (3) karakteristik evaluasi pemanfaatan sampah untuk membuat kerajinan sebagai sarana pengembangan kesadaran lingkungan di SD Negeri Pati Kidul 01.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program yang ditetapkan sekolah dalam meningkatkan kreatifitas siswa dalam pemanfaatan sampah untuk membuat kerajinan diantaranya adalah mengoptimalkan pembelajaran SBK dan menyelenggarakan bazar. Melalui pembelajaran SBK, guru secara intensif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memanfaatkan sampah untuk membuat kerajinan. Dalam pembelajaran SBK, guru tidak hanya mengelola pembelajaran dengan baik tetapi juga memiliki keterampilan dan kreatifitas untuk membuat kerajinan. Sementara itu, bazar diselenggarakan setiap akhir semester satu dan semester dua. Melalui kegiatan bazar, siswa leboh termotivasi dalam memnafaatkan sampah untuk membuat kerajinan yang miliki nilai seni, nilai guna, dan nilai jual; (2) Karakteristik aktivitas siswa dalam memanfaatkan sampah untuk membuat kerajinan antara lain (a) kegiatan dilakukan dalam pembelajaran SBK dan kegiatan pameran kelas yang diselenggarakan oleh sekolah, (b) aktivitas membuat kerajinan dilakukan secara berkelompok, (c) siswa dapat memilih dan membedakan antara sampah organik dan anorganik, (d) siswa memahami tentang jenis sampah yang akan digunakan dan menentukan kerajinan yang akan dibuat, (e) aktivitas siswa dikoordinasi dan di bawah pengawasan guru kelas; (3) Karakteristik evaluasi pemanfaatan sampah untuk membuat kerajinan diantaranya (a) evaluasi dilakukan terhadap pembuatan kerajianan dalam pembelajaran SBK dan terhadap program bazar yang diselenggarakan sekolah, (b) evaluasi dilakukan oleh pihal yang berkompeten yaitu kepala sekolah dibantu oleh para guru kelas dan guru SBK sebagai fasilitator siswa, (c) hasil evaluasi menunjukkan bahwa adanya program bazaar dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam memanfaatkan sampah untuk kerajinan.

Kata Kunci: pemanfaatan sampah, kerajinan, program sekolah, aktivitas siswa, evaluasi

ABSTRACT

Himatul Ulya. S821108009. The Students’ Creativity in Utilizing the Trashes to Make Crafts as A Means of Environmental Awareness Development at State Primary School in Pati. Principal Advisor: Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd., Co-advisor: Dr. Sabar Narimo, M.Pd.Thesis: The Graduate Program in Population and Environmental Education, Sebelas Maret University, Surakarta, 2012.

The objectives of this research are to investigate: (1) the characteristics of the school program to improve the students’ creativity in utilizing the trashes to make crafts as a means of environmental awareness development at State Primary School Pati Kidul 01; (2) the characteristics of the students’ activity in utilizing the trashes to make crafts as a means of environmental awareness development at State Primary School Pati Kidul 01; and (3) the characteristics of evaluation in utilizing the trashes to make crafts as a means of environmental awareness development at State Primary School Pati Kidul 01.
This research used the qualitative research method with the ethnographic design. The informants of the research were Principal, teachers, and students of State Primary School Pati Kidul 01. The data of the research were gathered through in-depth interview, observation, and documentation. They were then analyzed by using the interactive technique of analysis.
The results of the research are as follows: 1) The program defined by the school to improve the students’ creativity in utilizing the trashes to make crafts is implemented by optimizing the Art, Culture, and Skill learning and holding bazaars. Through the Art, Culture, and Skill learning, the teachers can intensively improve the ability of the students in utilizing the trashes to make crafts. In addition, they not only manage the learning well but also posses the skill and creativity to make crafts. Furthermore, Bazaars are conducted at the end of Semester 1 and Semester 2. Through bazaar, the students become more motivated to make crafts with artistic value, use value, and selling value. 2) The characteristics of the students’ activity in utilizing the trashes to make crafts are as follows: (a) the activity is done in the Art, Culture, and Skill learning, and the class exhibition activity is administered by the school; (b) the activity to make crafts is done in groups; (c) the students can choose and differentiate the organic trashes from the inorganic ones; (d) the students recognize the types of trashes to be used, and they determine the crafts they will make; and (e) the students’ activity is coordinated by and under the supervision of the class teachers. 3) the characteristics of the evaluation in utilizing the trashes to make crafts are as follows: (a) the evaluation is implemented toward the making of crafts in the Art, Culture, and Skill learning and the bazaar program administered by the school; (b) the evaluation is done by the competent party, namely: principal of the school who is assisted by the class teachers and the Art, Culture and Skill teachers as facilitators of the students; and (c) the result of the evaluation shows that the bazaar activity can improve the students’ creativity in utilizing the trashes for crafts.

Keywords: Utilizing the trashes, crafts, students’ activity, and evaluation.