Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Madrasah Di Madrasa Tsanawiyah Negeri Bendosari Sukoharjo

ABSTRAK

SETYO BUDI S : S.811102026. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Madrasah Di Madrasa Tsanawiyah Negeri Bendosari Sukoharjo. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret. Pembimbing I : Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd. Pembimbing II : Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu madrasah. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah untuk menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. (3) Untuk mengetahui bagaimana mutu dan prestasi madrasah dapat dicapai.
Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Bendosari Sukoharjo, MTsN Bendosari Sukoharjo mempunyai prestasi yang baik di bidang akademik maupun non akademik, MTsN Bendosari didirikan di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan yang ada sekarang berdasarkan data-data, penelitian ini juga menyajikan data, menganalisis juga mengintepretasi. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Para Guru. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan suatu data atau memeriksa kebenaran data digunakan cara memperpanjang masa penelitian, pengamatan yang terus menerus, triangulasi, baik triangulasi sumber data maupun triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan tiga tahap yaitu meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Kepala sekolah MTsN Bendosari dalam menjalankan kepemimpinannya telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator (2) Kendala-kendala yang dihadapi kepala MTsN Bendosari yaitu masih adanya guru yang kurang paham terhadap penguasaan penggunaan media pembelajaran, perkembangan teknologi dan kurangnya sarana prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran (3) Dalam pencapaian mutu dan prestasi, madrasah membuat berbagai program yang dikemas melalui pembinaan dan kegiatan bersifat intra maupun ekstra kurikuler.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Madrasah

ABSTRACT

Setyo Budi S : S. 811102026. The leadership of the Headmaster in Advancching the Quality of Madrasah (Case Study About Management Principals at Madrasah Tsanawiyah Bendosari Sukoharjo). Thesis, Education Technology Studies Program, Graduate University of March. Advisor I: Prof. Dr.. Mulyoto, M.Pd. Advisor II: Prof. Dr.. Samsi Haryanto, M.Pd.

The study aims to: (1) To determine how the implementation of leadership in carrying out its functions to improve the quality of madrasah. (2) To determine how the leadership role of madrasah to face obstacles in performing their duties. (3) To know how the quality and performance can be achieved of madrasah.
This study was conducted MTsN Bendosari Sukoharjo, MTsN Bendosari Sukoharjo has achieved a lot of things in terms of both academic and non academic. MTsN Bendosari is located in Sukoharjo district. The research is a descriptive qualitative research it is a research that explains something based on the available data. This research provides data, does analysis and interpretation. The informant of the research were the Principle, the committee, the teachers. The data was collected by interviews, observation and documentation. To test validity of the data or to check the accuracy of the data, some way were used that re prolonging the length of the research’s duration, conducting a continuous observation, doing triangulation, both triangulation of source of the data and the technique of collecting data. The analysis was conducted in three steps. They are : data reduction, data presentation and data verification
The results conclude that: (1) The principal MTsN Bendosari in role of leadership has carried out its role and function as an educator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator and Motivator (2) the constraints faced head MTsN Bendosari is still a teacher lack of understanding of the control of the use of instructional media, technological developments and the lack of infrastructure that supports the learning process (3) in the achievement of quality and performance, madrasah make are packed with a variety of programs and activities are fostering intra and extra curricular activities.

Keywords: Leadership, Principals, Quality of Madrasah