Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing

ABSTRAK

RINI AGUSTINA. NIM S841108021. 2012. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd., II: Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi pengajar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta , 2) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta, 3) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta, 4) kendala yang dihadapi oleh pengajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta, 5) upaya pengajar untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik dengan bentuk studi kasus terpancang. Penelitian ini dilakukan di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator perencanaan, pengajar, dan siswa. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen, dan arsip. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Data penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) persepsi pengajar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing cukup baik dan positif. 2) Perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang disusun oleh pengajar yang berhubungan dengan perangkat pembelajaran hanya berupa silabus. 3) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yang dilaksanakan pengajar sudah mengarah pada kemampuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Indonesia siswa. 4) Kendala-kendala dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing dapat dibedakan ke dalam tiga sumber kesulitan, yaitu: a) kesibukan atau keperluan mendesak dari pengajar, b) penyampaian atau cara bicara yang terlalu cepat, c) bahasa pengantar pada awal pertemuan. 5) Upaya yang dilakukan pengajar untuk mengatasi kendala-kendala pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing yaitu dengan mengganti pertemuan yang hilang, mengubah tempo berbicara lebih pelan, dan dengan bantuan gambar dan sesekali menggunakan bahasa asing.

Kata Kunci: Pembelajaran , Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing.

ABSTRACT

RINI AGUSTINA. NIM S841108021. 2012. Implementation of Indonesian Learning For Foreign Speakers. THESIS: Superviser I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd., II: Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum. Indonesian Education of Departement Graduate School. Sebelas Maret University, Surakarta.

This study aims to determine: 1) the perception of teachers towards learning Indonesian for foreign speakers at P2B Unit of Sebelas Maret University of Surakarta, 2) planning learning Indonesian for Foreign Speakers P2B Unit Sebelas Maret University of Surakarta, 3) the implementation of learning Indonesian for foreign speakers UPT P2B of Sebelas Maret University of Surakarta, 4) the obstacles faced by teachers in learning Indonesian for foreign speakers at P2B Unit of Sebelas Maret University of Surakarta, 5) faculty efforts to overcome obstacles in learning Indonesian for foreign speakers at P2B Unit of Sebelas Maret University of Surakarta.
This research implied a qualitative case study of naturalistic shapes stuck. The research was conducted at the UPT P2B of Sebelas Maret University of Surakarta. Informants in this study were the planning coordinator, teachers, and students. Techniques footage used was purposive sampling. Data was collected through in-depth interviews, observation, document analysis, and archival. The validity test of the data in the study was done by triangulation of data sources and triangulation methods. The research data were analyzed using a model of interactive analysis.
The results were as follows: 1) the perception of teachers towards learning Indonesian for foreign speakers quite good and positive. 2) Planning learning Indonesian for foreign speakers compiled by faculty associated with the learning just a syllabus. 3) Implementation of learning Indonesian for foreign speakers who held teaching had led to the ability to develop the ability to Indonesian students. 4) Constraints in learning Indonesian for foreign speakers can be divided into three sources of difficulty, namely: a) busy or urgent need of teachers, b) delivery or ways of speaking too fast, c) the language of instruction at the beginning of the meeting. 5) The efforts of teachers to overcome barriers to learning Indonesian foreign speakers were by replacing missing meetings, changing tempo to speak more slowly, and with the help of pictures and the occasional use of foreign languages.

Keywords: Learning, Indonesian to Foreign Speakers.