Kajian Stilistika dan Nilai Pendidikan dalam Novel Lintang Karya Nanarina

ABSTRAK

Lilik Muryani, S841108038. 2012. Kajian Stilistika dan Nilai Pendidikan dalam Novel Lintang Karya Nanarina. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Nugraheni Eko Wardani, M. Hum. Program Studi Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan oleh Nanarina dalam novel Lintang dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang digunakan Nanarina dalam novel Lintang.
Penelitian ini menggunakan metode content analysis (analisis isi). Sumber data dalam penelitian ini adalah: dokumen yaitu novel Lintang karya Nanarina. Penelitian ini mendeskripsikan tentang gaya bahasa dan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Lintang karya Nanarina. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca novel dan analisis dokumen. Validasi data menggunakan triangulasi teori, dan teknik analisis data menggunakan model interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa novel Lintang karya Nanarina terdapat: (1) gaya bahasa: (a) gaya bahasa pertentangan: hiperbola, litotes, sarkasme, dan antitesis; (b) gaya bahasa penegasan: klimaks, antiklimaks, asidenton, retoris, dan koreksio; (c) gaya bahasa perbandingan: personifikasi, metafora, simile/perumpamaan, dan asosiasi; (d) gaya bahasa pertautan: metonimia; (e) gaya bahasa perulangan: asonansi; (2) nilai-nilai pendidikan: (a) nilai pendidikan religius; (b) nilai pendidikan moral; (c) nilai pendidikan sosial; (d) nilai pendidikan budaya.

Kata Kunci: Novel Lintang, Kajian Stilistika, Nilai Pendidikan

ABSTRACT

Lilik Muryani, S841108038. 2012. Stylistica study and Education Value in the Nanarina’s Lintang Novel. Thesis consultan I: Prof. Dr. Andayani, M.Pd., consultan II: Dr. Nugraheni Eko Wardani, M. Hum. Indonesian departement, Post graduate, Sebelas Maret University of Surakarta.
The goal of this research is describing the language style and education values that had been used by Nanarina Lintang Novel.

This research was using content analysis method. Source of the data in this research is: document namely, Nanarina’s novel Lintang. This research is describing language style and education values that in the novel. Technique of collecting data that is used in this research read and document analysis. Data validity is using tringulation theory and technique of data analysis is using interactive model.
According to the result of the research it can concluded that in Nanarina’s Lintang novel there are (1) language style: (a) conflict style: hyperbole, litotes, sarcasm, and antithesis, (b) style affirmation: climax, anticlimax, asidenton, rhetorical, and koreksio; (c) stylistic comparisons: personification, metaphor, simile/metaphor, and associations (d) style affinity: metonymy, (e) style iteration: asonansi, (2) the values of education: (a) the value of religious education, (b) the value of moral education, (c) the value of social education, (d) the value of cultural education.

Key words: Lintang Novel, Stylistica Study, Education Value