Pengaruh Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepribadian Siswa Dalam Pendidikan Agama Katolik di SMP Katolik Se-Kota Madiun

ABSTRAK

St. Andri Widiyanti. S811108039. 2012. Pengaruh Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepribadian Siswa Dalam Pendidikan Agama Katolik di SMP Katolik Se-Kota Madiun. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Sunardi, M.Sc, II : Prof. Dr. Sri Anitah W, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pendidikan saat ini dihadapkan pada sebuah realita akan rusaknya keadaban publik dan merebaknya penyakit sosial seperti korupsi, tindak kekerasan dan perusakan lingkungan hidup. Permasalahan utama bukan terletak pada kecerdasan namun kepada hati nurani yang terkait langsung dengan jati diri dan karakternya. Pendidikan yang seharusnya menjadi sarana untuk menanamkan nilai dan pembentukan karakter mengalami kegagalan karena masih sebatas teks. Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR), sebuah pola pikir dan proses pendampingan pendidik kepada siswa yang terkait dengan nilai-nilai yang menjadi dasar dalam perubahan terhadap masyarakat kiranya dapat dijadikan pilihan dalam kegiatan belajar mengajar. Namun disamping pendekatan yang diterapkan guru, faktor psikologis siswa berupa motivasi untuk berprestasi juga sangat menentukan dalam keefektifan proses pembelajaran. Salah satu teori tentang motivasi yang dapat diterapkan adalah ARCES Model. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Pengaruh pendidikan karakter dengan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) dan pendekatan konvensional terhadap kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik, (2) Perbedaan kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah dalam belajar, (3) Interaksi pengaruh antara pendidikan karakter dengan pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif dan dan motivasi belajar terhadap kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Penelitian lapangan dilakukan di SMPK St. Yusuf Kota Madiun Propinsi Jawa Timur. Penelitian dilakukan dengan memberikan materi pelajaran yang sama terhadap kelas eksperimen dan kontrol namun pendekatan yang digunakan berbeda. Kelas eksperimen dengan pendekatan PPR dan kelas control dengan pendekatan konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pengaruh pendidikan karakter dengan pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif dan pendekatan konvensional terhadap kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik, (2) Terdapat perbedaan kepribadian dalam Pendidikan Agama Katolik antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah dalam belajar, (3) Terdapat interaksi pengaruh antara pendidikan karakter dengan pendekatan paradigma pedagogi refleksi dan motivasi belajar terhadap kepribadian siswa dalam Pendidikan Agama Katolik.

Kata kunci : Pendidikan Karakter, Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif, Motivasi Belajar, Kepribadian Siswa, Pendidikan Agama Katolik.

ABSTRACT

St. Andri Widiyanti. S811108039. 2012. The Effectiveness of Character Building in Reflective Pedagogical Paradigm to Teach Catholic Religion Subject Viewed from Students’ Motivation in SMP Katolik at Madiun . THESIS. 1st Consultant : Prof. Dr. Sunardi, M.Sc, 2nd : Prof. Dr. Sri Anitah W, M.Pd. Department of Education Technology, Graduate School Program, Sebelas Maret University of Surakarta.

Nowadays, education must meet a reality of public politeness degradation and environmental breakdown. The main problem is not placed in the intelligence but in identity and character. Education which should be the media to put and develop values and character building has become failure due to the fact that the implementation is only as the form of text not the real one. Reflective Pedagogical Paradigm (PPR), a paradigm and a process of mentoring in educating students emphasizes on values or norms which become the base of society changing, may be chosen in teaching learning process. Besides teacher’s mentoring the students’ psychology such as motivation to be success also important item in effective teaching learning process. One of the theories of motivation which is suitable to be applied is ARCES Model. The aims of the research are to find out (1) the effectiveness of character building in Reflective Pedagogical Paradigm (PPR) to conventional approach in students’ personality in Catholic Religion Subject, (2) the difference of students’ personality between students who have high motivation and students who have low motivation, (3) the interaction of character building in Reflective Pedagogical Paradigm (PPR) and motivation to students’ personality in Catholic Religion Subject.
The research done in this thesis is experimental research. The field research was done in SMPK St. Yusuf Madiun, East of Java. The research was done through giving the same material to both experiment and control class. The difference was on the approaches used in those classes, PPR was taught in experiment class, while conventional approach was taught in control class.
The research results of this thesis are (1) there is different influence in character building of Reflective Pedagogical Paradigm (PPR) and conventional approach to students’ personality in Catholic Religion Subject, (2) there is difference personality in Catholic Religion Subject between students who have high motivation than those who have low motivation in studying, (3) there is an interaction between character building in Reflective Pedagogical Paradigm (PPR) and motivation to study to students’ personality in Catholic Religion Subject.

The Keywords: Character Building, Reflective Pedagogical Paradigm (PPR), Motivation, Students’ Personality, Catholic Religion Subject.