Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau dari Motivasi Siswa (Studi Eksperimental Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri )

ABSTRAK

Mulyati .S 811108026. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau dari Motivasi Siswa (Studi Eksperimental Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri ).Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr.Sri Anitah, M.Pd., II: Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. Program Studi Teknologi pendidikan Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tahun 2012

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial , (2) Ada tidaknya pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial , (3) Ada tidaknya interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri di Kecamatan Girimarto,. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Girimarto berjumlah 584 siswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah multi stage cluster random sampling. Sampel penelitian yang terpilih adalah SD Negeri I Girimarto sebanyak 30 siswa sebagai sampel eksperimen dan SD Negeri II Girimarto sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol.
Valididitas butir soal diuji menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus KR-20 .Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan Analisis Variansi dua jalan.
Simpulan : pertama, ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran tipe STAD dan Jigsaw terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dapat diketahui bahwa hasil perolehan Fobs= 58,418 > F0,05 = 4,02, kedua, ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Fobs = 20,321 > 4,02), dan ketiga, ada interaksi pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang dicapai siswa (Fobs = 9,729 > F0,05 = 4.02).

Kata Kunci : STAD dan Jigsaw, motivasi, prestasi belajar

ABSTRACT

Mulyati .S 811108026. The Effect of Using Cooperative Learning Model, Type STAD and Jigsaw on Learning Achievement of Social Study Reviewed from Student’s Motivation (An Experimental Study of Fifth Grade Students of Elementary School at Girimarto District, Wonogiri). Thesis. Consultant I Prof. Dr.Sri Anitah, M.Pd., II: Prof. Dr. Sunardi, M.Sc. Educational technology Department of Post-graduate. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Academic Year 2012.

This research is aimed to know: (1) Is there any effect from cooperative learning model, type STAD and Jigsaw to learning achievement of social study, (2) is there any effect between high learning motivation and low learning motivation to learning achievement of social study, (3) is there any interaction in both effects of learning model and learning motivation to learning achievement of social study.
The type of this research is experimental. The research was done at State Elementary Schools in Girimarto district. The population of this research is all of fifth grade students of state elementary schools in Girimarto district. There are 584 students. The research technique which is used in this research is multi stage cluster random sampling. The chosen samples are 30 students of SD Negeri I Girimarto and as the experiment sample the chosen samples are 30 students of SD Negeri II Girimarto as the control group.
The validity of the data is tested by using correlation formula of product moment from Karl Parson and the reliability test is tested by using KR-20 formula. The technique of analyzing data which is used is prerequisite test and two ways variance analysis.
Conclusion: first, there is a significant different effect between the usage of learning model, type STAD and Jigsaw to the learning achievement of social study. It can be seen based on the result that Fobs = 58,418 > F0,05 = 4,02, second, there is a significant different effect between high motivated student and low motivated student to the learning achievement of social study (Fobs = 20,321 > 4,02), third, there is a significant interacting effect between learning model and motivation to the students’ learning achievement of social study (Fobs = 9,279 > F0,05 = 4.02).

Keywords: STAD and Jigsaw, motivation, learning achievement