Pelaksanaan Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2012

ABSTRAK

Giyatmo, S811108018, 2012. Pelaksanaan Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2012. TESIS. Pembimbing I :Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia kehilangan jati diri. Pendidikan karakter merupakan kunci utama kemajuan bangsa.Penelitian ini membahas pelaksanaan internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pelaksanaan internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran IPS, (2) mengetahui kendala-kendala yang muncul serta cara-cara untuk mengatasinya dan (3) mengetahui hasil dari pelaksanaan internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran IPS.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidoharjo Wonogiri tahun 2012.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif. Penganmbilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena disesuaikan dengan tujuan dan yang mengetahui permasalahannya. Data-data yang diperlukan diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan analisis dokumen . Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisa data dengan langkah-langkah : pengumpulan data, reduksi data, sajian data kemudian dilakukan analisis data dan diperoleh kesimpulan bahwa (1) pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sidoharjo sudah berjalan tetapi belum maksimal, (2) kendala-kendala yang muncul adalah kurangnya alokasi dana untuk pelaksanaan nilai karakter, kurangnya pemahaman guru terhadap model pembelajaran berbasis karakter dan belum adanya kebijakan tentang penilaian terhadap internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran, (3) hasil pelaksanaan internalisasi nilai karakter secara umum sudah nampak tetapi secara khusus belum ada acuan penilaian yang baku.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut sekolah melakukan upaya-upaya sebagai berikut : (1) pengajuan dana kepada pemerintah dan komite sekolah, (2) mengadakan sosialisasi tentang pendidikan karakter, diklat tentang metode dan model pembelajaran berbasis karakter serta cara penilaian dan alat ukurnya.

Kata kunci : Internalisasi, nilai karakter, pembelajaran IPS.

ABSTRACT

Giyatmo, S811108018, 2012 The Implementation of Internalization Characters Value in Study of IPS at SMP Negeri 2 Sidoharjo, Wonogiri in 2012. THESIS. Counsellor I : Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd., Counsellor II Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Education Technology Study Program, Pascasarjana Program, Sebelas Maret Surakarta University.

The effects of current globalization bring people of Indonesia lost their identity. Character education is the key to the progress of a nation. This research discussed the implementation of the internalization characters in a study at school.
The objectives of this research are : (1) to know the implementation of the internalization characters in a study of IPS, (2) to know problems were encountered and also the way to overcome, and (3) to know the result of implementation of the internalization characters in a study of IPS.
This research was conducted in SMP N 2 Sidoharjo, Wonogiri in 2012. Methods used in this research is descriptive qualitative method. Sampling using purposive sampling because it adapted to the purpose and to identify problems. The data were colleceted using observation technique, interview, questionnaires, and document analysis. The data validation used triangulation of sources and triangulation of methods.
The results of research were analysed using data analyzed technique by : data collecting, data reduction, data presentation, then conducted by data analysis and got the conclusion that (1) the implementation of the internalization characters in a study of IPS at SMP Negeri 2 Sidoharjo, Wonogiri in 2012 has walked but it was not maximal yet, (2) the problems are lack of allocation of fund for the implementation of the internalization characters, lack of teacher’s comprehension toward character-based learning model and there was no policy about assesment toward the internalization characters in the teaching-learning, (3) the result of implementation of the internalization characters generally were visible however specially there is no reference of permanent assesement yet.
To overcome the problems, school has done the following efforts : (1) offering of fund to the goverment and school commitee, (2) performing the socialization of the charactered-education, workshop the method and model of character-based learning and also the way of assessment and the instrument.

Keywords : internalization, characters value, study of IPS