Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel “Tuan Guru” Karya Salman Faris

ABSTRAK

SYAHRIZAL AKBAR. NIM: S841108032. 2012. Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel “Tuan Guru” Karya Salman Faris. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. II: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Novel “Tuan Guru” karya Salman Faris menguak tentang kehidupan religius, dan sosial budaya masyarakat Lombok, khususnya Lombok Timur. Novel tersebut diulas menggunakan kajian sosiologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pandangan dunia pengarang mengenai eksistensi Tuan Guru, latar belakang sosial budaya masyarakat, dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel “Tuan Guru” karya Salman Faris.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysis atau analisis isi. Metode ini digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen. Dokumen dalam penelitian ini adalah novel “Tuan Guru” karya Salman Faris. Tahapan analisis dokumen dimulai dari tahap pembacaan, pencatatan dokumen, hingga analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Lombok, khususnya Lombok Timur berdasarkan kacamata Salman Faris menganggap bahwa tuan guru merupakan sosok yang mampu memberikan garansi masuk surge, doa yang dipanjatkan tuan guru lebih cepat diijabah oleh Allah dibandingkan manusia lainnya dan masyarakat tidak memandang ada cela sedikitpun dari sosok tuan guru. Latar belakang sosial budaya masyarakat mencakup adat dan kepercayaan, pekerjaan, pendidikan, agama, tempat tinggal, bahasa, dan suku. Adapun nilai-nilaip pendidikan yang terkandung adalah pendidikan sosial, moral, budaya, agama, ekonomi, politik, dan historis.

Kata Kunci: novel, content analysis, sosiologi sastra, dan nilai pendidikan.

ABSTRACT

SYAHRIZAL AKBAR. NIM: S841108032. 2012. Sociological Literature and Educational Value Investigation in Novel Entitled “Tuan Guru” by Salman Faris. THESIS. Advisor I: Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. II: Prof. Dr. Andayani, M.Pd. Indonesian Education Study Program, Postgraduate Program, Sebelas Maret University.

Novel entitled “Tuan Guru” by Salman Faris reveals religious life and socio-culture of Lombok society, especially in Eastern Lombok. This novel is investigated by using sociological literature investigation. This research aims to describe and explain the writer’s point of view by the existence of Tuan Guru, society’s socio-cultural background, and educational values involved in the novel entitled “Tuan Guru” by Salman Faris.
This research is descriptive qualitative research by using content analysis. This method is used to research the content of a document. The document of this research is novel entitled “Tuan Guru” written by Salman Faris. The document analyzing phases are started from reading phase, document recording, up to document analysis.
The result of this research points out that the majority of Lombok society, especially Eastern Lombok in Salman Faris’ point of view, considers that Tuan Guru is a figure that could give a guarantee to reach the Heaven, the prayer which is uttered by Tuan Guru would be granted by God quicker than any other people, and the society does not see any single flaw from the figure of Tuan Guru. The socio-cultural background of the society includes custom and belief, occupation, religious educational, place of living, language, and ethnicity. In addition, the included educational values are social, moral, cultural, religious, economic, politic, and historical education.

Keywords: novel, content analysis, sociological literature, and educational value