DAMPAK TUNJANGAN SERTIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU IPS SMP KABUPATEN KARANGANYAR

ABSTRAK

Evi Nurtiana. NIM: S.991102011. DAMPAK TUNJANGAN SERTIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU IPS SMP KABUPATEN KARANGANYAR. Pembimbing 1: Prof. Dr. Trisno Martono, MM, Pembimbing 2: Dr. Wiedy Murtini M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah dampak tunjangan sertifikasi terhadap profesionalisme guru serta mendeskripsikan dampak tunjangan sertifikasi bagi peningkatan Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Sosial guru SMP IPS Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah.

Populasi pada penelitian ini adalah semua guru IPS SMP Kabupaten Karanganyar yang sudah bersertifikasi. Teknik sampling yang digunakan cluster random sampling. Penentuan jumlah sampel mengacu pendapat Suharsimi Arikunto, untuk jumlah sampel dari populasi sebanyak 133 orang diambil antara 10 – 15% atau 20 – 25% atau lebih maka jumlah sampelnya 33 orang.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil Kompetensi Kepribadian adalah sedang dalam kategori sedang (46,87 %), kategori tinggi (28,13%) sedangkan kategori rendah (25,00%). Hasil Kompetensi Pedagogik adalah sedang dalam kategori sedang (31,24%), kategori tinggi (34,38%) sedangkan kategori rendah (34,38%). Hasil kompetensi Profesional adalah sedang dalam kategori sedang (46,88%), kategori tinggi (25,00%) sedangkan kategori rendah (28,13%). Hasil kompetensi Sosial adalah sedang dalam kategori sedang (56, 25%), kategori tinggi (31,25%) sedangkan kategori rendah (12,50%).

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variable tunjangan sertifikasi guru memiliki arah positif sebesar 0,00001957, hasil analisis uji t untuk variabel tunjangan sertifikasi guru diperoleh lebih besar dari 0,05% berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa (1) variabel tunjangan sertifikasi guru berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru, (2) variasi dari profesionalisme guru dapat dijelaskan oleh variasi variabel tunjangan sertifikasi guru, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variasi variabel lain di luar model, (3) ada perbedaan profesionalisme guru dari jalur portofolio dan PLPG, (4) guru IPS tersertifikasi belum mampu mengaplikasikan ke empat komponen kompetensi pendidikan sesuai standar nasional pendidikan.

Kata Kunci : kompetensi, kepribadian, pedagogic, professional, social, tunjangan sertifikasi.

ABSTRACT

Evi Nurtiana. NIM: S.991102011. THE IMPACTS OF TEACHER ALLOWANCE CERTIFICATION TOWARDS THE INCREASING OF TEACHER PROFESSIONALISM, A CASE STUDY OF SOSIAL TEACHER SMP KABUPATEN KARANGANYAR. Supervisor 1: Prof. Dr. Trisno Martono, MM, Supervisor 2: Dr. Wiedy Murtini M.Pd. Economics Education Faculty. Sebelas Maret University of Surakarta.

The research purpose to investigate how the impacts of teacher allowance certification towards the increasing of teacher professionalism and to describe the improvement of Personality Competence, Pedagogic Competence, Professional Competence and Social Competence of Social Teacher SMP Kabupaten Karanganyar Central Java Province. Peoples.
The data analysis showed thad the results of Personality competence is currently in the middle category (46.87%), the high category (28.13%) while the low category (25.00%). The results of Pedagogic Competence i
The results of data analysis showed that the results of Competence Personality is currently in the middle category (46.87%), the high category (28.13%) while the low category (25.00%). The results of Pedagogic Competence is currently in the middle category (31.24%), the high category (34.38%) while the low category (34.38%). The results of Professional Competence s currently in the middle category (48.88%), the high category (25.00%) while the low category (28.13%). The results of Social Competence is currently in the middle category (56,25%), the high category (31.25%) while the low category (12.50%).
The hypothesis results indicate that the variable of teacher allowance certification has a positive direction of 0.00001957, the analysis of the t test results for variables obtained teacher certification more than 0.05%, means that Ho is rejected and Ha accepted, it can be concluded that (1) the variable of teacher allowance certification significantly influence the professionalism of teachers, (2) the variation of teacher professionalism can be explaned by the variation of the variable of teacher certification, while the rest is influenced by variation in other variables outside the model, (3) there are the differences of teachers professionalism from portfolio and PLPG, (4) certified social teacher has not been able to apply the four components of education competence based on education national standards.

Keywords: competence pedagogic, professional, personality, social, benefits of certification.