Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Berdasarkan Cerkak Melalui Penerapan Metode Mind Mapping (PetaPikiran)

ABSTRAK

Oktaviani Windra Puspita. S441108009. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Berdasarkan Cerkak Melalui Penerapan Metode Mind Mapping (PetaPikiran). Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. SarwijiSuwandi, M.Pd, II: Prof. Dr. Sumarlam, M.S. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia minat utama pendidikan bahasa dan sastraJawa (S2) Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan menulis geguritan berdasarkan cerkak siswa kelas IX ASMP Negeri 26 Surakarta dengan menggunakan metode mind mapping (peta pikiran).
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX A SMP Negeri 26 Surakarta selama sembilan bulan, mulai Maret sampai dengan November 2012. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Strategi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IX A SMP Negeri 26 Surakarta. Sumber data penelitian berupa peristiwa proses pembelajaran menulis geguritan berdasarkan cerkak, guru dan siswa, serta dokumen terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode, triangulasi sumber, dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif analitis kritis-komparatif dengan mendeskripsikan temuan data dan membandingkannya dengan indikator kinerja yang sudah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran menulis geguritan berdasarkan cerkak di kelas IX A SMP Negeri 26 Surakarta mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat dari nilai rerata lembar observasi kinerja siswa pada siklus I adalah 59,30%, siklus II 84,87%, siklus III 90,62% dan nilai rerata kinerja guru pada siklus I adalah 66,70%, siklus II 82,14%, siklus III 88,90%. Keterampilan menulis geguritan berdasarkan cerkak siswa kelas IX A SMP Negeri 26 Surakarta juga mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari nilai menulis geguritan berdasarkan cerkak yang dicapai siswa kelas IX A, nilai rerata siswa kelas IX A, dan ketuntasan klasikal yang dicapai kelas tersebut. Nilai rerata tes keterampilan menulis geguritan berdasarkan cerkak pada siklus I adalah 68,00 dengan ketuntasan 46,42%. Pada siklus II, nilai rerata 75,10 dengan tingkat ketuntasan 71,42% dan pada siklus III nilai rerata 82,82 dengan tingkat ketuntasan 85,71%.

Kata Kunci : Keterampilan Menulis Geguritan Berdasarkan Cerkak, Metode Mind Mapping (Peta Pikiran).

ABSTRACT

Oktaviani Windra Puspita. S441108009. The Attempt of Improving the Cerkak (Short Story)-Based Geguritan Writing Skill through the application of Mind Mapping Method. Thesis. First Counselor: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Second Counselor: Prof. Dr. Sumarlam, M.S. Indonesian Language Education Study Program of Postgraduate Program of Javanese Language and Letter Education main concentration (S2) of Surakarta Sebelas Maret University.
This research aims to improve the learning quality and short story-based geguritan (poetry Japanese language) writing skill of the IX A graders of SMP Negeri 26 Surakarta using mind mapping method.

This study was taken place in the XI A grader of SMP Negeri 26 Surakarta for nine months, from March to November 2012. This study was a classroom action research. The research strategy used was a descriptive qualitative one. The subject of research was the students and teachers of IX A grade of SMA Negeri 26 Surakarta. The data source of research included short story-based geguritan writing learning process event, teacher and students, as well as relevant document. Techniques of collecting data used in this research were observation, interview, test, and document analysis. The data validation tests used in this research were method triangulation, source triangulation and informant review. Technique of analyzing data used was a critical-comparative analytical descriptive one by describing the data finding and comparing it to the specified performance indicator.
The result of research showed that the quality of short story-based geguritan writing learning of the IX A graders of SMP Negeri 26 Surakarta improved significantly. It could be seen from the mean value of student performance observation sheet of 59.30% in cycle I, 84.87% in cycle II, 90.60% in cycle III, and the mean value of teacher performance of 66.70 in cycle I, 82.14% in cycle II, and 88.90% in cycle III. The short story-based geguritan writing skill of the IX A graders of SMP Negeri 26 Surakarta also improved significantly. It was indicated by the short story-based geguritan writing, mean class, and classical passing the IX A graders had achieved. The mean score of short story-based geguritan writing skill test in cycle I was 68.00 with passing of 46.42%. In cycle II, it increased to 75.10 with passing degree of 71.42% and in cycle III it increased to 82.82 with passing degree of 85.71%.

Keywords: Short Story-based Geguritan Writing Skill, Mind Mapping Method.