Karakteristik Penalaran Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas tentang Sampel

ABSTRAK

Muhammad Saifuddin Zuhri. NIM: S851102022. 2012. Karakteristik Penalaran Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas tentang Sampel. TESIS. Pembimbing I: Drs. Tri Atmojo K., M.Sc., Ph.D., Pembimbing II: Dr. Imam Sujadi, M.Si. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sebalas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakarakteristik penalaran siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas tentang sampel yang memiliki kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwodadi dengan jumlah enam siswa.Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada kemampuan matematika siswa dan kemampuan menyampaikan pendapat baik secara lisan dan tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan data hasil tes tertulis dan data hasil wawancara. Kemudian dilakukan triangulasi metode untuk menghasilkan data dari subjek penelitian yang valid.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika rendah berada pada tingkat 1 dengan karakteristik yaitu: dapat memberikan contoh tentang sampel, dapat mendeskripsikan istilah tentang sampel, menyetujui pengambilan jumlah sampel yang kecil, tidak dapat menyarankan seleksi yang tepat dalam pengambilan sampel, dan tidak dapat mengidentifikasi pemilihan sampel yang berpotensi pada penyimpangan (bias) dari suatu penelitian. Disamping itu, ada siswa yang belum sepenuhnya berada di tingkat 1, dengan karakteristik yaitu: tidak memahami ukuran dan teknik pengambilan sampel dalam mewakili populasinya yang ditandai dengan menyarankan pengambilan seluruh mahasiswa tanpa ada seleksi. Siswa dengan kemampuan matematika sedang berada pada tingkat 2 dengan karakteristik yaitu: dapat memberikan contoh tentang sampel, dapat mendeskripsikan istilah tentang sampel, menyarankan pengambilan sampel berukuran kecil dengan pemilihan sampel yang sesuai atau pengambilan sampel berukuran besar dengan pemilihan sampel yang tidak sesuai, dan tidak dapat mengidentifikasi pengambilan sampel yang berpotensi pada penyimpangan (bias) dari suatu penelitian. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi ada yang berada pada tingkat 2 dan ada yang berada pada tingkat 3. dapat memberikan contoh tentang sampel, dapat mendeskripsikan istilah tentang sampel, dapat menyarankan pengambilan sampel berukuran besar dari populasi, dapat menyarankan seleksi dalam pengambilan sampel tersebut melalui teknik secara acak serta dapat menjelaskan tahapan-tahapan secara acak, dan dapat mengidentifikasi pengambilan sampel yang berpotensi pada penyimpangan (bias) dari suatu penelitian.

Kata Kunci: Penalaran, Penalaran tentang Sampel, Konsep tentang Sampel, Karakteristik Penalaran tentang Sampel

ABSTRACT

Muhammad Saifuddin Zuhri. NIM: S851102022. 2012. The Reasoning Characteristics of The 11th Graders of Senior High School about Samples. Thesis. First Counselor: Drs. Tri Atmojo K., M.Sc., Ph.D., Second Counselor: Dr. Imam Sujadi, M.Si. Mathematicss Education Study Program, Postgraduate Program, Surakarta Sebelas Maret University.

This research aims to describe how the reasoning characteristics of the 11th graders of Senior High School about sampleswith low, medium and high mathematics competency.
This study was an descriptive qualitative research. The subject of research was the 11th graders of SMA Negeri 1 Purwodadi consisting of six students. The subject selection criteria were based on student mathematics competency and opinion expressing competency, either in spoken and written form. The data was collected using written test and interview technique. The data analysis was done based on the data on written test and interview results. Then the method triangulation was run to produce a valid data from the research subject.
The result of research showed that the students with low mathematics competency were at level 1 with the following characteristics: the students can give example of sample, can describe the term sample, approving the small number of sample selection in the research, do not recommend appropriate selection in sample taking, and cannot identify the potentially biased sampling in a research. In addition, some students had not had characteristics completely at level 1 who: do not the sample size and sampling technique in representing the population indicated by the recommendation of taking all students without selection. The students with medium mathematics competency were at level 2 with the following characteristics: can give example about the sample, can describe the term sample, combine small size with appropriate selection methods, or large sample size with inappropriate selection methods, and cannot identify the potentially biased sampling in a research. Some students with high mathematics competency were at level 2 and some other were at level 3 with the following characteristics: can give example about the sample, can describe the term sample, recommendation of the larger size sampling from the population, recommending the selection through random sampling technique and can explain the procedures randomly, and can identify the potentially biased sampling in a research.

Keywords: Reasoning, Reasoning about Sample, Sample Concept, Reasoning Characteristics about sample.