Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Strategi Identifikasi Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Ajaran 2011/2012

ABSTRAK

JOKO WIDODO, NIM S841102007. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Strategi Identifikasi Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Siswa Kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Ajaran 2011/2012. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Sri Samiati Tarjana. Program Pascasarjana, Fakultas Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2012.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis puisi siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong dengan strategi pengajaran identifikasi berbasis kecerdasan majemuk.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong tahun pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Validitas data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan dua teknik, yakni triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis kritis dan deskripsi komparatif (statistik deskripsi komparatif) merupakan teknik analisis data pada penelitian ini.
Penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan siswa. Keaktifan siswa dapat dilihat dari, yakni aktif (1) memperhatikan penjelasan guru; (2) menyimpulkan pengertian dan karakteristik puisi; (3) memperhatikan contoh puisi yang ditampilkan baik berupa video ataupun lembar puisi; (4) mengidentifikasi contoh puisi yang diberikan; (5) bertanya tentang masalah yang belum dipahami; dan (6) merefleksikan pembelajaran. Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dapat dilihat dari nilai akhir siswa. Siklus I nilai rata-rata 74,0 dengan persentase ketuntasan 75% atau 24 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata naik menjadi 78,0 dengan persentase ketuntasan 96,88% atau 31 siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi identifikasi berbasis kecerdasan majemuk dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan menulis puisi siswa.

Kata Kunci: Menulis Puisi, Strategi identifikasi, dan kecerdasan majemuk.

ABSTRACT

JOKO WIDODO, Id S841102007. The increase of writing poetry competence by using identification strategy based on multiple intelligence for Student Class X-A SMA Negeri 1 Gemolong The School Years 2011/2012. Thesis. Adviser I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Adviser II: Prof. Dr. Sri Samiati Tarjana. Graduate Program, Faculty of Indonesian Education. University of Sebelas Maret. Surakarta. 2012.
The purpose of this research are to improve the students to be active and the poetry’s writing skill at the X-A grade students of SMA Negeri Gemolong using the identification learning strategy of multiple intelligence based.
This study is the Classroom Action Research two cycles. Subjects were students and teachers of X-A SMA Negeri 1 Gemolong school year 2011/2012. Data obtained through observation, interview, test, and document analysis. Data validation is performed in this study using two techniques, namely the triangulation method, and the triangulation of data sources. The critical analysis technique and comparative description (comparative description statistic) are the techniques of data analysis in this research.
This study was able to improve student’s activeness and competence. Their activeness was shown from (1) their attention in teacher’s explanation; (2) their ability in making conclusion about definition and characteristics of poetry; (3) their attitude in giving attention to the example of poetry given, both by video and sheet; (4) their ability in identifying the example of poetry given; (5) their asking question about problems faced; (6) their ability in reflecting the learning process. The improvement can also be seen from the result of student’s score. In cycle I, the score was 74,0 with passing percentage of 75% or 24 students. In cycle II, the score increased again to 78,0. In other word, it can be said that 98,88% or 31 students had good score.From that evidences, it can be concluded that the usage of identification strategy based on multiple intelligence can improve student’s activeness and competence in writing poetry.

Keywords: Writing poetry, identification strategy, and multiple intelligence.